9 Manfaat Buah Pinang Muda untuk Kesehatan dan Ketahui Efek Sampingnya

Health | Jumat, 12 Maret 2021 12:40

Reporter : Novi Hardita Larasati

Kira-kira apa saja sih manfaat buah pinang muda? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Bagi beberapa orang mungkin belum tahu apa itu buah pinang. Tapi lain halnya dengan masyrakat di Nusa Tenggara dan Maluku, sebab buah ini cukup populer karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Ya, buah pinang mudah kerap dimanfaatkan masyarakat pedesaan sebagai obat herbal kesehatan mulut dan gigi. Bahkan, buah yang satu ini juga dipercaya bisa sebagai pengobatan skizofrenia (gangguan jiwa) serta glaukoma, lho.

Nah, untuk mengetahui lebih jauh apa saja manfaat buah pinang muda, langsung saja simak ulasan di bawah ini yang telah dilansir dari berbagai sumber.

9 Manfaat Buah Pinang Muda untuk Kesehatan dan Ketahui Efek Sampingnya
2 dari 5 halaman

Manfaat Buah Pinang Muda

Manfaat Buah PinangManfaat Buah Pinang © shutterstock.com/avelyn

Walaupun belum diketahui secara pasti mengenai manfaat buah pinang muda, namun banyak informasi yang menyebutkan kalau buah yang satu ini memiliki beberapa khasiat bagi kesehatan tubuh. Berikut diantaranya.

1. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat buah pinang muda yang pertama adalah untuk mencegah penuaan dini. Hal ini dikarenakan buah tersebut memiliki sifat antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas yang bisa mengakibatkan penuaan dini pada kulit.

Jadi, khasiat dari buah pinang muda ini dapat mengatasi timbulnya komedo akibat kandungan minyak berlebih pada kulit wajah. Selain itu, buah pinang juga berfungsi untuk mencerahkan kulit serta membantu proses peremajaan kulit wajah, lho.

2. Meningkatkan Nafsu Makan

Tak cukup itu saja, ternyata manfaat buah pinang muda juga diyakini bisa meningkatkan nafsu makan. Apabila kamu mengalami kondisi ini, maka nantinya bisa menyebabkan kekurangan nutrisi serta energi yang dibutuhkan tubuh.

Namun, hal itu bisa kamu atasi dengan buah pinang. Ya, selain buahnya, daun pun biasa digunakan sebagai ramuan penambah nafsu makan. wah, perlu di coba nih kalau adik atau ponakan kamu kurang selera makan.

3. Menjaga Kesehatan Mulut

Melansir dari laman InteliHealth, mengunyah buah pinang muda ternyata dapat meningkatkan air di area mulut. Hal ini karena sifat antimikroba di dalam buah pinang muda yang bisa mencegah aktivitas bakteri penyebab gigi berlubang.

Untuk mendaptkan manfaat buah pinang muda, kamu cukup membakar buah pinang hingga berbentuk abu kemudian abu tersebut digosokkan ke seluruh bagian gigi.

3 dari 5 halaman

4. Mengatasi Cacingan

Ilustrasi Penyakit CacinganIlustrasi Penyakit Cacingan © shutterstock.com/metamorworks

Tampaknya manfaat buah pinang muda tak hanya untuk meningkatkan nafsu makan saja, namun juga untuk mengatasi masalah pencernaan di tubuh, satu diantaranya yaitu cacingan.

Selain sering dialami oleh anak-anak, penyakit cacingan ini juga bisa menyerang orang dewasa, sehingga dampak buruknya pun akan menghambat penyerapan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

5. Mengobati Luka

Umumnya, ada banyak cara alami dalam mengobati luka. Nah, salah satu obat tradisional untuk mempercepat proses penyembuhan luka pada kulit dan meregenerasi akibat bekas luka adalah buah pinang muda.

