Apakah Makan Kangkung Benar Bisa Sebabkan Ngantuk?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Senin, 17 Mei 2021 12:27
Apakah Makan Kangkung Benar Bisa Sebabkan Ngantuk?
Kamu kalau makan kangkung ngantuk apa nggak?

Kangkung merupakan sayurah hijau digemari banyak orang, apalagi bagi pendudukan Tanah Air. Biasanya sayuran ini dioseng. Dari aromanya ketika dimasak saja harum, nikmat bukan main.

Namun, banyak orang mengatakan bahwa makan kangkung bisa menyebabkan mengantuk. Sebenarnya ini beneran atau juga kabar lewat aja, ya?

 

1 dari 3 halaman

Ilustrasi Tumis Kangkung yang Enak © Diadona

Sampai saat ini, melansir dari berbagai sumber, belum ada kabar penelitian yang mengungkapkan bahwa kangkung bisa menyebabkan seseorang mengantuk setelah memakannya. Namun bukan berarti kabar ini bisa langsung disebut sebagai mitos, sih.

Sebab melansir dari Kompas.com, meskipun belum ada penelitiannya, kandungan kangkung memang bisa memungkinkan menyebabkan seseorang mengantuk. Hal ini dikatakan oleh dr. Florentina R. Wahjuni di dalam bukunya Kontroversi 101 Mitos Kesehatan (2012).

 

2 dari 3 halaman

Ilustrasi Mengantuk © Diadona

Kangkung mengandung kaya mineral kalium yang bisa mengurangi tekanan darah. Selain itu, kangkung juga mempunyai senyawa kimia sedatif yang sifatnya menenangkan. Hal inilah yang memungkinan seseorang makan kangkung menjadi relaks dan mengantuk. Bahkan, disebutkan kangkung adalah makanan untuk meringankan gejala susah tidur di beberapa daerah.

Namun meski demikian, perlu dicatat bahwa kangkung bisa membuat ngantuk ini belum ada penelitian ilmiahnya, meskipun teori tersebut masuk akal. Sebab bisa jadi ngantuk tersebut dari faktor lain. Misalnya saja karena makan tinggi karbohidrat (kebanyakan nasi).

 

Beri Komentar