5 Manfaat Mengunyah Makanan Lebih lama, Bisa Mencegah Diabetes Lho!

Reporter : Anif Fathul Amin
Kamis, 23 September 2021 17:03
5 Manfaat Mengunyah Makanan Lebih lama, Bisa Mencegah Diabetes Lho!
Ini sederet manfaat baik mengunyah makan lebih lama.

Proses mengunyah makanan tidak hanya untuk menghilangkan rasa lapar. Mengunyah adalah salah satu proses untuk penyerapan nutrisi dari makanan. Penyerapan ini hanya bisa terjadi ketika makanan sudah dikunyah dengan sangat lembut.

Selain untuk penyerapan nutrisi, sebenarnya masih ada banyak manfaat mengunyah makanan lebih lama ini. Apa saja? simak ulasannya di bawah ini yuk!

1 dari 6 halaman

Mengurangi Gas

Ilustrasi  Wanita Makan © Diadona

Mengunyah makanan lebih lama ternyata juga bisa membantu mengurangi gas di saluran pencernaan. Manfaat mengunyah makanan lebih lama ini akan nampak ketika makanan sudah diproses dengan sempurna.

Jika makanan sudah diproses dengan sempurna dalam perut, maka gas tidak akan menumpuk. Tanda dari makanan yang tidak dicerna dengan baik akan menimbulkan berbagai gejala. Seperti mulai timbul gas yang menyebabkan mual, kembung, sembelit, hingga maag.

2 dari 6 halaman

Baik untuk Kesehatan Mulut

Ilustrasi Mulut © Diadona

Kesehatan mulut bisa ikut terjaga dengan mengunyah makanan lebih lama. Hal ini disebabkan karena manfaat mengunyah makanan lebih lama baik untuk tulang rongga mulut dan gigi. Semakin rutin mengunyah dengan benar, maka tulang rongga mulut dan gigi akan semakin kuat.

Air liur yang diproduksi saat mengunyah ternyata akan membersihkan partikel makanan dan bakteri yang ada di mulut. Sehingga penumpukan plak dan kerusakan gigi dapat teratasi/dicegah.

3 dari 6 halaman

Melancarkan Kerja Enzim

Ilustrasi Wanita Makan © Diadona

Kerja enzim ternyata bisa dioptimalkan dengan mengunyah makanan lebih lama. Hal ini berkaitan erat dengan peran mulut sebagai tahapan pertama sebelum memulai proses pencernaan. Manfaat mengunyah makanan lebih lama ini berkaitan dengan kelenjar saliva.

Kelenjar ini berada pada kelenjar ludah yang dapat memproduksi lebih banyak enzim. Bukan sekadar enzim, tetapi enzim inilah yang akan membantu melancarkan proses pencernaan. Fungsi dari keberadaan enzim ini adalah memudahkan tubuh menerima mineral dan nutrisi dari makanan.

4 dari 6 halaman

Optimalkan Penyerapan Nutrisi

Ilustrasi makanan sehat © Diadona

Penyerapan nutrisi bisa dioptimalkan dengan manfaat mengunyah makanan lebih lama. Hal ini dilakukan karena tidak semua makanan di dalam perut tidak bisa dihancurkan dengan sempurna. Nah, mengunyah makanan lebih lama akhirnya akan membuat makanan menjadi lebih kecil.

Makanan yang lebih kecil ini akan membuatnya bergerak lebih mudah dan membuat penyerapan nutrisi menjadi maksimal.

5 dari 6 halaman

Mencegah Diabetes

Diabetes tidak melulu berkaitan dengan masalah konsumsi gula. Diabetes dapat terjadi ketika lambung dan usus yang memproses makanan lama. Hal ini biasanya disebabkan karena tekstur makanan yang masuk kasar hingga menjadi salah satu penyebab diabetes.

Diabetes juga akan dipicu oleh kerja lambung dan usus. Proses makanan yang terlalu lama akan memperbanyak penyerapan insulin. Penyerapan insulin yang terlalu berlebihan dari makanan ke tubuh dengan jangka panjang akan meningkatkan risiko diabetes.

Beri Komentar