Agar Tidak Merusak Pendengaran, Ini Batas Waktu Maksimal Pakai Headset

Health | Selasa, 3 Agustus 2021 18:57

Reporter : Mila Ismiranda

Pemakaian headset yang terlalu lama bisa bahaya lho!

Di zaman sekarang smartphone adalah sebuah benda yang tidak bisa lepas dari tangan manusia. Hampir semua kebutuhan modern bisa dipenuhi benda tersebut. Pelengkap smartphone seperti headset atau earphone juga menjadi sesuatu umum dipakai.

Tak sedikit orang yang memakai headset dengan tujuan menikmati musik yang mereka suka. Biasanya telihat memakai headset saat melakukan perjalanan di transportasi umum, saat berolahraga, atau bahkan saat berkendara ke tempat kerja.

Agar Tidak Merusak Pendengaran, Ini Batas Waktu Maksimal Pakai Headset
2 dari 5 halaman

Dampak Pakai Headset atau Earphone

Mendengarkan musik dan menonton film dari laptop atau handphone dengan headset memang terasa menyenangkan dan lebih nyaman karena tidak menimbulkan suara yang mengganggu orang lain.

Tapi, kalau headset terlalu sering digunakan, apalagi jika volume suaranya terlalu keras, hal ini justru bisa merusak sel-sel saraf pendengaran. Ketika sel saraf ini rusak, telinga akan kesulitan atau bahkan tidak bisa menghantarkan rangsang suara menuju otak. Kondisi ini membuat kamu sulit untuk mendengarkan suara.

3 dari 5 halaman

Volume Normal Headset

Tingkat kebisingan suara ditentukan dalam satuan desibel. Suara percakapan normal umumnya memiliki tingkat kebisingan sektiar 60 desibel. Sementara itu, suara keras seperti bunyi mesin, suara di lokasi pembangunan gedung, atau musik rock bisa mencapai sekitar 100–120 desibel.

Perlu diketahui, telinga kita untuk suara setinggi itu hanya sanggup kontak selama sekitar 12 menit dalam satu minggu.

Untuk menjaga fungsi pendengaran, kamu disarankan untuk tidak terlalu sering mendengarkan suara bising atau nyaring. Batas tingkat kebisingan yang direkomendasikan adalah 85 desibel.

4 dari 5 halaman

Batas Waktu Maksimal Pakai Headset

Melansir Popular Science, WHO menganjurkan jangka waktu yang dibolehkan untuk seseorang mendengarkan earphone adalah satu jam setiap hari dengan besaran volume 60 persen saja.

Hal serupa juga disampaikan oleh Profesor Kathleen Campbell, ahli audiologi dari Southern Illinois University School of Medicine. Jika ingin pendengar tidak terganggu, penggunaan headset cukup 4 menit saja.

"Menggunakan earphone di dalam kondisi lingkungan yang berisik, orang cenderung memutar musik menggunakan earphone dengan volume yang lebih tinggi dari biasanya agar dapat terdengar oleh telinga. Kejadian tersebut dapat secara berkala merusak telinga kita jika terlalu sering dilakukan dengan durasi 4 menit" ujarnya.

Sementara, menurut dr Linda Herliana, SpTHT-KL, Mkes, batas pemakaian headset yang disarankan ratio 60 : 60. Artinya pemakaian tidak lebih dari 60 persen volume suara dan tidak lebih dari 60 menit setiap pemakaian.

5 dari 5 halaman

Akibat Pakai Headset Terlalu Lama

Terlalu sering menggunakan headset, terlebih dengan volume suara keras, bisa menimbulkan beberapa masalah kesehatan, di antaranya:

  • Tinnitus
    Tinnitus adalah kondisi ketika Anda mendengar suara berdengung. Menurut beberapa penelitian, kebiasaan mendengarkan musik menggunakan headset dengan volume suara tinggi selama 3 jam atau lebih dapat meningkatkan risiko terjadinya tinnitus.
  • Gangguan pendengaran
    Gangguan pendengaran juga bisa terjadi setelah terpapar suara keras, meskipun hanya dalam waktu singkat. Ketika mengalami gangguan pendengaran, kamu mungkin akan kesulitan atau bahkan tidak bisa mendengar suara secara normal.
  • Hilangnya pendengaran
    Efek samping sering pakai headset yang cukup berbahaya adalah kehilangan pendengaran. Kondisi ini biasanya terjadi secara bertahap dan terkadang baru terdeteksi melalui tes pendengaran. Jika sudah begitu, kamu mungkin akan membutuhkan alat bantu dengar untuk dapat berkomunikasi dengan orang lain atau mendengarkan suara.

Kalau kamu sendiri, berapa lama menggunakan headset setiap harinya? Apakah berlebihan atau sudah tepat?

Join Diadona.id