Apakah Minum Teh Hitam Benar Bisa Turunkan Berat Badan?

Health | Kamis, 17 Juni 2021 08:27

Reporter : M. A. Adam Ramadhan

Banyak yang bilang bisa, sih.

Menurunkan berat badan merupakan hal yang masih dilakukan banyak saat ini karena merasa berlebihan. Tentu hal ini dilakukan agar tubuh terlebih lebih ideal hingga mencapai berat dan bentuk visual yang diinginkan.

Banyak memang cara yang bisa menurunkan berat badan. Katanya, salah satu cara tersebut adalah dengan sering minum teh hitam. Namun apakah benar cara ini benar-benar manjur?

 

Apakah Minum Teh Hitam Benar Bisa Turunkan Berat Badan?
2 dari 5 halaman

ilustrasi wanita minum tehilustrasi wanita minum teh © Shutterstock.com

Para peneliti dari University of California Los Angeles (UCLA), melansir dari UCLA.edu, menemukan bahwa ternyata teh hitam memang punya pengatuh untuk menurunkan berat badan. Meskipun penelitian yang mereka lakukan terhadap tikus, namun juga berlaku untuk manusia. Hasil penelitian tersebut adalah teh hitam ternyata bisa mengubah metabolisme energi di hati dengan mengubah metabolisme usus.

Teh hitam mempunyai kandungan polifenol yang besar. Kandungan tersebut diserap di usus kecil yang kemudian berguna untuk merangsang pertumbuhan bakteri usus dengan pembentukan asam lemak rantai pendek, yaitu sejnis metabolit bakteri yang mengubah energi metabolisme di hati.

 

3 dari 5 halaman

"Temuan baru kami menunjukan bahwa teh hitam, melalui mekanisme dengan mikrobioma usus, ternyata juga bisa berkontribusi pada kesehatan yang baik dan penurunan berat badan pada manusia," ucap penulis utama penelitian tersebut, Susanne Henning, yang juga asisten profesor di University of California Los Angeles Center for human Nutrition.

Penetlitian tersebut tentang banyak tikus yang dibagi menjadi empat kelompok. Mereka sudah dikasih makan, dua di antaranya diberikan teh hijau dan teh hitam. Empat minggu kemudian, hasulya adalah ternyata kelompok tikus yang mengonsumsi teh hitam mengalami penurunan berat badan. Hal ini dikarenakan adanya peningkatan jenis bakteri yang disebut dengan Pseudobutyrivbrio.

 

4 dari 5 halaman

Ilustrasi Wanita Minum TehIlustrasi Wanita Minum Teh © Shutterstock

Selain itu, molekul teh hitam lebih besar dan tinggal di usus lebih lama. Sehingga molekul teh hitam tersebut bisa meningkatkan pertumbuhan bakteri yang menguntungkan juga pembentukan metabolit mikroba yang berkaitan erat dengan pengaturan metabolisme energi.

"Bagi pencinta teh hitam, mungkin ada alasan baru untuk tetap meminumnya," ucap Dr. Zhaoping Li, director of the UCLA Center for Human Nutrition, kepala UCLA Division of Clinical Nutrition dan penulis senior penelitian tersebut.

 

5 dari 5 halaman
Join Diadona.id