Adopsi Spirit Doll jadi Trend, Ternyata Boneka Bisa jadi Terapi Kesehatan Mental

Reporter : Mila
Selasa, 4 Januari 2022 07:57
Adopsi Spirit Doll jadi Trend, Ternyata Boneka Bisa jadi Terapi Kesehatan Mental
Kok bisa sih?

Belakangan ini, publik tengah dihebohkan dengan tren boneka arwah atau spirit doll di kalangan para selebriti Tanah.

Ternyata 'bayi' tersebut adalah boneka yang diyakini Ivan Gunawan hidup dan akan tumbuh besar. Ivan Gunawan pun merawat Miracle Putra Gunawan dan Marvelous Putra Gunawan layaknya anak bayi manusia.

Tak hanya Ivan Gunawan, ternyata beberapa selebriti Tanah Air lain juga telah mengadopsi dan memiliki spirit doll. Di antaranya Sarwendah, Celine Evangelista, Nora Alexandra, dan Soimah.

1 dari 4 halaman

Fenomena ini ternyata tidak hanya terjadi di Indonesia. Di New York, juga muncul fenomena serupa. Di luar negeri, boneka-boneka ini akrab disebut dengan reborn doll.

Menurut psikiater dari Rumah Sakit New York, Dr. Gail Saltz, perilaku tersebut bisa memberikan penangguhan hukuman bagi mereka yang menghadapi kehilangan, kesedihan, atau kecemasan.

2 dari 4 halaman

Biasanya orang-orang 'menumbuhkan' kenangan akan orang yang mereka cintai dengan cara mulai dari membuat album foto, mengunjungi kuburan hingga menyimpan seguci abu di atas perapian. Nah, mengadopsi bayi boneka yang realistis ini ternyata juga bisa jadi salah satu caranya.

Mengadopsi spirit doll dalam sebagian kasus juga sebagai sarana 'pelampiasan' masalah yang menyedihkan dalam hidup mereka.

3 dari 4 halaman

Bukannya para pemilik boneka ini mengira boneka itu adalah bayi sungguhan, tapi lebih kepada berpura-pura memiliki bayi sungguhan, untuk membahagiakan diri mereka sendiri dan dunia.

Seperti yang dijelaskan oleh Dr. Gail, pengalaman tersebut pun dirasakan oleh Barbara Smolinska yang juga memiliki Reborn Doll.

Mengutip CNN, Barbara Smolinska awalnya membeli boneka reborn untuk menjadi hadiah ulang tahun untuk putrinya. Tapi ketika melihatnya secara langsung, dia memutuskan untuk menyimpannya untuk dirinya sendiri.

“ Saya merasa sangat damai dan santai setiap kali saya menggendongnya,” kata Smolinska.

Dia mengatakan boneka itu telah membantunya dalam mengatasi stres dan mengatasi gangguan makan.

“ Ketika saya merasa lemah, saya hanya memegang boneka saya atau mengganti pakaiannya dan memotretnya, dan semua masalah dan perasaan buruk saya hilang. Ini sangat membantu,” ungkap Smolinska.

Beri Komentar