Apakah Lupa Ingatan Pada Lansia Pasti Terkena Alzheimer?

Health | Selasa, 3 Agustus 2021 07:27

Reporter : M. A. Adam Ramadhan

Kalau lupa ingatan pasti Alzheimer, atau gimana?

Ketika sudah lansia, salah satu penyakit yang sering hinggap adalah alzheimer. Memang, salah satu tanda seorang lansia terkena alzheimer adalah lupa ingatan. Namun apakah seorang lansia yang lupa ingatan pasti terkena alzheimer?

 

Apakah Lupa Ingatan Pada Lansia Pasti Terkena Alzheimer?
2 dari 6 halaman

Ilustrasi Lansia Lupa IngatanIlustrasi Lansia Lupa Ingatan © Shutterstock

Ternyata, melansir dari artikel di Sehatq.com yang ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri, lupa ingatan tidak selalu berarti terkena Alzheimer. Lupa ingatan pada lansia ternyata bisa disebabkan oleh faktor lain yang mempengaruhi fungsi kognitif atau kondisi medis tertentu.

Lalu kalau bukan karena Alzheimer, kenapa lansia bisa lupa ingatan? Pertama karena faktor usia. Otak akan mengalami perubahaan seiring bertambahnya umur. Lupa ingatan yang dialami lansia pun termasuk kategori ringan. Jika lupa terhadap sesuatu hal, bisa diingat lagi dan termasuk tidak mengganggu kehidupan sehari-hari.

 

3 dari 6 halaman

Kemudian juga bisa karena masalah emosional. Ternyata stres dan cemas bisa bikin orang linglung, bahkan sampai lupa ingatan, karena konsentrasi terganggu dalam mengingat suatu informasi. Bisa juga karena konsumsi obat-obatan tertentu. Sebut saja obat penenang, obat antidepresan, yang bisa berdampak pada ingatan dan konsentrasi seseorang.

Selain itu, lupa ingatan juga bisa disebabkan karena kondisi medis tertentu seperti punya tumor, infeksi otak, gangguan hati, gangguan ginjal, hipotiroid, dan lain sebagainya. Bahkan, kurang tidur bisa memicu lupa ingatan karena mengganggu fungsi memori dan emosi.

4 dari 6 halaman

Ilustrasi Lansia Lupa IngatanIlustrasi Lansia Lupa Ingatan © Shutterstock

Letak perbedaan antara lupa ingatan biasa dengan lupa ingatan pada alzheimer adalah lupa ingatan pada alzheimer terjadi secara terus-menerus, sementara lupa ingatan biasa pada lansia bisa ditangani dan diingat kembali.

Contoh lain, penderita alzheimer tidak bisa mengingat kejadian bahkan percakapan yang baru banget terjadi. Sedangkan lupa ingatan biasa pada lansia rata-rata hanya lupa ingatan kejadian dan percakapan yang sudah lama terjadi, misalnya satu tahun lalu.

 

5 dari 6 halaman

Kalau lupa biasa hanya lupa terhadap kata-kata tertentu, penderia alzheimer bisa sampai kesulitan untuk mengucapkan kata-kata karena saking tidak ingatnya terhadap kata-kata. Ketika bertemu kerabat, penderita Alzheimer bisa lupa total dengan temannya, sedangkan lupa ingatan biasa pada lansia mungkin hanya lupa nama dan bisa diingat kembali.

Agar lebih pasti untuk mengetahu penyebab pasti lupa ingatan, ada baiknya untuk mengunjungi dokter terkait agar bisa mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang tepat, ya!

Join Diadona.id