Banjir Keringat setelah Olahraga Tanda Banyak Lemak Terbakar, Emang Iya?

Health | Selasa, 10 Agustus 2021 08:27

Reporter : M. A. Adam Ramadhan

Kalian sering mikir gini gak nih?

Untuk mengatasi berat badan berlebihan, salah satau cara yang banyak orang lakukan adalah dengan berolahraga. Banyak orang yang mempunyai pemikiran bahwa semakin banyak keringat yang dikeluarga, semakin banyak lemak yang dikeluarkan. Tak sedikit bahkan di antara mereka yang memutuskan untuk olahraga di bawah terik matahari.

Namun, benarkah banyaknya keringat setara dengan kalori atau lemak yang dibakar?

 

Banjir Keringat setelah Olahraga Tanda Banyak Lemak Terbakar, Emang Iya?
2 dari 5 halaman

Ilustrasi Wanita Olahraga Minum EsIlustrasi Wanita Olahraga Minum Es © Shutterstock

Jadi gini. Melansir dari Hellosehat.com, sebenarnya berkeringat itu merupakan proses pendinginan tubuh untuk menjaga suhu tetap optimal karena olahraga itu meningkatkan suhu tubuh. Semakin sering dan berat olahraganya, makan semakin lebih banyak keringatnya untuk mendinginkan suhu tubuh yang semakin meningkat.

Orang yang berlebihan berat badan bahkan obesitas, keringat yang dikeluarkan akan lebih banyak saat olahrga. Sebab lemak pada tubuh bertindak sebagai penghantar panas yang bisa menaikan suhu tubuh. Untuk mendinginkannya, makanya keringat jadi bisa berlebih.

3 dari 5 halaman

Jadi, banyaknya keringat yang dikeluarkan tubuh selama olahraga tidak sama dengan jumlah kalori atau lemak yang terbakar. Olahraga di ruangan panas seperti bikram yoga yang bisa mengeluarkan banyak keringat ternyata nggak ngaruh banget sama penurunan berat badan.

Berat badan yang turun setelah olahraga karena cairan keringat yang keluar dalam tubuh. Namun itu bersifat sementara. Ketika tubuh sudah terhidrasi lagi dengan baik, makan berat badan karena kekurangan air tersebut akan kembali lagi.

4 dari 5 halaman

Ilustrasi wanita olahragaIlustrasi wanita olahraga © shutterstock.com

Untuk menurunkan berat badan memang tidak tergantung dengan jumlah keringat yang dikeluarkan. Cara terbaik biar berat badan turun ya dengan membakar banyak kalori dibandingkan yang dikonsumsi. Bisa dengan menerapkan gaya hidup sehat, makan makanan bernutrisi serta olahraga yang teratur.

Orang dewasa disarankan untuk melakukan olahraga dengan intensitas sedang. 30 menit selama lima hari dalam seminggu sudah cukup. Olahraga yang cukup efektir untuk membakar lemak pun ada beberapa rekomendasi, di antaranya adalah jalan cepat, joggig, berlari, berenang, lompat tali, HIIT, dan juga bersepeda.

Join Diadona.id