Ada Orang yang Takut Buat Tidur! Kok Bisa Ya?

Health | Selasa, 7 September 2021 08:27

Reporter : M. A. Adam Ramadhan

Mikirin tidur aja langsung cemas gitu.

Tidur merupakan hal yang begitu penting. Dengan tidur, kita mengistirahatkan tubuh kita dan juga pikiran kita. Makanya, begadang sangat tidak disarankan, bukan? Semakin dewasa, banyak orang yang pengin sekali mempunyai tidur yang berkualitas, tidak tidur terlalu malam misalnya.

Ada Orang yang Takut Buat Tidur! Kok Bisa Ya?
2 dari 5 halaman

Ilustrasi Wanita Takut TidurIlustrasi Wanita Takut Tidur © Shutterstock

Namun, ternyata justru ada orang yang takut untuk pergi tidur nih, guys. Sebutan orang dengan ini disebut dengan Somniphobia, melansir dari Healthline.com, dikenal juga dengan hypnohobia, clinophobia, alias kecemasan atau ketakutan untuk tidur. Seperti halnya phobia lainnya, somniphobia juga pasti menganggu kehidupan sehari-hari.

Orang dengan somniphobia memilki rasa takut ketika berpikir untuk tidur. Memikirkan tidur bakal membuatmu sedih dan menderita. Kebanyakan kasus orang dengan somniphobia berasal dari ketakutan untuk tidur itu sendiri daripada ketakutan akan apa yang mungkin terjadi saat tertidur.

 

3 dari 5 halaman

Gejala orang dengan somniphobia secara mental akan takut dan cemas saat berpikir untuk tidur. Saat mendekati waktu tiu akan ribet dan susah. Sehingga bis menghindari tidur dan malah begadang selama mungkin. Bahkan saat tiba waktu tidur, serangan panik bisa terjadi.

Secara fisik, orang dengan somniphobia bisa mual jika terpikir dan cemas terus-menerus tentang tidur. Bahkan detak jantung bisa meningkat hingga sesak di dada. Berkeringat, kedingan, dan hiperventilasi juga bisa terjadi.

 

4 dari 5 halaman

Ilustrasi Wanita Takut TidurIlustrasi Wanita Takut Tidur © Shutterstock

Orang dengan somniphobia memang takut untuk tidur, namun bukan berarti mereka pasti tidak akan tidur. Orang dengan phobia ini pasti tidur, namun mungkin hanya untuk beberapa waktu, sehingga tidak nyenyak. Ia bakan mungkin banget untuk sering terbangun dan sulit tidur lagi, dan malah panik.

Penyebab orang dengan somniphobia belum bisa dipastikan, bahkan oleh para ahli sekalipun. Namun terdapat beberapa gangguan tidur yang bisa berperan dengan perkembangan phobia ini, yaitu kelumpuhan tidur saat terbangun dari tidur REm dengan otot-otot yang sedang lumpuh, sehingga sulit bergerak. Bisa juga karena gangguan mimpi buruk yang berulang-ulang sehingga muncul khawatir bakal terjadi mimpi buruk lagi sehingga takut untuk tidur.

 

Join Diadona.id