9 Manfaat Vitamin A bagi Tubuh yang Tak Hanya Untuk Kesehatan Mata

Health | Rabu, 10 Maret 2021 13:16

Reporter : Novi Hardita Larasati

Selama ini manfaat vitamin A yang paling banyak diketahui adalah untuk kesehatan mata, padahal Vitamin A juga memiliki khasiat lain untuk tubuh.

Seperti yang diketahui, manfaat Vitamin A bagi tubuh sangat penting untuk menunjang kesehatan. Sebab, vitamin A merupakan vitamin yang bisa dengan mudah ditemukan pada sayur, daging, dan buah.

Oleh sebab itu, alangkah baiknya kamu selalu menjaga menu makanan yang sehat supaya kebutuhan vitamin A tercukupi. Sebab, kalau sampai tubuh kekurangan vitamin, nantinya bisa menimbulkan sejumlah masalah.

Nah, untuk mengetahi lebih lanjut mengetahi manfaat vitamin A bagi tubuh, langsung saja simak ulasan berikut ini yang telah dilansir dari berbagai sumber.

9 Manfaat Vitamin A bagi Tubuh yang Tak Hanya Untuk Kesehatan Mata
2 dari 5 halaman

Manfaat Vitamin A untuk Tubuh

Manfaat Vitamin AManfaat Vitamin A © pexels.com/@hanamara

Sebelum lebih membahas lebih jauh tentang manfaat vitamin A, kami akan menjelaskan sedikit apa itu vitamin A. Vitamin A ialah salah satu zat yang larut lemak. Berdasarkan bentuknya, vitamin A ini dibagi menjadi dua, yaitu preformed vitamin A (retinol) serta provitamin A (karoten).

Dengan mengetahui devinisi dari vitamin A, berikut segudang manfaat vitamin A yang baik bagi kesehatan tubuh.

1. Memperkuat Sistem Imun

Mungkin selama ini kamu mengetahui manfaat vitamin A hanya untuk kesehatan mata. Padahal, vitamin A juga berfungsi untuk meningkatkan aktivitas sel darah putih yang berguna dalam menangkal infeksi bakteri.

Sehingga, dengan asupan vitamin A yang cukup, maka tubuh bisa menjalankan perlindungan ganda pada tubuh, di mana tidak hanya melawan infeksi yang sudah terjadi namun juga mencegah masuknya bakteri ke dalam tubuh.

2. Mengurangi Risiko Kanker

Manfaat vitamin A untuk tubuh yang kedua adalah memainkan peran penting dalam pertumbuhan dan perkembangan sel tubuh, termasuk dalam sel yang terjangkit kanker.

Ya, seperti yang diketahui, kanker merupakan salah satu penyakit yang paling serius. Bahkan, pada tahun 2018, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat terdapat 9,6 persen kasus kematian karena kanker dari 18,1 juta kasus kanker di dunia.

Selain itu, menurut para ilmuwan tersebut, mengonsumsi vitamin A dalam bentuk beta-karoten dengan jumlah yang lebih tinggi ternyata bisa menurunkan risiko jenis kanker tertentu, seperti kanker paru-paru, kandung kemih, dan serviks.

3 dari 5 halaman

3. Membantu Menjaga Kehamilan

Ilustrasi HamilIlustrasi Hamil © Anna Pritchard/unsplash.com

Manfaat vitamin A lainnya yang nggak kalah penting yaitu mampu meningkatkan kesehatan sistem reproduksi pria dan wanita. Menariknya lagi, vitamin yang tergolong larut lemak ini juga baik dalam menunjang perkembangan embrio selama masa kehamilan, lho.

Namun, untuk fungsi vitamin A pada ibu hamil ini harus berdasarkan jumlah asupan yang sesuai. Sebab, jika mengonsumsi vitamin A secara berlebihan bisa berbahaya pada wanita hamil, salah satunya akan mengakibatkan bayi cacat lahir.

