9 Manfaat Daun Mangga untuk Kesehatan Tubuh, Mampu Atasi Diabetes hingga Kanker

Health | Selasa, 23 Maret 2021 08:56

Reporter : Novi Hardita Larasati

Ternyata deretan manfaat daun mangga sangat menguntungkan bagi kesehatan tubuh, lho.

Siapa nih penggemar buah mangga? Ya, buah yang berbentuk lonjong ini menjadi favorit masyarakat Indonesia karena rasanya yang manis dan asam. Selain itu, buah ini juga sering dijadikan camilan buat ibu hamil.

Bahkan, selain buahnya yang kerap dijadikan sebagai camilan atau makanan, daun buah ini juga memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh. Seperti yang diketahui, manfaat daun mangga ini dapat digunakan sebagai ramuan obat yang bisa mencegah berbagai penyakit, lho.

Nah, biar gak semakin penasaran mengenai manfaat daun mangga, langsung saja simak ulasan berikut ini yang telah kami rangkum dari beberapa sumber.

 

9 Manfaat Daun Mangga untuk Kesehatan Tubuh, Mampu Atasi Diabetes hingga Kanker
2 dari 5 halaman

Manfaat Daun Mangga

Manfaat Daun Mangga Manfaat Daun Mangga © pixabay.com/Guddanti

Daun mangga memang tidak sepopuler buahnya, yang dikenal manis. Meski begitu, ternyata daun mangga menyimpan segudang manfaat kesehatan yang selama ini tidak banyak diketahui orang.

Untuk mengetahui lebih jelasnya tentang manfaat daun mangga, baca terus informasinya di bawah ini.

1. Menjaga Kesehatan Kulit

Siapa sangka kalau ternyata daun memiliki komponen antioksidan yang dapat menghammbat tanda penuaan seperti kulit keriput. Sayangnya, hal ini masih belum ada bukti kuat guna membuktikan manfaat daun mangga untuk wajah.

Akan tetapi, mangiferin yang dikandung daun mangga terbukti ampuh membantu proses penyembuhan psoriasis. Kali ini, riset tersebut dilakukan pada kulit manusia, sehingga lebih tepercaya.

2. Mengatasi Diabetes

Ini dia salah satu manfaat daun mangga yang dipercaya oleh beberapa orang. Yaps, sebagai obat tradisional untuk mengatasi diabetes. Hal ini dikarenakan daun mangga yang masih muda mengandung senyawa tanin yang disebut anthocyanidins, kandungan tersebutlah yang bisa membantu dalam mengobati gejala awal diabetes.

Untuk memanfaatkan daun mangga sebagai obat diabetes, kamu bisa mengeringkan daun mangga dan menumbuknya menjadi bubuk, lalu buatlah minuman dari bubuk tersebut atau merendamnya semalam kemudian menyaringnya pada pagi hari untuk diminum airnya.

3 dari 5 halaman

3. Mengobati Batu Ginjal

Ilustrasi Batu GinjalIlustrasi Batu Ginjal © medicalnewstoday.com

Bagi kamu yang memiliki batu ginjal dan ingin mengobatinya, maka cobalah dengan daun mangga. Yaps, manfaat daun mangga yang satu ini ini bisa membantu kamu mengurangi batu Ginjal.

Caranya, daun mangga tersebut dikeringkan dan ditumbuk, kemudian diseduh dengan air hangat. Campuran ini dipercaya bisa menghancurkan dan membuang batu empedu serta batu ginjal dari dalam tubuh.

4. Mencegah Kanker

Selain mengobati batu ginjal, ternyata manfaat daun mangga yang lainnya adalah untuk mencegah kanker. Hal ini dikarenakan kandungan mangiferin yang dimiliki oleh daun mangga yang dipercaya ampuh melawan peradangan dan stres oksidatif.

Bahkan, studi tabung membuktikan kalau daun mangga efektif dalam meringankan leukimia, kanker otak, kanker payudara, kanker paru-paru, hingga kanker prostat.

Namun, penelitian tersebut masih berlanjut dan belum memiliki kesimpulan. Sehingga, masih dibutuhkan bukti yang lebih kuat lagi.

5. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat daun mangga untuk kesehatan yang berikutnya adalah mampu menurunkan tekanan darah tinggi lantaran memiliki sifat hipotensi. Hal ini telah dijelaskan dalam sebuah penelitian di Journal of Hospital Medicine Mesir, bahwa mengonsumsi daun mangga akan membantu memperkuat pembuluh darah sehingga membuat kamu terbebas dari penyakit varises.

4 dari 5 halaman

6. Obat Asma

Ilustrasi AsmaIlustrasi Asma © pinterest.com/Sheyl

Salah satu manfaat mengejutkan dari daun mangga yaitu bisa obati asma. Daun mangga ternyata dapat mengatasi beberapa penyakit pada saluran pernapasan seperti pilek atau flu, bronkitis dan asma.

Nah, untuk mengobatinya cukup dengan cara merebus daun mangga, lalu tambahkan sedikit madu kemudian minumlah air rebusan daun mangga tersebut. Dengan begitu, kamu akan terbebas dari gangguan pada saluran pernapasan.

7. Meningkatkan Kesehatan Perut

Ternyata, manfaat daun mangga juga dapat meningkatkan kesehatan perut lho, DiaZens. Pasalnya, daun mangga memiliki sifat gastroprotektif yang melindungi perut kamu dari berbagai penyakit lambung.

Caranya cukup mudah, yakni dengan menambahkan beberapa lembar daun mangga ke dalam air hangat lalu diamkan selama satu malam. Paginya, saring daunnya dan minumlah air rebusan tersebut.

5 dari 5 halaman

8. Mencegah penyakit Alzheimer

Ilustrasi Penyakit AlzheimerIlustrasi Penyakit Alzheimer © healthline.com

Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa daun manggan memiliki kandungan mangiferin yang ternyata memiliki sifat antiinflamasi pada otak. Sehingga, manfaat daun mangga dipercaya bisa mencegah penyakit Alzheimer.

Sayangnya, untuk memperlihatkan bahwa daun mangga bisa menjaga kesehatan otak dari penyakit Alzheimer atau Parkinson ini masih dilakukan pada hewan uji. Jadi, konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu untuk khasiat daun mangga yang satu ini.

9. Mencegah Kegelisahan

Manfaat daun mangga yang terakhir adalah ampuh mencegah kegelisahan karena kecemasan terhadap sesuatu. Untuk mendapatkan khasiatnya, campurkan beberapa helai daun mangga ke bak mandi lalu gunakan air rendaman tersebut untuk mandi.

Dengan begitu, piiran mu akan menjadi lebih segar dan menghilangkan ketegangan pada tubuh. Gimana, apa kamu mau mencoba?

Itulah beberapa manfaat daun mangga untuk kesehatan dan wajah yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat, ya!

Join Diadona.id