5 Hal ini Terjadi Setelah Wanita Berusia 40 Tahun, Merasa Kesepian sampai Risiko Serangan Jantung

Health | Selasa, 7 September 2021 09:06

Reporter : Kurnia

Simak yuk!

Memasuki usia 40 tahun, kesehatan wanita akan mulai menurun karena berbagai faktor penyebabnya. Jika hampir 60 persen orang mengatakan bahwa laki-laki lebih berisiko mengalami serangan jantung, itu tidak benar.

Faktanya, wanita mengalami risiko serangan jantung tanpa gejala dan risiko meninggal dunia yang lebih besar. Seprti dikutip dari theactivetimes.com, hal-hal berikut ini juga akan terjadi pada wanita 40 tahun plus.

Apa saja?

5 Hal ini Terjadi Setelah Wanita Berusia 40 Tahun, Merasa Kesepian sampai Risiko Serangan Jantung
2 dari 6 halaman

Kurang tidur

Berapa banyak tidur yang kamu butuhkan setiap malam berubah seiring bertambahnya usia, dan penting untuk memastikan Diazens cukup tidur. 

Satu survei yang dilakukan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Nasional Pusat Statistik Kesehatan menemukan bahwa wanita pascamenopause antara usia 40 dan 59 memiliki lebih banyak kesulitan tidur dan tetap tertidur daripada wanita pramenopause dan juga lebih mungkin untuk bangun dengan perasaan tidak enak.

3 dari 6 halaman

Risiko kesehatan terbesar di usia 40 tahun plus adalah penyakit jantung

Ilustrasi Wanita Sakit Ilustrasi Wanita Sakit © 2020 https://rawpixel.com/

Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian di antara pria dan wanita di Amerika Serikat, menyebabkan sekitar 1 dari 5 kematian wanita. Risiko penyakit jantung meningkat seiring bertambahnya usia, dan serangan jantung jauh lebih mungkin terjadi pada wanita setelah mereka mencapai usia 50 tahun.

Satu studi baru-baru ini bahkan menemukan bahwa setengah dari wanita dengan gagal jantung mendapatkan perawatan yang salah, jadi ini lebih penting daripada pernah untuk memastikan kamu menjaga kesehatan kardiovaskular.

4 dari 6 halaman

Mengalami menopause

Sementara usia rata-rata wanita di negara maju yang mengalami menopause adalah 51 tahun, sebagian besar wanita mengalaminya antara usia 40 dan 58 tahun.

Wanita yang mengalami menopause mengalami perubahan kadar hormon, perubahan fisik yang mempengaruhi organ seks dan seksualitas mereka, dan perubahan dalam distribusi berat dan lemak.

5 dari 6 halaman

Kesepian memperburuk kesehatanmu

Ilustrasi Wanita KesepianIlustrasi Wanita Kesepian © shutterstock.com

Sangat penting untuk memupuk hubungan yang bermakna, terutama seiring bertambahnya usia, karena kesepian telah terbukti secara ilmiah berbahaya bagi kesehatanmu.

Satu studi yang diterbitkan oleh Journal of American Medical Association menemukan bahwa orang dewasa yang lebih tua yang kesepian lebih mungkin mengalami penurunan fungsional dan memiliki peningkatan risiko kematian.

6 dari 6 halaman

Payudara lebih kecil

Saat tubuh bertransisi ke menopause, ia juga menghasilkan lebih sedikit estrogen, yang mengakibatkan hilangnya jaringan payudara, lemak, dan kelenjar susu. Akibatnya, payudara menjadi kurang penuh dan juga bisa melorot karena jaringan ikat kehilangan elastisitasnya.

Simak fakta dan pelajari banyak hal lainnya tentang perempuan di sini.

Join Diadona.id