5 Tips Diet Untuk Wanita di Usia 40 Tahun ke Atas

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Kamis, 21 Januari 2021 09:25
5 Tips Diet Untuk Wanita di Usia 40 Tahun ke Atas
Bukan nggak mungkin, gini cara menurunkan berat badan di usia 40an.

Menurunkan berat badan dengan diet adalah salah satu hal yang banyak dilakukan, terlebih bagi para wanita. Tak mengenal usia, tak sedikit juga lho yang berusia menurunkan berat badan meski telah berusia 40 tahun ke atas.

Tak dapat dipungkiri, usia lanjut dapat membuat diet terasa sulit. Namun hal ini bukan berarti tidak mungkin untuk dilakukan ya.

Ada beberapa hal yang penting untuk diikuti ketika berdiet di usia ini, apa saja yaa?

1 dari 5 halaman

1. Memahami tubuh

Seiring bertambahnya usia sering kali membuat kita lupa menjaga berat badan. Padahal seiring bertambahnya usia, tubuh biasanya jadi lebih mudah membuat berat badan bertambah lho.

Karena itu, diet pada usia ini perlu memahami dan menyesuaikan diri dengan ritme biologis tubuh yang baru. Selain itu, penting juga untuk mengetahui jenis makanan apa saja yang bisa memicu pertambahan berat badan dengan mudah.

2 dari 5 halaman

2. Konsumsi Ikan

Ilustrasi Ikan Salmon © Diadona


Adanya risiko penyakit jantung akan meningkat saat mendekati menopause. Ketika berusia 40 tahun ke atas dan ingin tetap menjaga berat badan, kamu dapat rutin mengonsumsi ikan setidaknya 2 kali dalam seminggu.

Salmon dapat menjadi pilihan yang tepat karena mengandung lemak omega 3 dan protein. Selain itu kamu juga dapat mengonsumsi bisa mengonsumsi makanan jenis lain yang kaya protein seperti gandum utuh, kedelai, telur, dan kacang-kacangan.

3 dari 5 halaman

3. Olahraga Teratur

Ilustrasi wanita setengah baya olahraga © Diadona

Yup, olahraga masih menjadi poin penting dalam menurunkan berat badan di berbagai usia. Tak perlu terlalu lama, lakukan olahraga setidaknya 30 sampai 60 menit per hari seperti olahraga kardio dengan intensitas sedang untuk menurunkan berat badan yang signifikan.

Yang penting adalah keteraturannya ya!

4 dari 5 halaman

4. Kalsium

 

Memasuki usia senja, akan ada banyak perubahan hormon dalam tubuh. Salah satunya timbulnya resiko osteoporosis.

Karena itu, penting untuk memenuhi kebutuhan kalsium tubuh. Perbanyaklah mengonsumsi produk olahan susu, pilihlah produk yang rendah lemak.

5 dari 5 halaman

5. Minum Air Putih

ilustrasi air putih © Diadona

Perbanyak minum air putih dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Kurangi minum-minuman manis yang menggunakan gula, beralih pada konsumsi air putih saja ya.

Nah itu dia tips diet di usia 40 tahun ke atas. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya!

Beri Komentar