5 Tips Mudah Redakan Sakit Punggung karena Duduk Lama, Gak Ribet Kok!

Health | Rabu, 29 September 2021 17:03

Reporter : Anif Fathul Amin

Kamu sering ngalamin ini juga nggak?

Bagi pekerja kantor, duduk seharian dan berkutat dengan pekerjaan di komputer atau laptop bisa dibilang adalah makanan sehari-hari. Apalagi saat pandemi begini, tubuh jadi lebih sedikit bergerak dan duduk terlalu lama.

Nggak seperti di kantor yang mengharuskan kamu berjalan untuk sekedar menyantap makan siang atau mengambil air di dispenser, ketika work from home kita jadi sering duduk aja.

Nah, salah satu hal yang sering banget dikeluhkan bagi pekerja kantoran adalah nyeri punggung akibat dari duduk lama. Terus gimana tuh cara meredakannya?

5 Tips Mudah Redakan Sakit Punggung karena Duduk Lama, Gak Ribet Kok!
2 dari 7 halaman

Meregangkan Punggung

Ilustrasi Meregangkan PunggungIlustrasi Meregangkan Punggung © Shutterstock.com

Saat duduk terlalu lama, cakram tuklang belakang bisa menjadi lemah. Oleh karenanya, kamu bisa mencoba ntuk meregangkan punggung sebentar.

Coba bangkitlah dari kursi dan regangkan tubuh setiap 30-600 menit sekali. Kamu juga dapat berdiri dan menempatkan tangan di punggung bawah. Kemudian, dorong pinggul secara perlahan ke depan dengan sedikit melengkungkan punggung.

3 dari 7 halaman

Ganjal Punggung dengan Bantal

Supaya lebih aman saat duduk, kamu bisa mengakali punggung yang sakit dengan mengganjalnya menggunakan bantal. Menempatkan bantal di bagian tulang belakang sembari duduk bisa mendukung postur tubuh yang tegak, tapi tetap nyaman.

4 dari 7 halaman

Gunakan Bantal Pemanas

Ilustrasi Sakit PunggungIlustrasi Sakit Punggung © Shutterstock

Selain pakai bantal sebagai pengganjal, pilihan lainnya juga bisa dengan menggunakan bantal pemanas. Namun, cara ini biasanya baru dilakukan setelah nyeri pada punggung sedikit mereda.

Rasa hangat dari bantal pemanas ini bisa membantu membuat tulang belakang lebih nyaman, sekaligus melancarkan aliran darah di punggung.

5 dari 7 halaman

Gunakan Kompres Hangat dan Dingin

Penggunaan kompres dingin secara rutin dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan. Kamu bisa membuatnya dari es batu yang dibungkus lap, lalu tempelkan pada punggung selama tidak lebih dari 20 menit.

Setelah beberapa hari, ganti kompres dingin dengan kompres hangat. Gunakan heating pad atau kain lap yang telah dibasahi air hangat. Kamu juga dapat mandi dengan air hangat untuk melancarkan peredaran darah pada punggung dan membuat otot punggung lebih rileks.

6 dari 7 halaman

Rutin Berolahraga

Ilustrasi Olahraga Yoga Ilustrasi Olahraga Yoga © shutterstock

Olahraga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan otot punggung. Di antaranya melenturkan otot punggung, memperbaiki postur tubuh, serta merangsang pelepasan hormon endorfin yang bekerja sebagai pereda nyeri alami tubuh.

Namun, perhatikan jenis dan durasi olahraga yang kamu lakukan. Pilihlah olahraga ringan seperti berjalan kaki, yoga, atau senam. Hindari olahraga yang menjadi pemicu sakit punggung.

Join Diadona.id