5 Alasan Kenapa Kamu Harus Membersihkan Lidahmu

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Rabu, 29 Januari 2020 14:36
5 Alasan Kenapa Kamu Harus Membersihkan Lidahmu
Kenapa tidak, bukan?

Orang-orang di timur tengah telah mulai aktif membersihkan lidah mereka sejak ratusan tahun yang lalu. Cara terbaik untuk membersihkan lidah memang dengan menggunakan alat pembersih lidah, namun selain itu, kamu juga dapat menggunakan sikat gigi ataupun obat kumur.

Membersihkan lidah sekilas memang bukan merupakan suatu hal yang penting. Namun kamu perlu melakukannya untuk menjaga kesehatan mulutmu. Dilansir dari healthline.com (10/05) berikut adalah 5 alasan kenapa kamu harus membersihkan lidahmu.

1 dari 5 halaman

1. Mengurangi Senyawa Sulfur Penyebab Bau Mulut

Ilustrasi sikat gigi © Diadona


Sebuah studi tahun 2004 menimpulkan bahwa menggunakan pembersih lidah dapat mengurangi senyawa sulfur yang mudah menguap dan menyebabkan bau mulut. Alat pembersih lidah terbukti mampu menghilangkan 75% senyawa ini sedangkan sikat gigi mampu membersihkan 45%.

2 dari 5 halaman

2. Mengurangi Bakteri Di Lidah

Ilustrasi Wanita Sakit Gigi © Diadona


Jika tidak dilakukan secara teratur, membersihkan lidah hanya membersihkan bakteri pada level rendah saja. Namun jika kamu membersihkan lidah dengan rajin, maka hal ini akan efektif menghilangkan bakteri di mulut dan menjaga kesehatan mulut.

3 dari 5 halaman

3. Membuat Mulut Lebih Segar

Ilustrasi wanita tertawa © Diadona


Meskipun membersihkan lidah tidak memiliki fungsi utama sebagai penghilang bau mulut, namun membersihkan lidah dapat membuat mulutmu lebih segar dan fresh.

4 dari 5 halaman

4. Mengurangi Plak

Ilustrasi Sikat Gigi © Diadona


Sebuah studi yang dilakukan pada anak-anak di International Journal of Clinical Pediatric Dentistry menunjukkan jika dengan secara teratur membersihkan lidah, maka hal ini dapat membantumu mengurangi plak di mulut.

5 dari 5 halaman

5. Dapat Memperkuat Perasa Lidah

Ilustrasi Wanita Sarapan © Diadona


Dengan membersihkan lidah, maka berarti juga menghilangkan sisa-sisa makanan yang mungkin masih tertinggal. Sehingga membersihkan lidah dapat membuatmu jadi lebih peka terhadap rasa.

Nah itu dia 5 alasan kenapa kamu perlu membersihkan lidah. Tidak membutuhkan waktu yang lama dalam membersihkan lidah. Lakukan mulai sekarang agar kamu memiliki mulut yang bersih.

Beri Komentar