7 Manfaat Seledri untuk Ginjal dan Batu Ginjal, Kandungannya Kaya akan Vitamin dan Mineral

Health | Senin, 17 Mei 2021 16:54

Reporter : Sheila Fathin

Jangan salah, seledri memiliki khasiat yang bagus untuk ginjal, lho.

Manfaat seledri untuk ginjal mencegah terjadinya kerusakan organ dalam lebih lanjut. Saat ginjal mengalami kerusakan, metabolisme yang mengakibatkan pembengkakan pada pergelangan kaki, rasa lemas, muntah dan kurang tidur . Penyakit ginjal adalah suatu kondisi berbahaya yang jika tidak ditangani, ginjal dapat berhenti berfungsi. Jika ginjal sudah berhenti berfungsi, akibatnya bisa mematikan.

Kaya akan kandungan vitamin A, B1, B2, B6 dan C yang merupakan sumber kalium, folat, kalsium, magnesium, zat besi, fosfor, natrium, dan kandungan asam amino, membuat daun seledri akan bekerja secara maksimal untuk menjaga kesehatan ginjal. Natrium organik alami adalah garam pada seledri yang sangat aman dikonsumsi dan sangat penting untuk kesehatan tubuh termasuk ginjal. Maka dari itu, berikut ini adalah manfaat ginjal yang harus kamu ketahui.

7 Manfaat Seledri untuk Ginjal dan Batu Ginjal, Kandungannya Kaya akan Vitamin dan Mineral
2 dari 3 halaman

Manfaat Daun Seledri untuk Ginjal

Manfaat Seledri untuk GinjalManfaat Seledri untuk Ginjal © 2021 freepik.com

Mengurangi Risiko Gagal Ginjal

Manfaat daun seledri untuk ginjal membantu mencegah terjadinya risiko gagal ginjal. Sel tubuh yang sering terpapar radikal bebas akan mengalami kerusakan pada organ tubuh. Hal ini bisa menyebabkan gangguan fungsi atau bahkan kerusakan organ tertentu, termasuk ginjal. Jika terdapat kerusakan pada ginjal, risiko untuk terjadinya gagal ginjal akan lebih besar.

Hal tersebut dapat dicegah dengan mencukupi asupan antioksidan dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi. Salah satunya adalah seledri. Banyak penelitian yang mengatakan jika seledri mengandung antioksidan yang tinggi dan dapat menangkal dan mencegah kerusakan sel tubuh. Manfaat daun seledri untuk ginjal juga dapat membantu ginjal mengoptimalkan kinerjanya.

Mengontrol Manajemen Gula Darah

Manfaat seledri untuk ginjal ini bisa membantu mengontrol manajemen gula darah. Seledri memiliki indeks glikemik yang rendang dan kandungan serat yang tinggi. Seledri juga bermanfaat bagi mereka yang perlu memantau kadar gula darahnya. 

Menurunkan Hipertensi

Daun seledri memiliki manfaat untuk ginjal dapat menurunkan hipertensi. Hipertensi sendiri memiliki potensi dapat merusak pembuluh darah pada ginjal. Apabila pembuluh darah pada ginjal rusak, ginjal tidak dapat bekerja secara maksimal dan ginjal kesulitan membuang sisa makanan dan cairan di dalam tubuh.

Manfaat daun seledri untuk ginjal dipengaruhi oleh kandungan phthalide di dalamnya. Phthalide sendiri memiliki fungsi yang dapat membantu meregangkan jaringan pembuluh darah, sehingga tekanan darah dapat turun dan ginjal berfungsi dengan baik.

Fungsi Ginjal Meningkat

Manfaat daun seledri untuk ginjal mengandung flavonoid untuk meningkatkan fungsi ginjal itu sendiri. Daun seledri dapat membantu meningkatkan fungsi ginjal secara keseluruhan. Terdapat sebuah penelitian juga yang mengatakan jika kandungan flavonoid yang terdapat dalam seledri bisa melindungi fungsi kerja ginjal dari berbagai agen nefrotoksik yang berpotensi menyebabkan penyakit yang lebih kronis. 

Membantu untuk Tetap Terhidrasi

Manfaat seledri untuk ginjal yang diolah menjadi jus bisa membantu tubuh tetap terhidrasi dengan baik dan meringankan beban kerja ginjal. Hal ini karena seledri pada dasarnya merupakan air. Menjaga tubuh tetap terhidrasi sangatlah penting untuk kesehatanmu secara keseluruhan. Dehidrasi dapat mengacaukan pikiran,  mempengaruhi suasana hati, menyebabkan sembelit, dan bahkan menyebabkan batu ginjal.

3 dari 3 halaman

Manfaat Daun Seledri untuk Batu Ginjal

Manfaat Seledri untuk GinjalManfaat Seledri untuk Ginjal © 2021 freepik.com

Sebagai Antioksi yang Penting

Manfaat seledri untuk ginjal terdiri dari air dan serat. Sebatang seledri sendiri juga mengandung senyawa tanaman yang memiliki kandungan antioksidan. Kandungan antioksidan ini antara lainnya adalah apigenin, luteolin, selina, limonene, kaempferol dan asam p-coumaric. 

Kandungan antioksidan ini bermanfaat untuk melindungi sel dan pembuluh darah. Fungsi seledri untuk batu ginjal ini menetralkan radikal bebas yang dapat melemahkan fungsi ginjal dan menyebabkan berbagai penyakit. 

Kaya Kandungan Vitamin dan Mineral

Manfaat seledri untuk ginjalnya, daun seledri bisa mengurangi risiko infeksi ginjal. Kandungan vitamin C, A dan K serta tambahan mineral seperti kalium dan folat di dalam sebatang seledri, sanggup mengurangi risiko infeksi ginjal yang sebagian besar disebabkan oleh infeksi bakteri.

Manfaat seledri untuk ginjal baik dari segi kandungannya bagus untuk menjaga kesehatan ginjal dari hal-hal yang dapat membahayakan fungsi ginjal. Daun seledri sendiri juga mengandung serat dan vitamin lainnya yang baik untuk tubuh.

Join Diadona.id