5 Makanan Tinggi Purin yang Harus Dihindari oleh Penderita Asam Urat, Ada Daging dan Seafood

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Kamis, 28 Januari 2021 13:06
5 Makanan Tinggi Purin yang Harus Dihindari oleh Penderita Asam Urat, Ada Daging dan Seafood
Menghindari konsumsi makanan tinggi purin adalah salah satu cara ampuh biar asam urat nggak kambuh

Makanan tinggi purin disebut sebagai salah satu kandidat kuat penyebab asam urat. Alhasil, daftar makanan berikut dihindari oleh para penderita asam urat untuk menghindari kambuh dan munculnya gejala penyakit. Diet bahan makanan tersebut memang nggak bisa sepenuhnya menghindari kekambuhan atau sebagai obat, namun bisa menurunkan risiko asam urat berulang dan memperlambat perkembangan kerusakan sendi.

Lalu, gimana sih mekanisme makanan tingi purin tersebut bisa menyebabkan penyakit asam urat?

Penyakit asam urat terjadi ketika terdapat kadar asam urat yang tinggi dalam darah. Terdapat pembentukan kristal dan juga penumpukan di dalam dan sekitar sendi.

Dikutip dari Mayo Clnic, asam urat memang diproduksi oleh tubuh untuk memecah bahan kimia yang disebut purin. Nah, prin ini secara alami memang ada di dalam tubuh, tapi juga ditemukan dalam makanan tertentu. Selanjutnya, asam urat bakalan dikeluarkan dalam tubuh melalui urin.

Pencegahan kambuhnya asam urat nggak bisa dilakukan cuman dengan menghindari makanan tinggi purin, namun juga harus disertai dengan mengatur berat badan yang sehat dengan kebiasaan makan yang baik dan konsumsi makanan yang bisa mengontrol kadar asam urat.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut makanan dengan kadar purin tinggi.

1 dari 3 halaman

Daftar Makanan Tinggi Purin

Makanan Tinggi Purin © Diadona

Daftar makanan berikut ini harus dikonsumsi dengan hati0hari agar nggak bikin asam urat kambuh.

Daging Organ

Bahan makanan ini memang merupakan sumber nutrisi yang baik banget dalam konteks lain. Sayangnya, daging masuk dalam daftar makanan tinggi purin da berisiko pada kambuhnya asam urat.

Daging organ adalah bagian daging yang punya tingkat purin paling tinggi dan konsumsinya benar-benar terlarang untuk penderita asam urat. Lalu gimana dengan nasib daging lainnya?

Daging lain masih bisa dikonsumsi kok karena mereka adalah sumber nutrisi yang baik. Hanay aja semua daging tersebut kudu dikonsumsi dalam jumlah yang etrbatas, maksimal 4 ons sehari. dan daging tersebut antara lain:

  • Daging babi
  • Ayam
  • Bebek
  • Angsa
  • Kelinci
  • Domba

Seafood

Memang tak semua seafood adalah makanan tinggi purin, tapi beberapa jenis yang bisa disebut sebagai pelaku terparah dalam kambuhnya asam urat adalah kerang, ikan sarden, ikan teri dan juga makarel.

Selain itu, ada juga ikan lain yang masuk dalam daftar makanan tinggi purin yakni:

  • Tuna
  • Ikan kod
  • Sejenis ikan pecak
  • Ikan salmon
  • Ikan kakap

Ditambah pula makan laut lain seperi tiram, kepiting, lobster dan juga udang,

Namun beberapa diantara ikan ikan-ikan tersebut punya manfaat kesehatan yang secara keseluruhan lebih besar ketimbang risiko kambuhnya asam urat yang dihasilkannya. Jadi lebih baik tetap komsumsi makanan tersebut namun dalam jumlah yang dimoderasi atau sedikit aja ya!

