Apakah Pola Tidur Berpengaruh atas Suksesnya Diet?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Senin, 8 Maret 2021 16:27
Apakah Pola Tidur Berpengaruh atas Suksesnya Diet?
Olahraga oke, tapi pola tidur tetap berantakan. Ngaruh gak ya sama suksesnya diet? Selangkapnya baca artikel berikut, yuk!

Siapa nih yang lagi diet? Biasa dilakukan oleh para wanita, tujuan diet biasanya sih untuk mengurangi berat badan. Mereka merasa berat tubuhnya berlebihan sehingga perlu diturunkan agar mencapai ukuran tubuh yang ideal. Di samping itu, tentu agar menjadi lebih sehat dong!

Tentunya, agar suksesnya diet bisa tercapai, banyal hal yang harus diperhatikan soal pola hidup. Salah satunya adalah tentang pola tidur. Namun, apakah pola tidur benar-benar berpengaruh atas suksesnya diet?

 

1 dari 5 halaman

Ilustrasi Wanita Insomnia © Diadona

Ternyata melansir dari Hellosehat.com, pola tidur ternyata bisa memengaruhi diet. Jika pola tidurnya bagus, maka diet kemungkinan besar akan berhasil. Namun sebaliknya, jika malah pola tidur buruk karena adanya gangguan tidur, diet bisa jadi gagal tau!

Gangguan tidur tersebut bisa berupa insomnia, sleep apnea, dan restless leg syndrome. Akibatnya, tidur akan jadi berkurang, dan justru akan menambah berat badan. Akibatnya bisa terkena obesitas, bahkan diabetes di kemudian hari.

Hal ini disebabkan karena ketika mempunyai gangguan tidur, keinginan untuk makan semakin meningkat. Hormon tersebut adalah hormon leptin dan hormon ghrelin. Jika kurang tidur, hormon leptin akan menurun, dan hormon ghrelin akan meningkat. Nafsu makan pun jadi meningkat sehingga bisa-bisa malah makan banyak.

 

2 dari 5 halaman

Selain itu, kurangnya tidur membuat seseorang menjadi malas beraktivitas. Salah satunya yaitu olahraga. Padahal, olahraga ini sangatlah penting untuk membakar kalori dan lemak tubuh berlebih. Jadi, jaga pola tidur itu penting agar tak malas olahraga karena punya gangguan tidur.

Udah gitu, kurang tidur ini bikin kamu pengin makanan nggak sehat. Tubuhmu yang lelah, dan otakmu yang nggaj bisa berpikir lebih jernih, membuat keinginan makanan manis dan gurih bertambah.

 

3 dari 5 halaman

Ilustrasi Wanita Insomnia © Diadona

Kalau sudah begini, yang ada kurang tidur hanya akan lebih menyimpan lemak berlebih. Hal ini berdasarkana sebuah penelitian yang diterbiatkan pada tahun 2019 di Journal of Lipid Research. Kurang tidur menyebabkan lemak lebih cepat tersimpan di area tertentu, salah satunya yaitu perut.

Makanya, bisa disimpulkan bahwa pola tidur itu sangat diperlukan untuk suksesnya diet. Pola hidup secara keseluruhan pun juga perlu dilakukan. Namun, namanya juga manusia, harus sering-sering dapat motivasi sih!

 

4 dari 5 halaman

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa bergabung di dalam komunitas #DiaDiet Diadona! Selain mendapatkan sahabat baru dalam menjalani hidup sehat, kamu juga bisa sharing seputar diet dan pola hidup sehat lho!

Selengkapnya, kamu bisa baca di artikel " Pejuang Diet, Kamu Tak Sendirian, Ayo Sehat Bareng di #DiaDiet!" ini ya! Yuk, hidup sehat bareng!

Beri Komentar