8 Manfaat Sawi Putih untuk Kesehatan yang Belum Kamu Ketahui

Health | Jumat, 19 Maret 2021 12:03

Reporter : Novi Hardita Larasati

Manfaat sawi putih untuk kesehatan ternyata cukup beragam, mulai dari menurunkan berat badan hingga mencegah risiko kanker.

Masyarakat Indonesia, tentu sudah tidak asing lagi dengan sawi putih. Yaps, sayuran yang masih satu keluarga dengan sawi hijau ini biasanya di olah sebagai aneka tumis, lalapan, sup, bakso, serta pelengkap mie ayam.

Selain bisa di olah untuk makanan dan memiliki harga yang cukup murah, ternyata manfaat sawi putih ini cukup beragam untuk kesehatan. Hal ini karena sawi putih mengandung nutrisi cukup tinggi seperti vitamin B kompleks, vitamin C,A dan vitamin K.

Lantas, apa saja sih manfaat sawi putih untuk kesehatan tubuh? Langsung saja simak ulasan berikut ini yang telah dilansir dari berbagai sumber.

8 Manfaat Sawi Putih untuk Kesehatan yang Belum Kamu Ketahui
2 dari 4 halaman

Manfaat Sawi Putih

Manfaat Sawi PutihManfaat Sawi Putih © pixabay.com/allybally4b

Sebelum membahas mengenai manfaat sawi putih, yuk kita ulas sedikit tentang sayuran ini. Sawi putih merupakan jenis sayuran yang masih satu keluarga dengan kubis. Akan tetapi, jika dibandingkan dengan kubis, bentuk sawi putih lebih lonjong serta memiliki daun berwarna hijau muda.

Meski begitu, manfaat sawi putih kurang lebih sama dengan manfaat jenis sayuran cruciferous lainnya. Apa saja itu? Berikut diantaranya.

1. Sebagai Makanan Diet

Seperti yang diketahui, sawi putih memiliki kandungan kalori yang sangat rendah. Bahkan, 100 gram sawi putih segar saja hanya mengandung energi sebesar 9 kalori.

Sehinggga, dengan kalori yang rendah serta mengandung banyak serat, tak heran kalau manfaat sawi putih untuk diet ini menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang tengah menurunkan berat badan.

2. Sebagai Sumber Serat

Selain untuk program diet, manfaat sayur sawi putih yang nggak kalah pentingnya adalah sebagai sumber serat yang amat baik. Ya, dengan mengonsumsi cukup serat setiap hari seperti sawi putih, terbukti akan memiliki berat badan lebih ideal.

Dengan begitu, risiko terkena penyakit jantung dan beberapa jenis kanker juga akan lebih rendah. Sebab, serat yang tidak hancur dalam proses pencernaan akan membantu kamu merasa kenyang lebih lama, memperlancar buang ar besar, serta menjaga kadar gula darah.

3 dari 4 halaman

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Ilustrasi Organ JantungIlustrasi Organ Jantung © www.livescience.com

DiaZens, kalian tahu kan kalau sawi putih memiliki kandungan mineral (seperti potasium dan kalsium, antioksidan (thiocyanate, karoten, zeaxanthin, lutein, sothiocyanate, dan sulforaphane) serta serat?

Ya, semua nutrisi tersebut dipercaya sangat baik dalam membantu menurunkan kadar kolesterol, mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah. Sehingga, menjaga kesehatan jantung termasuk salah satu manfaat sawi putih yang patut diperhitungkan.

4. Membantu Mencegah Kanker

Manfaat sawi putih selanjutnya yaitu mencegah kanker karena adanya kandungan mineral, vitamin, dan antioksidan yang cukup tinggi.

Bahkan, sawi putih juga mengandung kompenen yang bernama glucosinolate. Dimana kandungan itu berperan penting sebagai anti-kanker untuk menangkal pertumbuhan sel kanker pada tubuh, lho.

5. Baik untuk Kesehatan Mata

Mata merupakan pancaindra yang sangat penting untuk melihat dan memandang lingkungan sekitar. Oleh karena itu, kesehatan mata perlu dijaga. Nah, salah satu menjaga kesehatan mata adalah dengan mengonsumsi sawi putih sebab adanya kandungan vitamin A serta alfa-karaoten.

Menariknya lagi, kandungan antioksidan dalam sawi putih pun bisa melindungi retina dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas! Dengan begitu, sawi putih amat bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit mata seperti katarak serta rabun senja.

4 dari 4 halaman

6. Mencegah Batu Ginjal

Ilustrasi Batu GinjalIlustrasi Batu Ginjal © medicalnewstoday.com

Tak hanya untuk mencegah kanker saja, ternyata manfaat sawi putih juga dipercaya mampu mencegah penyakit batu ginjal. Hal ini disebabkan karena sayuran yang satu ini memiliki kandungan vitamin dan mineral.

Kandungan itulah dapat membantu mengeluarkan cairan garam berlebih, sehingga baik dikonsumsi oleh pengidap edema ataupun orang yang memiliki tekanan darah tinggi.

Bahkan, sawi putih juga bisa membantu mengeluarkan toksin dalam ginjal serta mencegah mengatasi pengendapan toksin yang menjadi penyebab penyakit ginjal lho, guys.

7. Bantu Menurunkan Kolesterol

Manfaat sawi putih untuk kesehatan berikutnya adalah bantu menurunkan kolesterol. Hal ini karena sayuran yang satu ini memiliki sumber serat larut yang baik. Bahkan, suatu penelitian menunjukkan bahwa 40% serat yang ditemukan dalam kubis dapat larut.

Selain itu, sebuah analisis besar dari 67 studi menunjukkan apabila orang makan 2 sampai 10 gram serat larut per hari, maka mereka akan mengalami sedikit penurunan kadar kolesterol LDL sekitar 2,2 mg per desiliter.

Ohiya, sawi putih juga mengandung zat yang disebut fitosterol, yakni menurunkan kolesterol LDL dengan cara menghalangi penyerapan kolesterol di saluran pencernaan tersebut.

8. Bikin Kulit Cantik dan Awet Muda

Ternyata sawi putih juga mengandung senyawa antioksidan yang berfungsi untuk mencegah proses penuaan dini pada kulit dengan mengangkat noda serta kerutan kulit, lho!

Tak hanya itu saja, kandungan dalam sawi putih pun dipercaya dapat mencegah kerusakan akibat paparan sinar UV atau polusi. Dengan begitu, manfaat sawi putih yang baik untuk kesehatan yaitu bikin kulit cantik serta menghambat proses penuaan pada kulit.

Wah, ternyata manfaat sawi putih untuk kesehatan cukup beragam ya. Gimana, apakah kamu tertarik untuk mengonsumsi sayuran ini secara rutin? Share di kolom komentar ya!

Join Diadona.id