9 Pertanda Orang Mau Meninggal menurut Kristen dan Al-Quran

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Sabtu, 4 Juli 2020 05:25
9 Pertanda Orang Mau Meninggal menurut Kristen dan Al-Quran
Mereka yang mau meninggal biasanya memberikan pertanda..

Ciri-ciri mau meninggal yang sedang kamu baca ini mungkin akan mempersiapkan kamu menghadapi kepergian orang yang tersayang. Berat memang, dan nggak akan bisa mengurangi rasa sakit yang bakalan kamu rasakan.

Dikutip dari laman Very Well Health, proses kematian sendiri sebenarnya dimulai jauh sebelum kematian sebenarnya terjadi. Ada perubahan yang terjadi secara fisik, perilaku, dan psikologis dalam perjalanan menuju kematian, yang merupakan tanda bahwa akhir kehidupan mungkin sudah dekat.

Ini nggak akan mudah. Menulis ciri-ciri orang mau meninggal ini sama dengan memberi tahu bahwa mungkin kepergiannya sudah dekat. Dan memang, kematian seseorang bisa datang dari mana saja.

Tapi khusus di tulisan ini hanya akan berfokus pada bagamana kondisi orang mau meninggal berdasarkan kondisi medis atau hal lain yang bersifat ilmiah.

1 dari 4 halaman

Ciri-Ciri Orang Mau Meninggal

Orang Mau Meninggal © Diadona

Gimana tanda orang mau meninggal yang Diadona ulas kali ini lebih terkait pada melemahnya fisik akibat penyakit parah, yang bisa menjadi penyebab kematian.

Perubahan Tanda-Tanda Vital

Ada beberapa ciri-ciri mau meninggal terkait dengan perubahan organ dalam tubuh, diantaranya:

  • Penurunan tekanan darah
  • Perubahan nafas
  • Detak Jantung tidak teratur
  • Detak jantung sulit terdeteksi
  • Urin berwarna coklat, di mana saat orang mau meninggal mengalami tanda ini, berarti udah terjadi adanya kegagalan pada ginjal.

Jarang ke Toilet

Saat seseorang lemah, maka dia akan makan dan minum lebih sedikit. Akibatnya, ciri-ciri orang mau meninggal juga akan bisa terlihat dari intensitas mereka ke toilet.

Suhu Tubuh Menurun

Sehari sebelum meninggal, sirkulasi darah berkurang dan cuman berfokus pada organ internal. Artinya, dalam waktu tersebut, cuman sedikti darah yang mengalir di tangan atau kaki.

Oleh karena itu, penurunan suhu tubuh bisa dikelompokkan sebagai ciri-ciri orang mau meninggal. Kulit orang yang sekarat akan terasa dingin saat disentuh.

Bingung

Saat seseorang sekarat, maka otaknya bisa menjadi sangat aktif. Sayangnya, sering terjadi kebingungan atau tidak koheren. Mereka mungkin akan linglung dan pikun.

Saat ciri-ciri orang mau meninggal ini muncul, maka orang yang sedang menemaninya harus terus bersabar mengajaknya berbicara dan menjelaskan apa yang terjadi di sekitar mereka.

Berubahnya Pernapasan

Mereka mengalami susah bernapas, bisa berupa perubahan kecepatan, terengah-engah, atau mungkin berhenti di sela-sela waktu bernapas,

Kalau ciri-ciri orang mau meninggal ini terlihat oleh orang lain, mungkin mereka mengira penderita sedang kesakitan.

Halusinasi

Ciri-ciri orang mau meninggal selanjutnya yakni adanya halusinasi. Ini bukan hal yang aneh dan nggak perlu dikhawatirkan. Dan yang terpenting yakni nggak perlu kok mengoreksi penglihatan yang menyimpang tersebut, karena justru akan membuat orang tersebut mengalami kebingungan.

2 dari 4 halaman

Tanda-Tanda Orang Mau Meninggal

Orang Mau Meninggal © Diadona

Saat sedang mengalami sakit keras dan dalam kondisi penurunan harapan hidup, ada beberapa ciri-ciri oran mau meninggal yang mungkin muncul.

Lebih Banyak Tidur

Saat seseorang berada dalam kondisi medis serius, mereka bakalan tidur lebih banyak. Ini bisa juga jadi ciri-ciri orang mau meninggal. Mengapa? Saat mereka lebih banyak tidur, artinya karena metabolisme tubuh yang lemah. Akibatnya, mereka kekurangan energi.

Menarik Diri dari Lingkungan

Bukan berarti mereka menyadari kalau mereka mau meninggal. Ciri-ciri orang mau meninggal ini muncul karena energi mereka yang berkurang dan semakin lemah, dan membuat mereka nggak terlalu ingin menghabiskan waktu dengan banyak orang seperti dulu.

Nafsu Makan Berkurang

Seseorang bisa memunculkan ciri-ciri orang mau meninggal ini karena tubuhnya yang kurang aktif, sehingga energi yang dibutuhkan lebih sedikit.

3 dari 4 halaman

Tanda - Tanda Orang Mau Meninggal Menurut Kristen

Orang Mau Meninggal © Diadona

Melansir situs Tuhan Yesus.org, pada 1 Tesalonika 4:13, Paulus berkata pada jemaat Korintus, bahwa “ Selanjutnya kami tidak mau, saudara-saudara, bahwa kamu tidak mengetahui tentang mereka yang meninggal, supaya kamu jangan berdukacita seperti orang-orang lain yang tidak mempunyai pengharapan.” 

Artinya, dalam agama Kristen, Alkitab nggak pernah ngasih tau  bagaimana tanda bahwa orang mau meninggal. Allah mau manusia hidup dengan penuh pengharapan bahwa masih ada hari esok.

4 dari 4 halaman

Tanda-Tanda Orang Mau Meninggal Menurut Al-Quran

Orang Mau Meninggal © Diadona

Dalam Islam, kematian adalah putusnya kehidupan duniawi dan dimulainya kehidupan di akhirat. Mengutip QS. Al-Imran:185, kematian merupakan sesuatu yang mutlak terjadi pada yang bernyawa. Terkadang memang muncul fitrasat dari orang terdekat, yang sering dianggap sebagai ciri-ciri kematian. Namun, bisakah dipercaya?

Hasil pencarian di google mengenai tanda-tanda kematian dalam Islam tidak memiliki landasan yang jelas, baik dari Al-Qur'an maupun Hadist.

Dari QS. Luqman ayat 34 jug disebutkan bahwa:

“ Tiada seorangpun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan diusahakannya besok. Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha mengetahui dengan detail.”

Mengetahui ciri-ciri mau orang meninggal juga nggak akan bisa membuat seseorang terbebas darinya, seperti yang tertulis dalam QS. An Nisa' 78.

" Di mana saja kamu berada, kematian akan mendapatkan kamu, kendatipun kamu di dalam benteng yang tinggi lagi kokoh.” QS An Nisa’ 78.

Mungkin banyak banget firasat atau pertanda berdasarkan yang ditunjukkan orang mau meninggal, yang terlihat oleh keluarganya. Namun banyak jguga diantara mereka yang pergi tanpa meninggalkan tanda apa-apa.

Beri Komentar