Apa yang Terjadi Jika Melakukan Seks Ketika Sedang Menstruasi? Ini Jawabannya

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Senin, 27 Januari 2020 17:36
Apa yang Terjadi Jika Melakukan Seks Ketika Sedang Menstruasi? Ini Jawabannya
Tidak perlu ragu, kamu benar-benar dapat melakukannya.

Selama masa reproduksi, wanita akan mendapatkan periode menstruasi sebulan sekali. Kecuali jika kamu sedang dalam suatu kondisi tertentu tentunya.

Namun ketika sedang masa menstruasi, kamu tidak perlu menghindari aktivitas seksual. Meskipun menstruasimu bisa sedikit 'berantakan',namun  tenang saja, hal ini aman. Selain itu, berhubungan seks ketika sedang menstruasi sebenarnya dapat memberikan beberapa keuntungan, termasuk menghilangkan kram menstruasi.

Dirangkum dari healthline.com (13/04), ini dia hal-hal yang dapat terjadi ketika melakukan hubungan seks pada saat menstruasi.

1 dari 5 halaman

1. Meredakan Kram

Ilustrasi Wanita © Diadona


Orgasme dapat meredakan kram menstruasi. Kram menstruasi diakibatkan karena rahim berkontraksi untuk melepaskan lapisannya. Ketika mengalami orgasme, otot-otot rahim juga berkontraksi, lalu dilepaskan. Pelepasan ini akan membawa perasaan lega dari rasa kram menstruasi.

Seks juga memicu pelepasan bahan kimia yang disebut endorfin, yang membuatmu merasa lebih baik. Selain itu, melakukan aktivitas seksual tentu akan memenuhi pikiranmu, yang mana hal ini dapat membantu menghilangkan ketidaknyamanan menstruasi.

2 dari 5 halaman

2. Periode yang lebih pendek

Ilustrasi Wanita Sedih © Diadona

Berhubungan seks dapat membuat menstruasi lebih pendek. Kontraksi otot selama orgasme mendorong keluar isi rahim lebih cepat. Hal ini dapat menghasilkan periode yang lebih singkat.

3 dari 5 halaman

3. Meningkatkan gairah seks

Ilustrasi Pasangan © Diadona


Libido wanita dapat berubah sepanjang siklus menstruasi, berkat fluktuasi hormon. Sementara banyak wanita mengatakan dorongan seks mereka meningkat selama ovulasi, yaitu sekitar dua minggu sebelum menstruasi, yang lain melaporkan merasa lebih terangsang selama menstruasi mereka.

4 dari 5 halaman

4. Pelumasan alami

Ilustrasi pasangan kontak mata © Diadona


Mungkin hal ini cukup mengejutkan. Namun, jika kamu melakukan seks pada saat menstruasi,  dapat menyimpan 'pelindung'mu dulu. Karena berdasar penelitian, darah dapat berguna sebagai pelumas alami.

5 dari 5 halaman

5. Meringankan sakit kepala

Ilustrasi Pasangan © Diadona


Sekitar setengah dari wanita dengan sakit kepala migrain selama menstruasi. Meskipun sebagian besar wanita dengan migrain menstruasi menghindari hubungan seks selama serangan mereka, namun banyak dari mereka yang melakukan hubungan seks mengatakan jika dengan berhubungan seks dapat meringankan sebagian atau sepenuhnya sakit kepala.