8 Penyebab Penyakit Asma Kambuh, Bisa Karena Stres Hingga Asam Lambung

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Jumat, 26 Februari 2021 19:30
8 Penyebab Penyakit Asma Kambuh, Bisa Karena Stres Hingga Asam Lambung
Penyebab penyakit asma kemungkinan terjadi karena faktor keturunan dan lingkungan

Penyebab penyakit asma hingga kini masih belum diketahui. Kemungkinan, ini merupakan kombinasi ddari faktor genetik dan juga lingkungan. Bila seseorang mengidap asma, maka penting buat tahu faktor apa saja yang memicu kambuhnya penyakit tersebut.

Penyakit asma adalah kondisi di mana saluran udara di tubuh akan menyempit, sementara otot-otot di sekitarnya akan mengencang, membengkak serta menghasilkan lendir ekstra. Makanya, penderita jadi ngerasain sesak dan sulit bernapas.

Bagi sebagian orang, penyakit asma bisa jadi gangguan yang ringan. Tapi bagi penderita lainnya, kambuhnya penyakit ini merupakan masalah besar yang sampai mengganggu aktivitas sehari-hari, bahkan sampai mengancam jiwa.

Asma nggak bisa disembuhkan, tapi gejalanya bsia dikendalikan dan oenyebab penyakit asma bisa kambuh bisa dihindari. Cari tahu lebih lanjut mengenai penyakit ini dalam ulasan berikut yuk!

1 dari 3 halaman

Apa Penyebab Penyakit Asma?

Penyebab Penyakit Asma © Diadona

Sayangnya, hingga kini masih belum jelas apa yang jadi penyebab penyakit asma. Namun ketika terjadi serangan asma, seperti inilah kondisi di dalam paru-paru penderitanya:

Saat seseorang mengalami serangan assma, saluran udara bakalan menyempit dan sulit bernapas. Kenapa demikian? Ini karena terjadi kejang otot di sekitar saluran napas sehingga sulit bagi udara untuk melewatinya.

Saat terjadi asma, saluran bronkial di paru-paru mengalami pembengkakan. Bila dibiarkan, pada peradangan ini bisa lebih lanjut merusak paru-paru lho.

2 dari 3 halaman

Penyebab Penyakit Asma dan Pengobatannya

Penyebab Penyakit Asma © Diadona

Sampai saat ini nggk ada obat untuk asma, tapi ada beberapa jenis obat yang bisa mengontrol gejala asma sehingga penderita bisa menjalani hidup normal dan aktif.

Obat Kontrol Jangka Panjang

Obat ini sangat penting untuk mengendalikan penyakit asma dan mencegah kekambuhnnya. Cara kerjanya yakni dengan mengobati peradangan saluran napas yang mengarah ke gejala asma.

Inhaler

Kalau obat penyakit asma yang ini, udah pada tahu, kan? Inhaler dapat dengan cepat membuka saluran udara sehingga jalan pernapasan akan lebih mudah.

3 dari 3 halaman

Penyebab Penyakit Asma Kambuh

Penyebab Penyakit Asma © Diadona

Mengutip Mayo Clinic, ada beberapa paparan berbagai bahan iritan dan alergen yang bisa memicu gejalanya asma. Tapi, ini bisa berbeda di setiap orang. Penyebab penyakit asma kambuh bisa karena:

Alergen

Ini adalah penyebab penyakit asma kambuh secara umum. Sebanyak 80 persen penderita punay alergi terhadap benda-benda yang umum di udara antara lainserbuk sari pohon, rumput, dan gulma, bulu binatag, tungau debu dan kotoran kecoa.

Makanan dan Zat Aditif

Asma bisa menjadi bagian dari reaksi parah dan berlebihan alergi makanan yang disebut dengan anafilaksis.

Asma Karena Olahraga

Olahraga bisa menjadi penyebab penyakit asma kambuh pada mereka yang memang memiliki riwayat penyakit ini. Gejalanya bisa berupa dada sesak, batuk , dan kesulitan bernapas dalam 5 hingga 15 menit pertama saat olahraga. Tapi kebanyakan nih gejala ini bakalan hilang. Maka apa yang harus dilakukan agar tak kambuh saat berolaharag? Yaitu lakukan pemanasan.

Maag

Sakit maag dan asma yang parah sering kali berjalan seiring. Ini terjadi ketika asam lambung kambuh, asam lambung bakalan naik ke tenggorokan atau saluran udara trus memicu iritasi. Nah, ini bisa jadi penyebab penyakit asma kambuh.

Merokok

Orang yang merokok lebih mungkin terkena asma. Perokok bakalan mengalami gejala asma berupa batuk atau mengi yang bertambah parah. Ini juga terjadi pada ibu hamil yang merokok yang akan membuat fungsi paru-paru bayi jadi lebih buruk.

Infeksi

Pilek, flu, bronkitis , dan sinus bisa jadi penyebab penyakit asma kambuh. Dan infeksi ini bisa jadi berupa virus atau bakteri.

Sinusitis

Sama seperti asma yang menyebabkan peradangan pada lapisan saluran udara Anda, sinusitis menyebabkan peradangan pada selaput lendir yang melapisi sinus. Akibatnya, selaput mengeluarkan lebih banyak lendir.

Emosi

Stres dan asma sering muncul bersamaan. Padahal, rasa cemas, menangis, berteriak, stres, marah, atau tertawa keras dapat menyebabkan serangan asma.

Seseorang nggak bisa mengetahui mengapa dirinya memiliki asma dan orang lain tidak. Namun, dengan tahu penyebab penyakit asma kambuh bisa digunakan sebagai panduan untuk mengurangi terjadinya serangan asma dan menghindarinya.

Beri Komentar