8 Manfaat Buah Kelengkeng untuk Kesehatan dan Kecantikan yang Sangat Luar Biasa

Reporter : Novi Hardita Larasati
Rabu, 31 Maret 2021 12:35
8 Manfaat Buah Kelengkeng untuk Kesehatan dan Kecantikan yang Sangat Luar Biasa
Siapa sangka kalau manfaat buah kelengkeng untuk kesehatan sangat luar biasa. Apa saja itu? Berikut ulasannya.

Memiliki rasa manis dan tekstur daging yang legit, tak heran kalau kelengkeng menjadi salah satu buah yang jadi favorit banyak orang. Selain itu, buah yang berbentuk bulat kecil ini juga memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh.

Mungkin, manfaat buah kelengkeng ini masih belum banyak diketahui orang. Padahal, dalam seporsi buah kelengkeng (sekitar 50 – 100 gram) terkandung sekitar 150 – 250 kalori. Sehingga, baik untuk kesehatan dan ibu hamil.

Untuk itu, yuk, cari tahu lebih lanjut apa saja manfaat buah kelengkeng untuk kesehatan berikut ini yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Manfaat Buah Kelengkeng untuk Kesehatan

Manfaat Buah Kelengkeng © Diadona

Dikarenakan banyaknya nutrisi yang terkandung dalam buah yang satu ini, tentu akan menguntungkan bagi siapa saja yang mengkonsumsinya, Nah, berikut beberapa manfaat buah kelengkeng untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui:

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Sama seperti pada buah umumnya, manfaat buah kelingking sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh berkat kandungan vitamin C dan antioksidan yang cukup tinggi di dalamnya.

Sehingga, kedua jenis nutrisi inilah yang berperan dalam membuat sel darah putih bekerja lebih baik, dan membantu meringankan peradangan. Jadi, saat sel darah putih bekerja dengan baik, maka tubuh pun bisa melawan bakteri serta virus penyebab infeksi. Dengan begitu, tubuh tidak akan mudah jatuh sakit.

2. Mencegah Penyakit Batu Ginjal

Kelengkeng merupakan satu di antara buah-buahan yang mampu mencegah penyakit ginjal. Yaps, buah bulat bercangkang berwarna cokelat ini mengandung mineral cukup tinggi untuk mencegah terjadinya gumpalan kristal mineral yang disebut batu ginjal.

Selain itu, manfaat buah kelengkeng kelengkeng juga dapat menyaring racun dalam tubuh karena mengandung fosfor.

2 dari 4 halaman

3. Dapat Membantu Turunkan Berat Badan

Ilustrasi Berat Badan © Diadona

Kalian percaya nggak, kalau salah satu manfaat buah kelengkeng dapat membantu menurunkan berat badan? Ya, menurut sebuah penelitian tahun 2009 di Journal of Functional Foods, bahwa ekstrak kelengkeng yang kaya polifenol secara signifikan mampu mengurangi berat badan, lingkar perut, serta lemak visceral dibandingkan dengan penggunaan plasebo.

Meski tidak ada studi ilmiah tentang buah lengkeng dan obesitas, akan tetapi, jumlah kalori, karbohidrat dan lemaknya yang lebih rendah menjadi salah satu manfaat buah kelengkeng menjadi pengganti alternatif untuk makanan olahan yang sarat gula dalam makanan yang bisa menyebabkan kenaikan berat badan.

4.  Meningkatkan Kesehatan Mata

Riboflavin adalah senyawa penting yang merupakan bagian dari vitamin B kompleks. Menurut hasil penelitian yang diterbitkan pada 2005 dalam “ Archives of Ophthalmology”, apabila seseorang kekurangan riboflavin bisa meningkatkan risiko gangguan mata, khususnya katarak.

Lantas, apa kaitannya masalah kesehatan mata dan manfaat buah kelengkeng? Ternyata, hanya dengan mengonsumsi 3,5 ons buah yang satu ini dipercaya bisa memenuhi kebutuhan asupan riboflavin sebanyak 38 persen untuk pria serta 45 persen untuk wanita berdasarkan angka kecukupan gizi per hari.

3 dari 4 halaman

5. Menguatkan Tulang

Penyebab Osteoporosis © Diadona

Tak kalah dengan susu, manfaat buah kelengkeng juga memiliki kandungan yang dapat meningkatkan kekuatan tulang, lho. Jadi, kalau kamu rajin mengonsumsi kelengkeng hal ini bisa berdampak untuk menguatkan tulang serta mencegah osteporosis. Hal ini karena kelengkeng mengandung zat fosfor yang berperan penting untuk kesehatan tulang.

6. Sebagai Obat Cacing

Manfaat buah kelengkeng untuk kesehatan berikutnya yaitu sebagai obat cacing alami karena mengandung asam tartat. Bahkan, khasiatnya ini juga baik untuk ibu hamil, lho.

Seperti diketahui, bahwa mengkonsumsi obat-obatan selama kehamilan tentu tidak dianjurkan karena bisa membahayakan janin. Maka dari itu, buah kelengkeng menjadi salah satu solusi pengobatan alami bagi ibu hamil untuk mengatasi cacingan.

4 dari 4 halaman

Manfaat Buah Kelengkeng untuk Kecantikan

Ilustrasi Rambut © Diadona

7. Menjaga Kekuatan Rambut

Selain untuk kesehatan tubuh, manfaat buah kelengkeng juga dipercaya dapat menyehatkan kulit kepala lho, yakni menguatkan rambut dan mencegah dari kerontokan.

Menariknya lagi, kandungan protein dalam buah kelengkeng pun bisa memperkuat akar rambut serta meningkatkan kualitas rambut. Dengan begitu, rambut kamu jadi terlihat seperti perawatan di salon-salon kecantikan, deh.

8. Mempercantik Kulit

Ini dia manfaat buah kelengkeng yang sayang diabaikan bagi kaum perempuan. Pasalnya, nutrisi dalam buah berwarna cokelat ini juga bermanfaat bagi kecantikan, yaitu menyehatkan kulit.

Hal ini dikarenakan buah kelengkeng mengandung vitamin C yang bisa melembapkan kulit serta meningkatkan kolagen. Selain dimakan langsung, kamu pun dapat memisahkan daging kelengkeng dari bijinya yang kemudian dagingnya diblender untuk dijadikan masker wajah.

Itulah deretan manfaat buah kelengkeng untuk kesehatan dan kecantikan yang bisa kamu dapatkan. Gimana, apakah kamu tertarik untuk mencobanya? Tulis di kolom komentar, ya!

Beri Komentar