9 Obat Penyakit Asma Herbal, Alami dan Tradisional

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Jumat, 19 Maret 2021 18:04
9 Obat Penyakit Asma Herbal, Alami dan Tradisional
Obat penyakit asma meliputi penggunaan bahan alami yang bisa meringankan peradangan dan juga latihan meredakan stres untuk mencegah kambuhnya asma

Obat penyakit asma hingga kini memang belum ditemukan. Namun bukan berarti penderitanya nggak bisa sembuh lho. Beberapa dokter mengklaim kalau perawatan asma penting untuk mencegah kekambuhan penyakit dan mengendalikan gejalanya.

Dan obat penyakit asma jenis herbal, tradisional atau perawatan lainnya punya potensi yang bagus banget dalam mengontrol gejala dan secara umum bisa meningkatkan kualitas hidup penderitanya.

Meski begitu, harus tetap diingat kalau obat penyakit asma tradisional dan alami ini masih memerlukan banyak penelitian ilmiah. Ditambah, obat alami tak selalu tanpa efek samping lho.

Dikutip dari Medical News Today, asma merupakan penyakit di mana terjadi peradangan saluran udara di paru-paru. Penyebabnya bisa beragam, mulai dari makanan, alergi, lingkungan sampai olahraga.

1 dari 3 halaman

Obat Herbal Penyakit Asma

Obat Penyakit Asma © Diadona

Healthline telah merangkum beberapa bahan alami dan perawatan yang bisa dimanfaatkan sebagai obat penyakit asma dalam bentuk herbal. Diantaranya:

Kunyit

Zat kurkumin oada kunyit sering disebut punya manfaat tinggi pada kesehatan. Kurkumin yang bertanggung jawab sebagai pemberi warna kuning ampuh untuk mengurangi peradangan. Peneliti membuktikan kalau kapsul kurkumin bisa membantu mengurangi penyumbatan saluran napas dan bisa dimanfatkan unuk

Sebagai obat penyakit asma, kunyit mampu mengurangi penyumbatan saluran napas dan dapat menjadi pengobatan pelengkap penyakit ini. Namun sayangnya klaim kunyit untuk obat asma hanya didasarkan pada satu penelitian kecil sehingga masih harus banyak dikaji lagi.

Gingseng dan Bawang Putih

Sama halnya dengan kunyit, gingseng merupakan tumbuhan yang dikenal dengan ragam manfaatnya. Begitu juga dengan bawang putih yang punya manfaat kesehatan signifikan.

Penelitian yang pernah dilakukan memberikan hasil bahwa penggunaan ginseng dan bawang putih bisa mengurangi asma  pada paru-paru tikus. Terjadi penurunan gejala dan peradangan dibandingkan dengan kelompok penelitian lainnya.

Lalu apakah itu berarti kedua bahan tersebut efektif sebagai obat penyakit asma? Tunggu dulu. Untuk disebut sebagai obat, suatu bahan haru smemenuhi kajian yang dalam. Gingseng dan bawang putih bisa jadi obat penyakit asma tradisional dan herbal namun efektivitasnya bisa berbeda setiap orang, begitu pulang efek sampingya.

2 dari 3 halaman

Obat Tradisional Penyakit Asma

Penggunaan obat tradisional untuk meringankan sesaknya asma ini tak ada salahanya dicoba. Tapi, jangan berlebihan ya!

Jintan Hitam atau Habatussauda

Siapa yang tak pernah mendengar habatussauda atau jintan hitam dengan segudang manfaatnya untuk kesehatan? Dan satu penelitian membuktikan kalau habatussauda ini bisa digunakan sebagai obat penyakit asma karena membantu mengurngi gejala, peradangan serta fungsi saluranp napas. Tapi lagi-lagi ini masih membutuhkan banyak penelitian.

Madu

Bahan satu ini nggak pernah absen dalam perawatan kesehatan ya. Sebagai obat penyakit asma, madu bisa membauts alura udara jadi lancar dan mengurangi gatal. Konsumsi dua sendok madu di malam hari sebelum tidur juga ampuh banget untuk meredakan tenggorokan dan mengurangui batuk.

Pada hewan percobaan kelinci, madu udah terbukti ampuh sebagai obat penyakit asma. Namun untuk aplikasinya pada manusia sebagai obat penyakit asma, ini masih perlu dikaji lagi. Madu bisa digunakan sebagai pendamping obat dokter sekaligus vitamin.

3 dari 3 halaman

Obat Alami Penyakit Asma

Obat Penyakit Asma © Diadona

Tak sekedar penggunaan bahan-baha, obat penyakit asma juga bsia datang dari perubahan gaya hidup dan aktivitas tertentu.

Merubah Pola Makan

Apa hubunganya? Penelitian menyebut kalau penampbahan berat badan bikin gejala asma makin parah. Maka dengan menjaga berat badan tetap ideal melalui makan sehat yang seimbang, bisa memabntu mengurangi keparahan gejala dan intensitas kekambuhan. Selain itu konsumsi vitamin C dan E juga penting buat mengurangi peradangan di sekitar saluran pernapasan.

Kafein

Kafein efektif untuk mengurangi gejala asma karena sifatnya sebagai bronkodilator dan dapat mengurangi kelelahan otot pernafasan. Efek kafein ini bisa bertahan sampai 4 jam setelah dikonsumsi.

Melatih Fokus

dilakukan dengan meditasi untuk memfokuskan pikiran dan tubuh. Bila dilatih terus, latihan ini bisa menghilangkan stres sehingga bisa membantu saat gejala asma datang karena serangan stress.

Yoga

Yoga adalah gabungan latihan peregangan dan pernapasan untuk membantu meningkatkan fleksibilitas dan kebugaran secara keseluruhan. Yoga memang bukan obat penyakit asma, melainkan bisa mengurangi stress yang bisa memicu kambuhnya penyakit tersbeut.

Dalam yoga, teknik pernapasan yang digunakan bisa membantu mengurangi frekuensi serangan asma. Tapi ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut ya!

Minyak Omega 3

Kebanyakan obat penyakit asma alami dan tardisional bekerja dengan mengurangi peradangan, dan minyak omega 3 salah satunya. Bahan ini juga meningkatkan fungsi paru-paru pada penderita asma yang udah parah.

Deretan obat penyakit asma berikut masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Dalam penggunaannya, jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter ya!

Beri Komentar