4. Membantu Menjaga Kehamilan

Manfaat vitamin A lainnya yang nggak kalah penting yaitu mampu meningkatkan kesehatan sistem reproduksi pria dan wanita. Menariknya lagi, vitamin yang tergolong larut lemak ini juga baik dalam menunjang perkembangan embrio selama masa kehamilan, lho.

Namun, untuk fungsi vitamin A pada ibu hamil ini harus berdasarkan jumlah asupan yang sesuai. Sebab, jika mengonsumsi vitamin A secara berlebihan bisa berbahaya pada wanita hamil, salah satunya akan mengakibatkan bayi cacat lahir.

4 dari 5 halaman

5. Mencegah Jerawat

Ilustrasi JerawatIlustrasi Jerawat © 2019 https://www.diadona.id/@womensbyte

Ini dia salah satu manfaat vitamin A untuk kulit yang gak boleh dilewatkan para perempuan yang memiliki masalah kulit wajah, yakni jerawat. Ternyata salah satu penyebbab munculnya jerawat ini karena kekurangan vitamin A.

Bahkan, dalam sebuah penelitian, dikatakan apabila kurangnya vitamin A pada tubuh akan menyebabkan produksi protein keratin yang berlebihan pada folikel rambut di kulit. Kondisi ini akan meningkatkan risiko bertumbuhnya jerawat karena bisa menyumbat pori-pori serta menghambat regenerasi sel kulit yang sudah mati.

6. Mencegah Campak

Selain untuk mengurangi risiko kanker, ternyata manfaat vitamin A juga berpengaruh dalam menurunkan kondisi keparahan pada penyakit campak, lho. Ya, mengonsumsi suplemen vitamin A dalam dosis tinggi, efek demam serta diare pada anak-anak yang terkena campak bisa berkurang.

Bahkan, suplemen vitamin A pun berpengaruh dalam menurunkan risiko kematian akibat campak pada anak-anak di negara berkembang yang biasanya kekurangan vitamin A di asupan makanannya.

7. Mencegah Penuaan Dini

Ohiya DiaZens, manfaat vitamin A untuk kulit juga bisa membantu kamu dalam mencegah penuaan dini. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan yang terdapat di dalam vitamin A. Sehingga, vitamin A yang ada di dalam tubuh akan membantu melakukan regenerasi sel-sel kulit supaya sel-sel kulit yang telah mati bisa segara terlepas serta terbuang untuk diganti dengan sel-sel kulit baru. S

Menariknya lagi, vitamin A juga membantu untuk meningkatkan produksi kolagen pada kulit, lho. Dengan begitu, konsumsi vitamin A secara cukup dan baik bisa menjadi cara efektif dalam mencegah penuaan dini.

5 dari 5 halaman

8. Menjaga Kesehatan Tulang

Ilustrasi OsteoporisisIlustrasi Osteoporisis © Shutterstock

Makanan yang menjadi sumber vitamin A ternyata sangat dibutuhkan tulang untuk pertumbuhan serta perkembangan yang stabil. Bahkan, menurut penelitian yang bertajuk The Effect of Vitamin A on Fracture Risk: A Meta-Analysis of Cohort Studies, menyebutkan bahwa orang yang jarang mengonsumsi vitamin A justru lebih berisiko mengalami kerapuhan tulang daripada orang yang sering mengonsumsinya.

9. Menjaga Sistem Reproduksi

Bagi pasangan suami istri yang ingin merencanakan memiliki anak, maka sangat dianjurkan untuk mencukupi kebutuhan vitamin A harian. Sebab, manfaat vitamin A salah satunya bisa meningkatkan kesuburan.

Nah, kebutuhan vitamin A ini bisa kamu peroleh dari makanan yang banyak mengandung vitamin A seperti bayam, wortel, susu, margarin, ikan, daging sapi, dan lainnya.

Itulah beberapa manfaat vitamin A bagi tubuh yang perlu kamu ketahui. Meski memiliki segudang khasiat, namun kamu tetap selalu konsultasikan dengan dokter untuk memahami lebih jauh. Semoga bermanfaat!

Join Diadona.id