9 Manfaat Buah-Buahan untuk Tubuh, Jumlah Kebutuhan Harian dan Cara Sehat Mengonsumsinya

Health | Selasa, 12 Januari 2021 16:59

Reporter : Dhewi Bayu Larasati

Manfaat buah-buahan diantaranya bisa menurunkan berat badan hingga berpotensi untuk menurunkan penyakit tertentu. Tapi, sudah cukupkan konsumsi harian kamu saat ini?

Manfaat buah-buahan sih udah pasti kamu ketahui dong ya, mulai dari sebagai sumber vitamin dan mineral essensial, dan kandungan seratnya. Trus buah-buahnay juga mengandung berbagai macam antioksidan yang bagus banget untuk tubuh.

Pertanyaannya nih, apakah kamu rutin memasukkan buah-buahan dalam asupan harianmu? Berapa jumlah buah yang kamu makan dalam satu minggu?

Melansir Healthline, rekomendasi umum asupan buah dan sayur adalah setidaknya 400 gram per hari atau sekitar lima porsi buah dengan ukuran 80 gram. Sementara itu, 80 gram buah setara dengan buah yang berukuran sebesar bola tenis. Wah, banyak juga ya! Sementara itu asupan lebih dari angka rekomendasi nggak menunjukkan adanya peningkatan manfaat  buah-buahan.

Karena sangat direkomendasikan, tentu saja ini berkaitan dengan manfat buah-buahan untuk tubuh. Cari tahu apa saja manfaatnya dalam ulasan beikut ini yuk!

9 Manfaat Buah-Buahan untuk Tubuh, Jumlah Kebutuhan Harian dan Cara Sehat Mengonsumsinya
2 dari 4 halaman

Manfaat Buah-Buahan

Manfaat Buah-BuahanManfaat Buah-Buahan © 2021 pixabay.com

Buah-buahan adalah sumber vitamin dan mineral esensial yang sangat baik, kaya serat, juga menyediakan berbagai macam antioksidan yang meningkatkan kesehatan.

Kaya Akan Nutrisi Penting

Komposisi nutrisi buah sangat bervariasi tergantung pada jenis buahnya, tapi di setiap varietasnya dijamin memiliki kandungan nutrisi yang penting.

Contohnya nih, ada buah-buahan yang tinggi vitamin dan mineral, termasuk diantaranya vitamin C, kalium dan juga folat yang tak banyak didapatkan orang.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Buah kaya nutrisi dan relatif rendah kalori sehingga jadi pilihan yang tepat untuk kamu yang sedang menjalani program diet. Apalagi nih, buah kaya akan air dan serat yang membuat kamu jadi ngerasa kenyang.

Nah, manfaat buah buahan untuk menurunkan berat badan berasal dari serat ini nih. Karena kamu kenyang, sehingga kamu jadi nggak banyak mengkonsumsi kalori. Menurut Healthline, apel, jeruk, dan anggur adalah buah yang paling mengenyangkan.

Eh tapi untuk mencari manfaat buah buahan sebagai makanan diet, penting dicatata untuk mengkonsumsinya secara utuh alias jangan diolah sebagai jus dengan tambahan gula ya. Selain penambahan kalori dari gula, buah yang padat dan utuh jauh lebih mengenyangkan.

Menurunkan Risiko Penyakit

Secara konsisten, penelitian menyebutkan bahwa diet tinggi buah dan sayuran berkaitan dengan lebih rendahnya risiko terkena penyakit serius diantaranya kanker, diabetes, hingga penyakit jantung.

Satu dari sembilan penelitian menyebut kalau setiap satu porsi tambahan buah setiap hari mengurangi risiko penyakit jantung sebesar 7 persen. Selain itu juga makan buah-buahan seperti anggur, apel, dan blueberry dikaitkan dengan risiko diabetes tipe 2 yang lebih rendah.

