9 Cara Mengobati Penyakit Herpes Zoster secara Alami dan Tradisional

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 10 Juni 2020 15:32
9 Cara Mengobati Penyakit Herpes Zoster secara Alami dan Tradisional
Penting banget untuk segara pergi ke dokter begitu herpes ini muncul, tapi beberapa cara mengobati penyakit herpes yang mau Diadona bagi kali ini mungkin bisa membantu kamu meringankan gejalanya.

Herpes sendiri merupakan infeksi virus varicella zoster yang menyebabkan ruam yang bikin sakit. Ruam ini bisa muncul di mana aja, tapi bisa juga cuman mempengaruhi bagian-bagian kecil.

Gejala yang paling awal muncul yaitu keberadaan nyeri. Lalu, berlanjut dengan ruam atau lepuh berisi cairan yang terbentuk dalam beberapa hari setelah rasa sakit tersebut muncul.

 

1 dari 3 halaman

Cara Mengobati Penyakit Herpes secara Alami

Cara Mengobati Penyakit Herpes © Diadona

Cara mengobati penyakit herpes secara medis udah seharusnya kamu lakukan begitu gejalanya muncul. Nggak ada obat khusus sebagai cara mengobati penyakit herpes ini, dan dokter bakalan merekomendasikan penggunaan antivirus. Tapi ada beberpa solusi alami yang efektif untuk mengurangi rasa sakit dan nggak nyaman.

Mandi

Ini memang bukan cara mengobati penyakit herpes secara langsung, tapi bisa mengurangi penyebaran infeksinya. Mandilah dengan air dingin untuk menenangkan kulit. Dinginnya air bisa meredakan rasa sakit akibat lepuh herpes zoster dan menenangkan rasa gatal.

Kompres Dingin

Untuk cara mengobati penyakit herpsen sekaligus menghilangkan rasa sakit dan gatal, coba deh kompres dengan benda yang dingin dan lembab. Lakukan ini beberapa kali sepanjang hari untuk meredakan gejala.

Lulur Oatmeal

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak oat dapat melembabkan kulit kering dan menenangkan kulit yang sensitif dan meradang.

FDA telah menyetujui oatmeal koloid sebagai pengobatan yang aman dan efektif. Oat ini mengandung flavonoid dan saponin untuk mengurangi peradangan.

Memang sih nggak bisa sebagai cara mengobati penyakit herpes, tapi bisa membantu menghilangkan rasa sakit dan juga gatal.

Pakai Baju Longgar

Dengan pakai baju yang longgar, maka luka herpes bisa terhindari dari lecet karena gesekan dnegan baju.

Lotion Kalamin

Akademi Dermatology Amerika merekomendasikan lotion ini sebagai cara mengobati penyakit herpes. Lotion ini bakalan melembutkan trus membantu mengurangi rasa gatal.

Krim Penenang

Menggaruk ruam bisa menyebabkan bekas luka dan memperpanjang waktu lepuh. Maka dari itu, gunakan krim atau lotion yang menenangkan untuk mengurangi gatal.

Lotion ini nggak akan mempercepat proses penyembuhan, tapi bisa membaut kulit terasa nyaman.

2 dari 3 halaman

Cara Mengobati Penyakit Herpes secara Tradisional

Ilustrasi Herpes © Diadona

Melansir medicalnewstoday.com, beberapa bahan tradisional bisa sebagai cara mengobati herpes, dan meringankan gejalanya.

Minyak Atsiri

Beberapa minyak atsiri punya sifat yang dapat membantu iritasi dan penyembuhan kulit. Minyak ini diantaranya:

Minyak chamomile , yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antimikroba dan dapat meningkatkan borok dan luka tekan dengan membantu regenerasi sel kulit .
Minyak kayu putih , yang memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat meningkatkan kecepatan penyembuhan luka pasien kanker .
Minyak pohon teh , yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antimikroba dan dapat meningkatkan penyembuhan luka

Tapi kalau mau menggunakan minyak tersebut untuk cara mengobati penyakit herpes, lakukan tes sensitivitas dulu ya.

Pasta Jagung

Inget nggak sih dulu kita waktu kecil selalu diiolesi pasta jagung untuk mengurangi gatal cacar air? Ini juga bisa lho untuk cara mengobati penyakit herpes.

Caranya, campurkan tepung jagung dan air dengan perbandingan dua banding satu, lalu oleskan campuran ke ruam tersebut.

Pola Makan

Apa hubungan antara pola makan dnegan cara mengobati penyakit herpes?

Gini. Sistem kekebalan tubuh yang lemah bakalan membuat herpes makin parah. Nah, perubahan pola makan bsia memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mencegah herpse menyebar ke bagian lain tubuh.

Beberapa nutrisi yang bisa untuk cara mengobati penyakit herpes, diantaranya:

  • Buah jeruk
  • Sayuran hijau dan berdaun
  • Daging merah
  • Telur
  • Ayam
  • Susu
  • Biji-bijian
  • Kacang polong
  • Tomat
  • Bayam

3 dari 3 halaman

Cara Mengobati Penyakit Herpes Zoster

Ilustrasi Virus Herpes © Diadona

Herpes ini nggak terlalu menular dan baru berbahaya dalam kasus tertentu, misalnya ada di wajah atau dekat mata. Tapi pada beberapaorang, risiko komplikasi yang lebih serius, bisa terjadi. Misalnya, pada ibu hamil, lanjut usia atau orang yang punay sistem kekebalan tubuh rendah.

Proses dari terbentuknya lesi hingga kemudian memudar, membutuhkan waktu hingga berminggu-minggu. Proses ini nggak nyaman dan sakit banget. Makanya, pilihan untuk cara mengobati penyakit herpes dan mengurangi rasa sakit akibat gejalanya jadi banyak dicari.

Cara mengobati penyakit herpes yang Diadona sajikan ini mungkin nggak bekerja buat semua orang. Bahkan kalaupun kamu merasa cocok dengan satu obat alami tersebut dan berhasil sembuh, tetap aja itu bukan obat untuk herpes. Masih belum ada obat untuk penyakit ini. Dan penyakit karena virus harus ditangani sesuai dengan prosedurnya. Jangan lupa ke dokter ya!

Beri Komentar