9 Penyebab Osteoporosis pada Wanita, Cegah yuk!

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 4 Agustus 2020 15:40
9 Penyebab Osteoporosis pada Wanita, Cegah yuk!
Wanta rentan terkena penyakit pengeroposan tulang ini. Kenali yuk apa saja penyebab osteoporosis biar bisa gendong cucu sampai tua!

Tulang manusia memang kuat dan keras banget, tapi di dalamnya meraka adalah sesuatu yang rapuh. Eh, gimana? Sebenarnya tulang terdiri dari jaringan hidup yang terus menerus rusak dan terbentuk kembali.

Seiring dengan bertambahnya usia, tulang mungkin bakalan lebih cepat rusak ketimbang proses perbaikannya lagi. Akibatnya, tulang jadi berlubang dan lebih rapuh. Nah, inilah penyebab osteoporosis secara umum.

1 dari 3 halaman

Penyebab Penyakit Osteoporosis

Penyebab Osteoporosis © Diadona

Kalau penyebab osteoporosis secara umum adalah rapuhnya tulang, maka apa saja yang membuat hal tersebut bisa terjadi akan diurai dalam penjelasan berikut:

Steroid

Steroid (kortikosteroid) digunakan untuk mengobati sejumlah kondisi peradangan termasuk rheumatoid arthritis. Steroid ini dapat mempengaruhi produksi tulang dengan mengurangi jumlah kalsium yang diserap dari usus dan meningkatkan hilangnya kalsium melalui ginjal.

Karena bisa jadi penyebab osteoporosis, konsumsi steroid selama tiga bulan biasanya diimbang dengan pemberian kablet kalsium dan vitamin D.

Kurangnya Estrogen dalam Tubuh

Kalau kamu mengalami menopause dini, yakni di bawah umur 45 tahun, atau histerektomi di mana satu atau kedua ovarium diangkat, maka hal ini bisa jadi penyebab osteoporosis.

Mengapa?

Ini karena kedua hal tersebut bisa menyebabkan produksi estrogen tubuh berkurang secara dramatis, sehingga proses pengeroposan tulang akan semakin cepat.

Kurang Olahraga Angkat Beban

Olahraga bakalan mendorong pertumbuhan dan perkembangan tulang. Berarti kalau kurang olahraga maka tubuh bakalan berisiiko lebih kehilangan kalsium dari tulang, dan mungkin banget jadi penyebab osteoporosis.

Kesehatan tulang dan otot juga saling terkait, maka penting juga buat menjaga kekuatan otot.

Tapi, wanita yang berolahraga terlalu banyak sampai haid berhenti justru malah jadi penyebab osteoporosis lho. Ini karena kadar estrogen mereka malah berkurang.

Pola Makan Tak Seimbang

Kalau makanan kamu nggak mengandung cukup kalsium atau vitamin D, atau tubuh kamu terlalu kurus, maka ini bisa jadi penyebab osteoporosis.

Perokok Berat

Tembakau secara langsung beracun bagi tulang. Bila ini terjadi pada wanita, maka bsia menurunkan tingkat ingkat estrogen dan dapat menyebabkan menopause dini. Pada pria, merokok menurunkan aktivitas testosteron dan ini juga bisa melemahkan tulang.

Minum Alkohol Berlebihan

Alkohol bisa mengurangi kemampuan tubuh dalam pembentukan tulang. Ini juga meningkatkan risiko patah tulang akibat terjatuh. Pada akhirnya, konsumsi alkohol berkontribusi sebagai penyebab osteoporosis.

Riwayat Keluarga

Osteoporisis sebenarnya menurun dalam keluarga, karena mungkin ada faktor-faktor keturunan yang mempengaruhi perkembangan tulang.
Osteoporisis sebenarnya menurun dalam keluarga, karena mungkin ada faktor-faktor keturunan yang mempengaruhi perkembangan tulang.

2 dari 3 halaman

Penyebab Terjadinya Osteoporosis dan Gejalanya

Penyebab Osteoporosis © Diadona

Selain perubahan kepadatan tulang, osteoporosis ini biasanya nggak menyebabkan banyak gejala awal. Untuk mendeteksi secara pasti gejala osteoporosis, sebaiknya emang harus datang ke dokter untuk melakukan pemeriksaan, terlebih kalau salah satu keluarga punya riwayat osteoporosis.

Nah, saat kemudian kondisi tulang sudah mulai memburuk secara signifikan, gejala osteoporosis yang muncul bisa seperti:

Faktur atau Patah Tulang karena Jatuh

Patah tulang bisa menjadi gejala osteoporosis, dan tanda paling umum dari kondisi tulang yang rapuh.

Nyeri Punggung atau Leher

Tulang yang patah bisa mencubit saraf dari sumsum tulang belakang. Akibatnya, muncul nyeri yang bisa aja ringan hingga berat.

Postur Bungkuk

Kompresi tulang belakang bisa menyebabkan postur yang melengkung pada punggung bagian atas. Lalu badan penderita bakalan terlihat bungkuk.

Kehilangan Tinggi Badan

Kamu mungkin sering melihat bahwa orang yang lebih tua biasanya terlihat lebih pendek ketimbang saat muda dulu. ini sebenarnya merupakan gejala osteoporosis karena kompresi fraktur pada tulang belakang bisa menyebabkan hilangnya tinggi badan.

Pencgahannya osteoporisis bisa dilakukan dengan 

  • Makan makanan yang kaya kalsium dan vitamin D
  • Olahraga teratur
  • Nggak minum alkohol
  • Tidak merokok
  • Bila perlu, minum suplemen osteoporosis

3 dari 3 halaman

Penyebab Osteoporosis pada Wanita

Penyebab Osteoporosis © Diadona

Dibandingkan pria, wanita oebih cenderung rentan terkena osteoporosis. Faktanya, sekitar satu dari dua wanita di atas usia 50 akan mematahkan tulang karena osteoporosis. Selain itu, sisiko seorang wanita mengalami patah pinggul sama dengan risiko terhadap kanker payudara, rahim, dan indung telur digabung jadi satu.

Ada beberapa penyebab osteoporosis pada wanita, antara lain:

  • Wanita cenderung punya tulang yang lebih kecil dan lebih tipis daripada pria.
  • Estrogen, hormon pada wanita yang melindungi tulang, menurun tajam ketika menopause, yang bisa jadi penyebab osteoporosis. Inilah kenapa risiko terkena osteoporosis ini meningkat setelah menopause.

Penyebab osteoporosis ada yang bisa dicegah atau enggak. Yang penting, banyak konsumsi kalsium dan jaga kesehatan untuk menghindari osteoporosis di hari tua ya!

Beri Komentar