Ayam atau Tahu yang Lebih Baik untuk Program Diet Kamu? ini Menurut Para Ahli

Reporter : Kurnia
Rabu, 14 Juli 2021 11:39
Ayam atau Tahu yang Lebih Baik untuk Program Diet Kamu? ini Menurut Para Ahli
Sama-sama tinggi protein, ini loh yang lebih baik menurut para ahli untuk keberhasilan dietmu

Saat menjalankan program diet, beberapa jenis makanan tentunya menjadi lebih dipertimbangkan lagi ya. Dari makanan tinggi serat, rendah karbohidrat, hingga berprotein tinggi, manakah yang menjadi pilihan kamu?

Ayam atau tahu?

Diadona telah merangkum khusus untuk kamu manakah yang lebih baik untuk program diet kamu, tahu atau ayam.

1 dari 5 halaman

Nutrisi Ayam

Ayam dan Tahu © Diadona

Ayam yang lezat dan mudah diolah selalu menarik bahkan menggoda untuk mengolahnya setiap hari. Cocok kah nutrisi ayam untuk program diet kamu.

Dada ayam menjadi bagian terbaik karena mengandung protein tinggi tanpa lemak. Dalam setiap 3 ons dada ayam mengandung 21 gram protein dengan 3,5 gram lemak total per porsi.

Dada ayam juga mengandung zat besi yang berfungsi baik untuk pembentukan darah kamu loh. Selain itu ayam juga mengandung seng, magnesium, hingga vitamin B yang membantu fungsi otak dan mendukung kekebalan tubuh kamu.

Selain itu, kandungan protein tinggi dari ayam juga mendukung massa otot buat tubuh kamu menurut Laura Iu, RD, seorang ahli gizi diet dan konselor makan intuitif bersertifikat di New York City.

2 dari 5 halaman

Nutrisi Tahu

Ayam dan Tahu © Diadona

Tahu merupakan salah makanan pokok bagi orang Indonesia dengan kandungan protein nabati yang cukup tinggi. Berbagai macam olahan dari tahu bisa dikonsumsi dengan berbagai resep yang nikmat.

Namun, bagaimana pun pilihan kamu untuk memasaknya tahu menjadi pilihan yang tepat untuk pemenuh nutrisi tubuh kamu loh.

Menjadi pilihan cerdas untuk setiap piring saat program deit kamu, dalam setiap 3 ons tahu ia mengandung 8 gram protein, 4 gram lemak, kalsium, zat besi, seng, magnesium, kalium, bahkan mineral yang berfungsi sebagai elektrolit yang baik untuk fungsi otot.

3 dari 5 halaman

Mana yang lebih sehat, Ayam atau Tahu?

ilustrasi wanita diet © Diadona

Sebenarnya, tahu dan ayam sama-sama memiliki nutrisi yang seimbang dan juga menarik untuk program diet kamu. Keduanya sama-sama mengandung protein, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan untuk kesehatan tubuh.

4 dari 5 halaman

Menurut Para Ahli

“ Menambahkan berbagai makanan ke dalam porsi makan kamu selalu menjadi kunci penting untuk program diet kamu. Dua protein dari tahu dan ayam mengandung sejumlah besar nutrisi yang tidak ditawarkan oleh protein lain loh. Bahkan, keduanya sangat berkontribusi untuk kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan,” menurut Laura Lu dilansir dari Food Nutrition. 

Jadi, ketika kamu adalah seorang vegetarian atau vegan, kamu bisa memilih salah satu dari keduanya untuk menu makan dalam program diet kamu.

5 dari 5 halaman

Protein Ayam Lebih Tinggi

Ilustrasi Wanita Diet © Diadona

Secara umum, ayam signifikan lebih tinggi proteinnya daripada tahu. Ayam menyimpan jumlah protein lebih tinggi hingga dua kali lipat loh.

Sementara itu, dada ayam menjadi sumber protein yang rendah lemak. Dan posisi tahu berada di urutan teratas karena mengandung semua lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang baik dibandingkan ayam.

Daging ayam mengandung sedikit lemak jenuh dan kolesterol. Selain itu, ayam juga lebih baik dari tahu karena mengandung vitamin B dan potassium. Akan tetapi tahu mengandung lebih tinggi seng, magnesium, zat besi, kalsium, dan kandungan serat yang lebih tinggi.

Beri Komentar