9 Ciri-Ciri Psikopat Wanita yang sedang Jatuh Cinta

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 30 Juni 2020 15:41
9 Ciri-Ciri Psikopat Wanita yang sedang Jatuh Cinta
Ciri-ciri psikopat dan tindakannya memang seram banget, bahkan sering dijadikan sebagai pembahasan dalam film thriller. Tapi, gimana mengenali mereka saat mereka belum melakukan tindakan ekstrim itu?

Ciri-ciri psikopat biasanya merujuk pada hal-hal ekstrim yang berbahaya untuk orang lain. Kamu mungkin pernah melihatnya di film, kan?

Tapi, apa sih itu psikopat?

Melansir Healthine, definisi sebenarnya dari seorang psikopat dalam psikiatri adalah gangguan kepribadian antisosial (ASPD). ASPD ini menggambarkan seseorang yang menunjukkan pola manipulasi dan pelanggaran kepada orang lain.

Tapi, defisini antisosial ini jadi rancu karena dianggap hampir sama dengan mereka yang suka menyendiri. Padahal, yang dimaksud antisosial pada ciri-ciri psikopat yakni perbuatan yang bertentangan dengan masyarakat, aturan dan perilaku lain yang lebih umum.

1 dari 3 halaman

Ciri-Ciri Orang Psikopat

Ciri-Ciri Psikopat © Diadona

Seseorang bisa menunjukkan ciri-ciri psikopat bukan tanpa alasan dan latar belakang. Kebanyakan, ada sesuatu yang berbeda pada otak mereka yang membuat mereka melakukan tindakan yang kita sebut sebagai psikopat ini. Melansir Psycology Today, apa saja ciri mereka?

Tidak Empati

Ciri-ciri psikopat ini muncul karena berdasarkan penelitian, ada koneksi yang lemak pada komponen sistem emosi otak. akibatnya, mereak nggak mampu merasaakn emosi yang mendalam.

Selain itu, ciri-ciri psikopat yakni mereka nggak bisa mendeteksi rasa takut di wajah orang lain.

Sebagai manusia normal, kita pasti punya batas jijik yang kemudian membatasi kita buat nggak melakukan hal tersebut, kan? Nah, pada ciri-ciri-ciri psikopat, mereka punya ambang batas jijik yang tinggi. Makanya kalau dihadapkan sama sesesuatu yang jijik atau mengerikan, buat mereka sepertinya itu biasa aja.

Emosi yang Dangkal

Kurangnya emosi sosial bisa menjadi ciri-ciri psikopat, misalnya rasa malu, atau rasa bersalah. Mereka juga digambarkan sebagai sosok yang dangkal secara emosional.

Mereka juga digambarkan sebagai seorang yang tanpa rasa takut. Menurut penelitian, ini karena jaringan otak yang berfungsi untuk mengatisipasi hal yang menakutkan, tidak menunjukkan adanya aktivitas pada mereak dengan ciri-ciri psikopat.

Nggak Bertanggung Jawab

Ciri-ciri psikopat selanjutny ayakni adanya sikap nggak bertanggung jawab. Mereak juga cenderung menyalahkan orang lain untuk hal-hal yang sebenarnya kesalahan mereka.

Ucapan yang Nggak Tulus

Kadang, mereka bisa berohong dengan wajah yang sangat datar, trus saat ketahuan, mereka merasa kalau itu adalah sesuatu yang normal. Ciri-ciri-ciri psikopat ini bisa terjadi kemungkinan karena ada kaitannya dengan ketidakmampuan mereka untuk mencerna makna dari kata-kata.

Terlalu Percaya Diri

Ciri-ciri psikopat biasanay ditunjukkan dengan rasa percaya diri yang begitu tinggi.

Egois

Ciri-ciri-ciri psikopat biasanya ditandai dengan keegpoisan. Ini muncul karena ketidakmampuan mereka untuk mencintai.

Nggak Mampu Merencanakan Masa Depan

Menurut Daftar Periksa Psikopati atau Psychopathy Checklist Revised, ciri-ciri psikopat ditunjukkan dengan kegagalan mengikuti rencana hidup apapun. Mereka kurang punya tujuan jangka panjang yang realistis.

Suka Melakukan Kekerasan

Saat seseorang nggak bisa menangani frustasi dan cenderung mudah untuk melepaskan serangan, maka dia sangat mungkin melakukan tindakan kekerasan. Nah, inilah yang menjadi ciri-ciri psikopat.

Mereka cenderung mudah marah dan sangat agresif.

2 dari 3 halaman

Ciri-Ciri Psikopat Jatuh Cinta

Ciri-Ciri Psikopat © Diadona

Kurangnya empati, egois, dan beragam ciri-ciri psikopat yang udah Diadona jelasin di atas tadi pasti membuat banyak orang berpikir : gimana saat mereka jatuh cinta? Gimana mereka menjalani kehidupan intim mereka?

Menurut penelitian, mereka yang punya ciri-ciri psikopat cenderung nggak bisa intim secara psikologis. Tapi, mereka bisa saja menjalin hubungan seperti pacaran atau pernikahan, karena hubungan etrsebut kan nggak selalu berdasarkan pada keintiman psikologis, bukan?

3 dari 3 halaman

Ciri-Ciri Wanita Psikopat

Ciri-Ciri Psikopat © Diadona

Baik di dunia fiksi atau di kehidupan nyata, kita mungkin mengenal banyak psikopat laki-laki. Contohnya, Hannibal Lecter dan Jim Moriarty, Charles Manson dan Ted Bundy.

Tapi, apakah ada psikopat wanita?

Ada, namun tidak terkenal. Ciri orang psikopat pada wanita menunjukkan tanda-tanda yang berbeda dan seringkali kurang keras. Akibatnya, psikopat wanita lebih tidak terdeteksi.

Perbedaan ciri orang psikopat antara laki-laki dan wanita, yakni :

Perbedaan Narsisme

Kalau laki-laki cenderung membuak tentang pencapaian dan prestasi mereka, beda dengan wanita. Mereka cenderung lebih tertutup. Misalnya, mereka bisa aja memuji seseorang dan terlihat tulus, tapi di belakang, mereka berpikir kalau dia lebih baik daripada orang tersebut.

Perbedaan dalam Agresifitas

kalau ciri orang psikopat biasanya bisa terlihat jelas saat dia melakukan kekerasan, maka ini berbeda bentuknya pada wanita.

Wanita yang psikopat cenderung menyerang secara relasional, misalnya, menyebarkan gosip tentang orang lain, dan bakalan menyerang secara psikologis lewat manipulasi.

Ciri orang psikopat yang udah kamu ketahui ini ngak serta merta bisa kamu jadikan rujukan untuk menuduh kondisi psikologis orang lain, atau untuk klaim diri sendiri. Ingat, setiap kondisi medis harus dengan diagnosa para ahli.

Beri Komentar