Bau Menyengat Sampai Berbunyi Nyaring, 5 Jenis Kentut Bisa Menunjukkan Kesehatan Tubuh Lho!

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Kamis, 3 September 2020 08:25
Bau Menyengat Sampai Berbunyi Nyaring, 5 Jenis Kentut Bisa Menunjukkan Kesehatan Tubuh Lho!
Sudah mengalami macam-macam bau kentut ini?

Buang Angin atau kentut merupakan suatu hal yang penting bagi tubuh. Karena proses dikeluarkannya gas ini akan berpengaruh pada pencernaan organ tubuh.

Namun keluarnya kentut memang berbeda-beda, kadang berbunyi, berbau dan ada juga yang tak bersuara. Nah, suara yang berbeda-beda ini ternyata bisa jadi menunjukkan kondisi kesehatan lho.

Dilansir dari Shape.com, ini lho macam-macam kentut yang bisa jadi penunjuk kesehatanmu.

1 dari 6 halaman

Kentut Berbau Tanpa Bunyi


Kentut tanpa bunyi namun disertai dengan bau bisa disebabkan karena makanan yang dikonsumsi. Misalnya seperti brokoli, kangkung, kubis, bawang, telur dan daging.

Menurut ahli gastroenterologi, memang ada beberapa makanan tertentu yang membuat gas kentut jadi sangat menyengat.

2 dari 6 halaman

Kentut Berbau

Jangan Dibiasain, Sering Nahan Kentut Bisa Sebabkan Penyakit Berbahaya Lho! © Diadona


Kentut yang tak berbau menunjukkan kondisi pencernaan yang normal dan tak perlu dikhawatirkan. Permen karet, minman berkarbonasi dan permen dapat menyebabkan kentut tanpa bau seperti ini.

 

3 dari 6 halaman

Kentut Berbau Menyengat


Jadi salah satu jenis bau yang cukup menyebalkan, kentut yang berbau menyengat atau bahkan busuk dapat disebabkan karena adanya bakteri dalam susu.

Prebiotik dan probiotik dapat membantu menetralkan bakteri ini.

Namun terdapat hal yang perlu diperhatikan juga, jika kentut berbau disertai dengan adanya kembung, mual atau bahkan pendarahan, bisa jadi itu adalah penyakit celiac. Jika begitu segera periksakan ke dokter ya.

4 dari 6 halaman

Kentut Berbunyi

Ilustrasi kentut © Diadona


Kentut yang berbunyi bisa jadi efek dari konsumsi makanan pedas. Adanya senyawa dalam makanan pedas dapat mengiritasi usus dan menyebabkan rasa seperti terbakar. Dalam kondisi ini kamu dapat memberikan asupan serat secara bertahap untuk tubuh.

5 dari 6 halaman

Kentut Terus Menerus

 

Cukup mengherankan, kita semua pernah merasakan kentut terus menerus. Nah ini menandakan jika tubuh sedang membutuhkan asupan prebiotik yang memberikan bakteri sehat dalam usus.

Jika kentut ini disertai dengan bau, mungkin saja disebabkan karena makanan nabati seperti asparagus, kacang-kacangan atau pisang hijau.

 

6 dari 6 halaman

Ilustrasi Bau Kentut © Diadona

Namun jika tidak berbau, hal ini dapat menjadi tanda jika tubuh tak toleran terhadap bebraoa makanan seperti susu dan gandum. Sehingga hal ini akan membuat tubuh jadi kekurangan enzim yang dapat mencerna makanan dengan tepat.

Nah itu dia 5 macam-macam kentut yang bisa menunjukkan kesehatan pencernaamu. Terakhir kentut kamu lagi mengalami yang mana nih? Hihi!

Beri Komentar