9 Manfaat Buah Pala untuk Manisan yang Bagus buat Kesehatan Tubuh

Reporter : Sheila Fathin
Rabu, 14 April 2021 16:19
9 Manfaat Buah Pala untuk Manisan yang Bagus buat Kesehatan Tubuh
Khasiat buah pala untuh tubuh banyak sekali. Mulai dari meningkatkan kesehatan otak hingga meningkatkan kesehatan perut

Manfaat buah pala memiliki fungsi yang baik bagi kesehatan. Pala merupakan tumbuhan yang dapat ditemukan dalam bentuk biji. Pala sering disebut sebagai tumbuhan rempah-rempah karena pala sendiri bisa digunakan sebagai penyedap makanan yang alami. Pala memiliki cita rasa yang cukup pedas dan hangat. 

Selain itu, pala mengandung berbagai macam senyawa kuat yang dapat mencegah penyakit dan meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Selain itu, pala juga bisa dikonsumsi secara rutin. Maka dari itu, berikut ini adalah manfaat buah pala bagi kesehatan kamu.

1 dari 3 halaman

Manfaat Manisan Buah Pala

Manfaat Buah Pala © Diadona

Kerap kali orang-orang mengolah buah pala menjadi manisan yang lezat. Selain lezat juga, buah pala juga memiliki manfaat yang banyak untuk tubuh. Apa saja sih manfaatnya?

Meredam Rasa Sakit

Manfaat buah pala dari segi buahnya mampu membantu menghilangkan rasa sakit. Buah pala sendiri memiliki komponen yang mirip dengan mentol sehingga mampu meredam rasa sakit. Mengonsumsinya manisan buah pala  sebagai camilan bisa mengurangi rasa sakit yang sedang dialami oleh tubuh.

Meningkatkan Kesehatan Otak

Manfaat buah pala dapat mengurangi kerusakan sistem saraf dan fungsi kognitif karena di dalam buah pala mengandung senyawa myristicin dan macelignan yang sangat dibutuhkan bagi penderita demensia dan alzheimer. Manisan buah pala sangat berguna untuk menjaga kesehatan otak dan meningkatkan konsentrasi.

Menjaga Kesehatan Mulut

Manisan buah pala memiliki manfaat sebagai antibakteri yang efektif membantu membersihkan bakteri penyebab bau mulut. Daging buah pala sendiri sering menjadi tambahan dalam pasta gigi atau obat kumur herbal.

2 dari 3 halaman

Manfaat Buah Pala untuk Kesehatan

Manfaat Buah Pala © Diadona

Buah pala khasiatnya selain untuk bumbu masakan, masih banyak yang belum tahu kalau buah pala bisa begitu bermanfaat untuk kesehatan. Kali ini artikel ini akan menjelaskan manfaat buah pala untuk kesehatan :

Menghilangkan Masuk Angin

Manfaat buah pala bisa diolah menjadi minuman dan dikonsumsi untuk menghilangkan masuk angin dalam tubuh. Untuk menghilangkannya, kamu bisa meminum rebusan buah pala. Minuman ini akan menghangatkan tubuh kamu dan perut kamu yang kembung karena masuk angin.

Meredakan Asam Lambung

Kamu yang memiliki maag pasti sering bermasalah dengan asam lambung serta sering mengalami mual yang ada di dalam perut. Manfaat pala pada buahnya bisa meredakan asam lambung karena buah pala mengandung zat saponin yang berfungsi untuk menurunkan asam lambung di dalam tubuh.

Sebagai Detoks

Manfaat buah pala lainnya adalah sebagai detoks untuk mengeluarkan toksin atau racun yang ada di dalam tubuh. Racun banyak mengendap di berbagai organ tubuh, terutama pada organ pencernaan. Buah pala sendiri mengandung senyawa kimia yang mampu membersihkan toksin dalam organ-organ tubuh. Yang mana racun itu dikeluarkan melalui keringat, feses dan urin.

3 dari 3 halaman

Manfaat Daging Buah Pala

Manfaat Buah Pala © Diadona

Mencegah Leukimia

Manfaat pala pada daging buahnya bisa mencegah leukimia. Hal ini dikarenakan bahwa senyawa kimia berupa metanol yang terdapat dalam daging buah pala bisa mencegah kanker darah. Selain itu, ekstrak buah pala bisa mencegah hadirnya pertumbuhan sel leukemia dalam tubuh seseorang. 

Melancarkan Peredaran Darah

Manfaat buah pala yang mengandung kalium cukup bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah di dalam tubuh. Fungsi kalium sendiri pun dalam buah pala memiliki fungsi mempelancar pembuluh darah ke seluruh tubuh. Semakin peredaran darah lancar maka oksigen pun juga mudah dialirkan ke seluruh tubuh. Kalium juga bisa membantu penyerapan nutrisi untuk bisa dicerna dan diserap secara maksimal oleh tubuh.

Menormalkan Tekanan Darah

Kandungan mineral dan kalium pada buah pala mampu mengatur tekanan darah. Manfaat buah pala selain mampu mengatur tekanan darah, juga bisa menurunkan penderita kardiovaskular. Hal ini dikarenakan kandungan mineral dan kalium pada buah pala yang membuat tekanan darah lebih renggang.

Manfaat buah pala bagus sekali untuk kesehatan tubuh. Sehingga bagus untuk dikonsumsi secara berkala.

Beri Komentar