Akupuntur Terbukti Bermanfaat bagi Kesehatan, Bagaimana Jarum Bisa Menyembuhkan Penyakit?

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Kamis, 15 Oktober 2020 11:25
Akupuntur Terbukti Bermanfaat bagi Kesehatan, Bagaimana Jarum Bisa Menyembuhkan Penyakit?
Seberapa efektif sih teknik pengobatan ini?

Akupuntur merupakan teknik pengobatan tradisional berasal dari Cina atau dikenal Traditional China Medicine (TCM). Akupuntur dilakukan menggunakan teknik tusuk jarum dengan merangsang titik-titik tertentu pada tubuh dengan memasukkan jarum tipis ke dalam kulit. Teknik akupuntur diklaim dapat menyeimbangkan energi serta dapat menyembuhkan beberapa penyakit seperti sakit kepala, masalah tekanan darah, dan batuk.

Akupuntur dapat menyeimbangkan kembali keseimbangan antara "yin" dan "yang" dari kekuatan hidup yang disebut sebagai "chi". Tapi bagaimana sih dari teknik pengobatan akupuntur dengan jarum dapat menyembuhkan penyakit?

1 dari 2 halaman

Cara Kerja Jarum pada Akupuntur

Akupuntur © Diadona

Dilansir dari channel Youtube SB30 Health, tubuh memiliki mekanisme untuk mengalirkan darah & energi ke tempat yang membutuhkan darah/energi tersebut. Nah saat kita terluka atau mengalami trauma seperti keseleo, tubuh akan secara otomatis mengalirkan darah pada area tersebut.

Menurut Dr. Sung, terdapat beberapa kondisi yang membuat tubuh tak mengalirkan darah dan energinya pada daerah tersebut. Nah akupuntur memiliki prinsip memberikan aliran energi dan darah ke tempat yang mengalami gangguan tersebut.

Selain itu, tubuh nyatanya memiliki kurang lebih 360 titik meridian. Yang mana titik ini berhubungan dengan organ-organ tubuh.

Nah, ketika titik ini di tusuk atau di stimulasi, maka akan mengalirkan energi ke organ. Sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan.

2 dari 2 halaman

Manfaat Akupuntur

Ilustrasi Sakit Kepala © Diadona

Berbagai penelitian telah menunjukkan jika teknik akupuntur memang dapat efektif meredakan beberapa sakit dalam tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat akupuntur:

Nyeri punggung bawah

Sakit leher

Osteoartritis

Tekanan darah tinggi dan rendah

Mual dan muntah akibat kemoterapi

Penyakit yang berhubungan dengan lambung

Sakit wajah

Meningkatkan pemulihan kanker dan efek kemoterapi

Membantu mengatasi insomnia

Nah jadi jika kamu mengalami beberapa gangguan di atas, kamu dapat memilih akupuntur sebagai teknik pengobatannya. Selamat mencoba!

Beri Komentar