Suka dengan buah jeruk? Manfaat buah jeruk adalah bisa meningkatkan kadar sitrat dalam urin, yang bisa menurunkan risiko batu ginjal.

Secara umum, manfaat buah buahan bila dikonsumsi secara rutin bisa membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi stres oksidatif, yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung

3 dari 4 halaman

Manfaat Buah-BuahanManfaat Buah-Buahan © 2021 Duy Pham on Unsplash

Memperkuat Tulang

Penelitian di Universitas Florida di tahun 2011 lalu membuktikan manfaat buah buahan untuk memperkuat tulang, terutama buah avokad. Selain itu kandungan vitamin C juga disebut mampu mempertahankan massa otot.

Tetap Terhidrasi

Buah-buahan tertentu memiliki kandungan air yang sangat tinggi yang membantu menjaga seluruh tubuh agar tetap terhidrasi. Memang sih air putih tetap jadi pilihan yang paling baik, hanya aja manfaat buah buahan buahan ini bisa untuk membantu memenuhi kebutuhan harian air, terlebih kalau kamu bukan tipe yang suka minum air putih.

Kandungan Antioksidan

Manfaat buah-buahan yang paling umum adalah kandungan antioksidannya. Tahu kan apa fungsi dari antioksidan tersebut?

Jadi begini, di alam ini terdapat radikal bebas yang keberadaannya di tubuh membuat tubuh jadi menua lebih cepat, merusak sel-sel sehat kita, dan bahkan menyebabkan kanker. Nah, antioksidan ini membantu melawan radikal bebas tersebut.

Bikin Kulit Sehat

Kamu pasti sering mendengar berbagai tips kecantikan untuk membuat kulit glowing, salah satunya dengan makan buah?

Jadi gini nih, selain manfaat buah-buahan yang bisa menangkap radikal bebas yang bikin kulit jadi cepat mengelami penuaan, kandungan air pada buah juga menghidrasi kulit dari dalam ke luar. Jadi bikin kulit makin glowing deh! Trus manfaat buah buahan buahan untuk kulit juga didapat dari kandungan lemak sehat, seperti alpukat yang dapat membantu mencegah kerusakan akibat sinar matahari

Meningkatkan Kekuatan Otak

Menurut penelitian yang dilakukan di tahun 2012 lalu membuktikan kalau ada kandungan pada buah tertentu, seperti blueberry, blackberry, stroberi dan buah berry lainnya memiliki efek menguntungkan pada otak. Selain itu juga dapat membantu mencegah hilangnya daya ingat terkait usia dan perubahan lainnya.

Menguntungkan Sisten Pencernaan

Kandungan serat, air, dan juga antioksidan bersama-sama membantu menjaga seluruh sistem pencernaan agar lebih sehat lho. Contoh nyatanya nih buah pepaya yang bisa menunjang jalannya sistem pencernaan kamu. Ada juga nana syang mengurangi peradangan dan mencerna jenis makanan tertentu.

4 dari 4 halaman

Cara Terbaik Konsumsi Buah-Buahan

Manfaat Buah-BuahanManfaat Buah-Buahan © 2021 Daria Shevtsova from Pexels

Konsumsi buah-buahan harus diimbangi juga dengan pengolahan yang sehat ya agar manfaat buah-buahan ini terjaga maksimal. Sebagai contoh, mmebilasnya dengan air untuk menghilangkan residu yang tidak diinginkan dari permukaannya.

Ada beberapa saran pencucian misalnya menggunakan cuka atau air lemon. Tapi dikutip dari Healthline, produk tersebut belum terbukti lebih efektif dalam membersihkan produk daripada air biasa - dan bahkan mungkin meninggalkan endapan tambahan pada makanan.

Untuk mencucinya, lakukan di air mengalir trus cuci ketika buah akan dimakan. Pastikan peralatan, wastafel, dan permukaan yang digunakan untuk menyiapkan produk juga dibersihkan terlebih dahulu.

Join Diadona.id