Batuk Bisa Sebabkan Kematian, Beneran Gak Sih?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Senin, 5 Oktober 2020 16:27
Batuk Bisa Sebabkan Kematian, Beneran Gak Sih?
Pernah dengar atau bertanya-tanya soal ini nggak?

Batuk memang udah menjadi langganan penyakit yang dimiliki oleh setiap orang selama hidupnya. Nggak pernah batuk selama hidup, kayaknua hal itu hampir mustahil. Banyak orang yang menganggap remeh batuk sehingga berpikir 'ya paling sembuh' sendiri.

Tapi, tak sedikit juga yang memikirkan hal ini dengan serius, sampai bertanya-tanya atau sampai pernah mendengar bahwa batuk bisa sampai sebabkan demikian. Emang benar ya?

 

1 dari 4 halaman

Di channel Youtube SB30 Health, dr. Sungadi Santoso di salah atu videonya menjawab pertanyaan-pertanyaan netizen yang sering dipikirkan oleh mereka. Salah satunya adalah tentang menjawab apakah batuk bisa menyebabkan kematian.

Dr. Sung © Diadona

Dokter yang akrab dipanggil dr. Sung tersebut pun dengan tegas menyatakan bahwa batuk tidak akan menyebabkan kematian. Hmm, kenapa ya?

 

2 dari 4 halaman

Karena, berdasarkan penjelannya, batuk hanyalah gejala yang bisa sembuh dalam waktu kurun yang cepat.

Dr. Sung © Diadona

" Sekali lagi karena batuk hanyalah gejala. Seperti Anda tersedak, setelah Anda batuk dan nasinya keluar, selesai," jelasnya.

 

3 dari 4 halaman

Kembali Penyebab Utama

Tapi, sepertinya pernyataan tersebut tak bisa ditelan mentah-mentah. Dr. Sung melanjutkan, kita harus mengetahui dulu apa sih penyebab utama bisa batuk. Kalau memang penyebab utamanya parah, tak menutup kemungkinan menyebabkan kematian jika tak segera diatasi.

" Tetapi kembali lagi ke penyebab utamanya. Apa sih yang menyebabkan Anda batuk? Misalnya infeksi. Kalau itu sampai parah dan tidak ditangani, tentu saja bisa menyebabkan kematian."

Ingat itu kalau ada kelainan utamanya yang parah. Kalau hanya sekadar batuk, itu tidak akan menyebabkan kematian.

" Tetapi kalau hanya batuk saja, maka tidak menyebabkan kematian."

 

Beri Komentar