Minuman Manis

Gula memang punya kandungan purin yang rendah, tapi konsumsi gula rafinasi dalam jumlah tinggi akan memperburuk gejala asam urat seperti obesitas dan diabetes.

Selain itu, minuman manis seperti soda dan produk lain yang ditambahkan sirup jagung fruktosa tinggi ternyata berkorelasi dengan peningkatan kristal asam urat dan gejala asam urat.

Makanan Tinggi Purin © Diadona

Alkohol

Beberapa jenis minuman beralkohol masuk dalam daftar makanan tinggi purin, namun tidak semuanya karena masih tergantung pada jenisnya. Jenis alkohol yang berbeda memiliki tingkat purin yang berbeda-beda, misalnya bir dan ragi bir yang punya tingkan kandungan purin sangat tinggi.

Minuman alkohol lainnya sih mungkin nggak mengandung terlalu bayak purin, tapi tetap sdaja berpotensi mmeningkatkan produksi purin dalam tubuh dan naiknya kadar asam urat. Risiko serangan asam urat meningkat ketika seorang penderita minum dua gelas per hari untuk pria dan satu gelas per hari untuk wanita.

Sedangs angat ingin minum alkohol? Pilih anggur ketimbang bir karena ternyata anggur yang masuk ke dalam tubuh nggak berpengaruh pada berapa jumlah asam urat yang diproduksi tubuh.

2 dari 3 halaman

Makanan yang Mengandung Purin Tinggi

Makanan Tinggi Purin © Diadona

Namun ternyata tak semua makanan tinggi purin selalu dikaitkan dnegan peningkatan risiko kambuhnya asam urat lho.

Asparagus dan Bayam

Kedua sayuran ini masuk dalam daftar makanan tinggi purin lho. Pada bayam nih misalnya, kandungan purinnya berkisar 9-100 mg dalam 100 gram bayam. Jumlah purinnya termasuk yang nggak bisa diabaikan.

Tapi, penelitian menyebut kalau keduanya nggak meningkatkan risiko asam urat atau serangan asam urat berulang. Padahal, sayuran, termasuk yang mengandung purin dalam jumlah tinggi kemungkinan bisa menurunkan risiko asam urat.

Masih ada banyak opsi makanan rendah purin kok, antara lain susu rendha lemak, yogurt, keju, telur, buah dan sayuran utuh, kentang, kacang-kacangan dan juga kopi

3 dari 3 halaman

Apakah Mencegah Makanan Tinggi Purin adalah Satu-Satunya Cara Mencegah Kambuhnya Asam Urat?

Ilustrasi Makanan untuk Penderita Asam Urat © Diadona

Menurut Mayo Clinic, menghindari makanan tinggi purin sangat bagus untuk mereka yang menderita asam urat dan juga batu ginjal. Pola diet tersebut juga mendorong seseorang untuk lebih sering makan buah-buahan dan sayuran ketimbang daging.

Nggak cuman untuk penderita asam urat aja nih, menghindari makanan dengan kandungan purin yang tinggi juga membantu mereka yang tak punya penyakit asam urat buat hidup lebih sehat.

Trus nggak cukup dengan menghindari makanan tinggi purin, ada beragam tips diet lainnya untuk penderita, termasuk diantaranya konsumsi banyak air. Kenapa demikian?

Dikutip dari Healthline, asam urat melewati tubuh melalui urin. Kalau penderita nggak minum air dalam jumlah yabng cukup, maka bisa menyebabkan terjadinya penumpukan asam urat di dalam tubuh. Menurut National Kidney Foundation, risiko terjadinya asam urat dan batu ginjal menurun pada seseorang yang minum minimal delapan gelas perhari.

Sejauh ini nggak ada obat untuk penyakit ini, tapi kombinasi dari obat-obat dan pengobatan alami membantu mengurangi gejalanya.

Makanan tinggi purin memang harus dihindari, tapi kombinasikan juga dengan diet makanan yang mendukung pola hidup sehat ya!

Beri Komentar