Manfaat buah pindang muda untuk mengobati luka ini bisa dilakukan dengan menghaluskan buahnya terlebih dahulu, kemudian dioleskan ke bagian kulit yang sedang terluka.

6. Mengatasi Gatal-gatal Akibat Jamur

DiaZens, apakah kamu sering merasa gatal-gatal di area organ intim? Kalau iya, bisa jadi ini karena infeksi atau iritasi jamur. Seperti sistem imun yang sedang menurun, diabetes yang tidak terkontrol, dan pemakaian antibiotik yang berlebihan.

Tapi kamu nggak usah khawatir, sebab kondisi ini bisa kamu atasi dengan memanfaatkan air rebusan buah pinang muda untuk membasuk vagina. Hal ini disebabkan, biji pinang muda mengandung komponen antibakteri serta antijamur yang secara alami dapat membunuh bakteri jahat pemicu gatal di vagina.

4 dari 5 halaman

7. Meningkatkan Gairah Seksual

Ilustrasi BercintaIlustrasi Bercinta © shutterstock.com/Montri Thipsorn

Manfaat buah pinang muda lainnya yang banyak dikenal yaitu mampu meningkatkan gairah seksual. Hal ini karena buah pinang mengandung kandungab alkaloid aktif berupa senyawa arekolin.

Kalau kamu ingin mencoba, caranya cukup ambil satu biji buah pinang yang belum mengeras. Kerat-kerat kemudian dikunyah dan dimakan. Untuk cara lainnya, kamu bisa menumbuk atau rebus biji pinang dalam dua gelas air. Tunggu hingga menjadi satu gelas, lalu minum airnya.

8. Menyehatkan Rahim

Ternyata masyarakat Biak dan Serui (Papua) kerap memanfaatkan biji pinang muda sebagai obat alami untuk mengecilkan rahim setelah melahirkan. Biasanya hal ini dilakukan para perempuan dengan memasak buah pinang muda kemudian airnya diminum selama satu minggu.

Ohiya, manfaat pinang muda juga bisa menghentikan perdarahan lho. Hal ini disebabkan ada senyawa arecaidine atau arecaine, guvacine, choline atau bilineurine, guvacoline dan tannin di dalamnya. Nah, sifat astringent serta hemostatik dari zat tannin inilah yang berperan untuk menghentikan perdarahan.

9. Merapatkan Bagian Vagina

Ohiya, selain untuk menyehatkan rahim, manfaat buah pinang muda juga dapat merapatkan bagian vagian usai melahirkan lho, guys. Caranya pun cukup mudah, yani siapkan kulit pinang muda, biji gambir, kapur sirih dan daun sirih muda.

Setelah itu, cabut kecil-kecil kulit pinang muda lalu tumbuh biji gambir. Kemudian, ayak kapur sirih yang sudah dibersihkan dan rebus air secukupnya serta asukkan semua bahan tersebut. Kalau sudah matang, biarkan bahan-bahannya mengendap sempurna dan air rendaman menjadi dingin. Kemudian, gunakan air tersebut untuk membilas area vagina secara rutin.

5 dari 5 halaman

Risiko dan Efek Samping Buah Pinang

Walaupun buah pinang memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Namun, manfaat ini masih belum bisa dibuktikan luas secara ilmiah, ya. Sebab, menurut penelitian modern menunjukkan banyak risiko kesehatan yang terkait dengan praktik ini.

Apalagi mengunyah pinang secara teratur telah dikaitkan dengan kanker mulut serta kerongkongan, kerusakan gigi, dan fibrosis submukosa oral. Bahkan, sebuah studi awal yang diterbitkan di American Society for Clinical Nutrition menemukan hubungan yang kuat antara pinang serta peningkatan risiko penyakit kardiovaskular, obesitas, dan sindrom metabolik.

Nah, itulah beberapa manfaat buah pinang muda serta efek sampingnya yang wajib kamu ketahui. Semoga artikel kali ini dapat menambah wawasan kamu di dunia kesehatan, ya.

Join Diadona.id