8 Manfaat Kiwi Bagus untuk Ibu Hamil dan Diet

Reporter : Sheila Fathin
Sabtu, 10 April 2021 14:13
8 Manfaat Kiwi Bagus untuk Ibu Hamil dan Diet
Kiwi adalah buah dengan ukuran kecil yang memiliki banyak rasa dan manfaat untuk kesehatan.

Manfaat Kiwi kaya akan sumber vitamin C, antioksidan dan serat yang baik. Antioksidan dalam kiwi dapat membantu menghilangkan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas ini sangat tidak baik untuk tubuh. Dirinya adalah sebuah molekul tidak stabil yang diproduksi oleh tubuh selama metabolisme dan proses lainnya. 

Terlalu banyak radikal bebas akan menyebabkan stress oksidatif yang dapat menyebabkan kerusakan sel. Kerusakan ini tentunya akan berdampak buruk pada tubuh seperti timbulnya masalah dengan jantung atau kanker. Maka dari itu, ini beberapa manfaat dari buah kiwi yang wajib kamu ketahui agar terhindar dari dampak buruk radikal bebas.

 

1 dari 3 halaman

Manfaat Buah Kiwi

Manfaat Kiwi © Diadona

Berikut ini manfaat kiwi yang bisa kamu ketauhi :

Membantu Mengobati Asma

Manfaat kiwi yang tinggi akan vitamin C dan antioksidan diperkirakan mampu membantu mengobati penderita asma. Dalam studi yang dilakukan pada tahun 2000, menemukan bahwa ada efek yang menguntukan bagi orang-orang yang mengonsumsi buah-buah segar seperti kiwi. Buah-buah segar wajib dikonsumi oleh anak-anak karena dapat mengurangi mengi atau napas berbunyi.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kiwi yang kaya akan vitamin C mampu memberikan nutrisi penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk menangkal penyakit dari luar. Terdapat penelitian yang mengatakan bahwa manfaat kiwi dapat mendukung fungsi kekebalan tubuh dan mengurangi kemungkinan mengembangkan penyakit seperti flu.

Membantu Mengatur Tekanan Darah

Manfaat kiwi tidak hanya dapat memberikan dorongan ekstra untuk sistem kekebalan kita. Melainkan juga dapat membantu mengelola tekanan darah. Sebuah studi pada tahun 2014 mengatakan, kiwi mampu mengelola dan menurunkan tekanan darah karena dalam tiga buah kiwi mengandung zat bioaktif.

2 dari 3 halaman

Manfaat Buah untuk Ibu Hamil

Manfaat Kiwi © Diadona

Buah kiwi adalah buah yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Hal ini dikarenakan manfaat kiwi yang mengandung mikrogram asam folat sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk perkembangan janin yang sehat di awal kehamilan. Berikut ini adalah beberapa manfaat buah kiwi untuk ibu hamil :

Sumber Natural Folate yang Dibutuhkan oleh Ibu Hamil

Asam folat sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Hal itu dikarenakan bayi di dalam kandungan ibu hamil sangat membutuhkannya untuk tumbuh dan berkembang dengan baik di dalam rahim. Selain itu, manfaat kiwi sebagai natural folate dibutuhkan ibu hamil untuk memastikan bahwa oksigen mencapai semua sel, jaringan, dan organ tubuh si bayi.

Meredakan Sembelit

Sembelit adalah permasalahan yang sering terjadi pada ibu hamil. Dengan mengonsumsi makanan tinggi serat seperti buah kiwi dapat meredakan sembelit. Selain itu buah kiwi bisa menjadi pelengkap asupan serat kamu.

Menyembuhkan Luka dan Meningkatkan Kesehatan Tulang

Manfaat kiwi dapat ,emperbaiki luka dan meningkatkan kesehatan tulang. Kiwi memiliki kandungan  Vitamin K yang membantu pembekuan darah secara normal. Ini mempercepat kekuatan penyembuhan tubuh dan juga penting untuk perkembangan tulang.

Mencegah Anemia

Bayi yang sedang berkembang membutuhkan zat besi ekstra yang dapat meningkatkan risiko anemia pada ibu. Vitamin C memfasilitasi penyerapan zat besi yang lebih baik dari makanan kaya zat besi.

3 dari 3 halaman

Manfaat Buah Kiwi untuk Diet

Manfaat Kiwi © Diadona

Manfaat kiwi sebagai penyedia serat, vitamin C dan K. Buah kiwi juga rendah kalori dan kepadatan energi serta menjadikannya pilihan  buah bergizi bagi orang yang mencoba menurunkan berat badan. Buah kiwi dapat membantu kamu untuk merasa kenyang saat menjalankan diet karena bisa dikonsumsi dengan jumlah banyak tanpa harus menambah kalori ke dalam tubuh. 

Selain itu satu buah kiwi hanya mengandung 54 kalori. Satu buah kiwi memiliki 2,1 gram serat - atau 8 persen dari nilai harian - dan hanya 0,4 gram lemak. Buah kaya serat ini dapat dengan mudah ditambahkan ke diet rendah lemak dan membantu menurunkan berat badan

Manfaat kiwi yang beragam ini bisa membantu pola hidupmu lebih terjaga lagi, lho, Diazens. Dengan mengonsumsi buah kiwi nutrisi harian kamu juga sudah terpenuhi.

Beri Komentar