5 Kebiasaan Sehari-hari yang Tidak Disadari Bikin Gemuk, Kamu Sering Melakukan yang Mana?

Reporter : Mila I
Senin, 15 November 2021 07:57
5 Kebiasaan Sehari-hari yang Tidak Disadari Bikin Gemuk, Kamu Sering Melakukan yang Mana?
Kita pasti sering gak sadar nih.

Menurunkan berat badan adalah suatu hal yang sangat sulit untuk sebagian orang. Meskipun melakukan program diet, olahraga, dan lain sebagainya, tapi berat badan tidak kunjung turun. 

Banyak faktor yang melatarbelakangi berat badan yang naik, di antaranya adalah olahraga dan diet yang tak dipantau dengan baik. Selain itu juga, ada kebiasaan-kebiasaan yang tanpa disadari bisa membuat kamu bertambah gemuk.

Apa saja? Intip yuk!

1 dari 5 halaman

Melewatkan Sarapan

Ilustrasi Melewatkan Sarapan © Diadona

Terkesan sepele, tapi ternyata melewatkan sarapan itu adalah kesalahan besar. Kenapa? karena tubuhmu sudah berpuasa semalaman. Oleh karena itu, tubuh membutuhkan bahan bakar untuk beraktivitas di pagi hari.

Kalau tidak sarapan, seseorang cenderung makan lebih banyak pada saat siang hari. Sehingga meningkatkan risiko badan jadi gemuk

2 dari 5 halaman

Kurang Tidur

Saat kurang tidur, seseorang akan merasa lapar walaupun dalam keadaan kenyang. Melansir WebMD, kurang tidur bisa memengaruhi sekresi kortisol, yaitu hormon yang mengatur nafsu makan.

Menurut penelitian, kurang tidur juga bisa meningkatkan penyimpanan lemak dalam tubuh kamu. Jadi, usahakan tidur yang cukup sekitar 6-8 jam sehari ya!

3 dari 5 halaman

Makan Terburu-buru

Ilustrasi Makan © Diadona

Ada beberapa orang yang cenderung makan makanannya dengan cepat. Hal ini disebabkan beberapa alasan, contohnya karena sibuk.

Melansir Healthline, makan dengan cepat atau terburu-buru membuat tubuh bertambah gemuk. Studi menunjukkan bahwa orang yang makan makanan mereka dengan cepat lebih mungkin untuk kelebihan berat badan atau obesitas.

4 dari 5 halaman

Makan Sambil Melakukan Hal Lain

Kini banyak orang yang makan dengan menonton TV, browsing internet, atau membaca. Kebiasaan ini bisa membuat gemuk, lho.

Melansir Healthline, mereka yang makan sambil terganggu akan makan lebih banyak secara signifikan di kemudian hari. Hal itu dikarenakan mereka tidak menyadari berapa banyak makanan yang mereka makan selama makan.

Jadi, usahakan makan dengan fokus dan mindfulness ya!

5 dari 5 halaman

Duduk Terlalu Lama

Ilustrasi Duduk © Diadona

Melansir Healthline, penelitian menunjukkan bahwa orang yang duduk lebih lama cenderung kelebihan berat badan. Tak hanya itu, mereka berisiko terkena penyakit kronis dan kematian dini.

Hal itu dikarenakan orang yang duduk paling lama tampaknya tidak mengganti waktu yang mereka habiskan untuk duduk dengan berolahraga atau melakukan aktivitas lainnya.

Kalau tidak ingin diet dan olahraga yang kamu lakukan sia-sia, jangan lupa ubah lima kebiasaan di atas, ya!

Beri Komentar