5 Hal Ini Bikin Nyamuk Lebih Tetarik Gigit Kamu Ketimbang yang Lain

Health | Sabtu, 21 November 2020 09:25
5 Hal Ini Bikin Nyamuk Lebih Tetarik Gigit Kamu Ketimbang yang Lain

Reporter : Mutia Wella Lukitasari

Pernah merasa kamu lebih banyak digigitin nyamuk? Ini bisa jadi penyebabnya.

Nyamuk memang jadi slah satu serangga yang menyebalkan karena kerap mengigit dan mengisap darah manusia. Namun ternyata ada sebagian faktor yang membuat darah lebih tertarik mengisap darah seseorang lho.

Menurut penelitian, ternyata ada beberapa orang yang lebih cenderung mudah digigit nyamuk. Kira-kira apa saja, simak berikut ini yuk!

2 dari 6 halaman

Golongan Darah

 Ilustrasi Gigitan NyamukIlustrasi Gigitan Nyamuk © parenting.firstcry.com


Penelitian menunjukkan jika orang dengan golongan darah 0 memiliki daya tarik dua kali lipat dibandingkan golongan darah A. Sedangkan golongan darah B menempati posisi kedua yang sangat sering digigit nyamuk. Hal ini dikarenakan orang dengan golongan darah O dan B lebih sering mengeluarkan sinyal kimia tertentu.

3 dari 6 halaman

Panas Tubuh dan Keringat

 

Setiap orang mengeluarkan karbon dioksida ketika bernafas, sedang sebagian lainnya ada juga yang banyak mengeluarkan karbon dioksida saat berolahraga.

Banyaknya karbon dioksida yang dihasilkan tubuh dapat membuat nyamuk jadi lebih tertarik. Hal ini dikarenakan nyamuk dapat mendeteksi perubahan karbondioksida di lingkungannya. Meningkatnya karbon dioksida bisa menjadi sinyal kepada nyamuk bahwa ada inang potensial di dekatnya.

4 dari 6 halaman

Bakteri Kulit

 Ilustrasi KakiIlustrasi Kaki © 2020 https://www.diadona.id/Frank Vessia@unsplash

Terdapat beberapa bagian tubuh yang memang lebih disukai nyamuk untuk digigit. Bagian tersebut adalah kaki. Hal ini dikarenakan kaki merupakan area tempat tinggal atau bersarangnya bakteri.

Karena itu pastikan untuk selalu menjaga kebersihan kaki ya.

5 dari 6 halaman

Ibu Hamil

Penelitian menunjukkan jika wanita hamil mengeluarkan karbon dioksida 21 persen lebih banyak daripada wanita yang sedang tidak hamil. Hal ini akan membuat suhu tubuh jadi lebih hangat, dan membuat nyamuk jadi lebih tertarik.

6 dari 6 halaman

Peminum Alkohol

 Ilustrasi AlkoholIlustrasi Alkohol © 2020 https://www.diadona.id / medium.com

Para peneliti menemukan bahwa secara orang yang mengonsumsi minuman beralkohol akan lebih menarik perhatian nyamuk ketimbang mereka yang tidak. Hal ini karena alkohol dapat meningkatkan etanol pada keringat dan meningkatkan suhu tubuh. 

Join Diadona.id