ASI Bakal Bisa Diproduksi Tanpa Payudara, Kok Bisa?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Rabu, 30 September 2020 14:27
ASI Bakal Bisa Diproduksi Tanpa Payudara, Kok Bisa?
Gimana caranya? Kan ASI dari payudara...

ASI alias Air Susu Ibu sudah dipastikan sangatlah penting untuk si bayi. ASI adalah sumber nutrisi dan energi penting, yang juga guna meningkatkan sistem imun tubuh dari berbagai penyakit. Selain itu, ASI juga membantu kurangi risiko obesitas, dan bisa meningkatkan IQ anak.

Untuk sebagian ibu di luar sana, ASI tak selalu lancar. Malah bisa mengalami berbagai kendala, hingga ASI tak pernah keluar. Kalau udah begini, cara lainnya untuk memberi susu si bayi adalah dengan memberikan susu formula.

Tapi melansir dari BBC.com, sebuah perusahaan yang bernama TrutleTree Labs dan Biomilq tengah mencoba terobosan baru membuat ASI nyata tanpa bantuan payudara. Hm, kok bisa ya?

1 dari 4 halaman

Buat ASI Tanpa Payudara

Ilustrasi Menyusui © Diadona

Susu formula memang dibuat dengan menyediakan nutrisi yang dibutuhkan si bayi. Tapi tetap saja susu formal tak bisa menyediakan semua keuntungan yang ada pada ASI.

TurtleTree Labs pun mencoba untuk membuat ASI buatan namun nyata tanpa payudara. Mereka memanfaatkan stem yang didonasikan dari ASI. Nantinya sel-sel tersebut berakhir menjadi sel kelenjar susu.

Kemudian sel-sel kelenjar susu tersebut dicampukan dengan formula khusus hingga berlaktasi dan akhirnya disaring hingga menjadi produk akhir.

 

2 dari 4 halaman

Berbeda dengan Biomilq, Start-up asal Amerika Serikat, mereka memakai teknik yang berbeda untuk pembuatan ASI buatan tanpa payudara ini.

Dipimpin oleh ilmuwan makanan Michelle Egger dan ahli biologi se Leila Strickland, mereka mengatakan bahwa bagaimaman pun ASI buatan namun nyata ini bakal susah banget buat diproduksi.

" ASI dihasilkan oleh elemen-elemen yang bersumber dari darah, sistem pencernaan, sisten kekebalan, dan sistem kekebalan payudara ibu, tapi juga dari asam lemak yang telah diuraikan oleh ibu yang lalu masuk ke dalam susu," kata Dr Natalie Shenker, seorang periset ASI di Imperial College London.

 

3 dari 4 halaman

Ilustrasi Menyusui © Diadona

Para ilmuan berharap, ASI buatan tanpa payudara ini bisa meniru beberapa elemen ASI. Yang paling utama adalah untuk imunitas dan respons antara manusia.

Kenapa mereka melakukan hal tersebut? Mereka bukan ingin menggantikan peran ASI, tapi ingin menciptakan pilihan jangka panjang yang bernutrisi, daripada susu formula.

" ASI sejauh ini adalah hal terbaik bagi bayi dan tidak ada yang bisa menggantikannya. Saya tidak yakin hal itu akan tercapai, apapun teknologi yang digunakan karena ASI sangat personal, dan karakter ASI tergantung kepada lingkungan sang ibu, di mana dia tinggal, nutrisi mereka," kata Max Rye, salah satu pendiri TurtleTree Labs.

" Apa yang kami ingin lakukan adalah memproduksi sesuatu yang dapat membantu meningkatkan opsi yang telah ada selama ini, dan itu pada dasarnya adalah bubuk susu sapi yang dicampur dengan segenap ekstrak sayuran dan hal-hal lainnya yang sangat, sangat jauh berbeda dari ASI."

Beri Komentar