8 Manfaat Jamu Beras Kencur sebagai Minuman, Ternyata Bagus untuk Kesuburan

Health | Rabu, 14 April 2021 16:20
8 Manfaat Jamu Beras Kencur sebagai Minuman, Ternyata Bagus untuk Kesuburan

Reporter : Sheila Fathin N

Jamu beras kencur sudah menjadi minuman herbal secara turun menurun, lho!

Manfaat jamu beras kencur memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh. Jamu beras kencur merupakan minuman tradisional Indonesia. Khasiatnya sudah tidak perlu diragukan lagi untuk tubuh. 

Jamu beras kencur ini tidak hanya berasal dari satu bahan saja, melainkan terdiri dari jahe, asam jawa, gula aren dan daun pandan. Jamu ini juga memiliki aroma herbal yang menenangkan. 

Selain itu manfaat beras kencur juga baik untuk dikonsumsi oleh wanita karena dapat meningkatkan kesuburan. Tidak hanya itu saja, masih banyak manfaat beras kencur yang perlu kamu ketahui. Berikut ini manfaatnya!

 

2 dari 4 halaman

Manfaat Jamu Beras Kencur untuk Kesuburan

 Manfaat Jamu Beras KencurManfaat Jamu Beras Kencur © 2021 Jcomp on Freepik

Meningkatkan Stamina

Untuk meningkatkan kesuburan, manfaat beras kencur berkaitan dengan stamina. Dilansir dari Liputan6.com, jamu beras kencur bisa menjadi alternatif yang patut dicoba apabila kamu sedang mengalami masalah di ranjang dengan pasangan. Kandungan nutrisi beras kencur dapat membantu meningkatkan energi.

Berlaku juga untuk pria, dengan mengonsumsi beras kencur secara berkala dapat meningkatkan stamina dan vitalitas tubuh. Selain itu, mengonsumsi beras kencur juga bisa menghilangkan lelah dan lesu saat pekerjaan terasa berat-beratnya. 

Menyuburkan Rahim

Saat menstruasi meminum air beras kencur setiap pagi hari akan meredakan rasa sakit pada bagian perut dan punggung yang membuat tidak nyaman. Manfaat jamu beras kencur lainnya juga untuk meningkatkan kesuburan yaitu dengan membantu menyuburkan rahim. Kamu bisa mengonsumsi jamu beras kencur dicampur dengan daun sirih dan bawang putih.

3 dari 4 halaman

Manfaat Minum Jamu Beras Kencur Setiap Hari

 Manfaat Jamu Beras KencurManfaat Jamu Beras Kencur © 2021 freepik.com

Mengonsumsi beras kencur setiap hari memberikan khasiat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh. Kira-kira apa aja ya, khasiatnya?

Meringankan Batuk Berdahak

Manfaat jamu beras kencur ternyata bisa meringankan batuk berdahak juga, lho, Diazens. Jamu beras kencur sudah lama dikenal sebagai obat tradisional yang digunakan untuk mengobati batuk berdahak. Kandungan jahenya juga mampu meredakan gatal-gatal yang terasa pada tenggorokan. 

Menjaga Kadar Gula Darah

Lainnya, manfaat jamu beras kencur jika dikonsumsi setiap hari dapat membantu menjaga kadar gula darah agar tetap normal. Bagi penderita diabetes dengan mengonsumsi jamu beras kencur dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Namun, masih perlu dilakukan penelitian lanjutan karena untuk saat ini penelitian yang dilakukan masih dalam skala kecil. 

Meningkatkan Nafsu Makan pada Anak

Sudah terbukti bahwa jamu beras kencur dapat membantu nafsu makan anak. Jadi, ketika anak memiliki nafsu makan kurang baik, sebagai orang tua bisa memberikan jamu beras kencur setiap hari untuk diminum. Selain mampu meningkatkan nafsu makan, jamu beras kencur juga bagus untuk menyembuhkan anak yang sedang sakit seperti, masuk angin, sakit perut dan demam. 

4 dari 4 halaman

Manfaat Minum Jamu Beras Kencur Campur Kunyit

 Manfaat Jamu Beras KencurManfaat Jamu Beras Kencur © 2021 Alouette on Freepik

Meredakan Diare

Manfaat jamu beras kencur yang dicampur dengan kunyit  bisa berkhasiat meredakan diare.Menurut penelitian dari Jurnal Kesehatan Masyarakat (2016) mampu meredakan diare. Hal ini karena beras kencur mengandung zat cytotoxic dan antibakteri di dalamnya yang mampu meredakan diare.

Mengatasi Peradangan

Kunyit memiliki zat aktif yang disebut kurkumin yang berfungsi untuk antiradang. Manfaat jamu beras kencur dicampur dengan kunyit mampu menghentikan enzim yang menyebabkan peradangan dalam tubuh.

Menyembuhkan Perut Kembung

Manfaat jamu beras kencur dengan kunyit adalah untuk menyembuhkan perut kembung. Perut kembung yang diikuti dengan buang gas yang berlebihan menunjukkan bahwa pencernaan kamu sedang tidak baik-baik saja. Dengan mengonsumsi jamu beras kencur campur kunyit badan akan terasa hangat dan perut kembung kamu akan teratasi.

Manfaat jamu beras kencur ternyata baik juga untuk dikonsumsi oleh anak-anak. Mampu memberikan dampak yang baik juga untuk tubuh. Jadi, Diazens, tidak ada salahnya mencoba beras kencur sebagai minuman harian kamu untuk menjaga stamina tubuh kamu agar tidak sakit-sakitan.

Join Diadona.id