Bahaya Gak Sih Langsung Makan Pedas saat Buka Puasa?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Jumat, 7 Mei 2021 08:27
Bahaya Gak Sih Langsung Makan Pedas saat Buka Puasa?
Kadang kalau buka yang di depan mata disantap aja, nggak terkecuali makanan pedas~

Makanan pedas merupakan salah satu jenis makann favorit tanah air nih. Nafsu makan bisa jadi meningkat jika makanan dibikin pedas.

Selain untuk makan besar, makanan pedas banyak banget yang dibuat dalam bentuk cemilan. Alhasil, masih banyak di antara kita yang makan makanan pedas dalam keadaan perut kosong.

Pertanyaan, di bulan ramadan ini, bahaya nggak sih makan pedas dalam keadaan perut kosong begitu buat buka puasa?

 

1 dari 3 halaman

Ilustrasi Ceker Pedas © Diadona

Melansir dari Hellosehat.com, makanan pedas dalam keadaan perut kosong bisa bahaya lho! Lambung meskipun dalam perut kosong akan tetap menghasilkan cairan asam lambung. Akibatnya karena perut dalam keadaan kosong, asam lambung pun membuat perut terasa tidak enak karena seharusnya digunakan untuk mencerna makanan.

Makanan pedas dan asam, berdasarkan informasi dari National Institute Diabetes and Digestive and Kidney Disease, bisa membuat seseorang yang punya gejala asam lambung makin parah. Perut jadi panas dan sakit meskipun tak dikonsumsi ketika perut kosong. Wah, apalagi dalam keadaan perut kosong, coba?

 

2 dari 3 halaman

Ilustrasi Sakit Perut © Diadona

Namun jika udah terlanjur, kamu bisa mengonsumsi beberapa obat (harus disiapkan dulu ya), seperti antasida yang bisa menormalkan kembali kadar asam lambung. Jika ada gejala lain dan tak kunjung sembuh juga, ya sudah seharusnya konsultasikan ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Dalam perut kosong, makanan yang seharusnya dimakan adalah makanan yang mudah dicerna. Seperti buah-buahan, dan minuman hangat.

 

Beri Komentar