Benar Gak Sih Sering Makan Pedas Bisa Bikin Usus Buntu?

Health | Kamis, 9 September 2021 13:27

Reporter : M. A. Adam Ramadhan

Banyak orang yang nasehatin kayak gini, nih.

Siapa nih yang suka makan pedas? Pasti banyak, kan! Nah, banyak di antara kalian pastinya nih yang sering dibilangin untuk jangan keseringan makan pedas. Sebab, kata mereka, sering makan pedas bisa bikin usus buntu nih!

Namun kira-kira, benar nggak sih kabar tersebut?

 

Benar Gak Sih Sering Makan Pedas Bisa Bikin Usus Buntu?
2 dari 6 halaman

Ilustrasi Ceker PedasIlustrasi Ceker Pedas © 2019 https://www.diadona.id / amazingmalang.com

Ternyata, melansir dari Detik.com, kabar bahwa sering makanan pedas bisa menyebabkan usus buntu itu tidaklah benar. Spesialis penyakit dalam sekaligus Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indosia, Dr dr Ari Fahrial Syam, menjelaskan bahwa penyakit usus buntu tidak ada kaitannya sama sekali dengan makanan pedas.

Ia mengatatakan bahwa pemyabab usus buntu itu sendiri sebenarnya disebabkan oleh multi faktor. Sementara tidak ada makanan tertentu yang bisa menyebabkan penyakit usus buntu, termasuk dengan makanan pedas.

 

3 dari 6 halaman

"Penyebab usus infeksi usus buntu multi faktor. Pada prinsipnya tidak ada makanan tertentu yang bisa menyebabkan usus buntu. Termasuk makanan pedas yang seringkali dianggap menjadi penyebabnya," jelas Dr Ari Fahrial.

Meskipun penyebab penyakit usus buntu bukan karena makan tertentu, ternyata kondisi makanannya yang menjadi masalah. Faktanya, makanan yang tidak bersih alias tidak higenis dan kotoran yang ada pada makanan bisa menyebabkan usus buntu.

 

4 dari 6 halaman

Ilustrasi Wanita KepedasanIlustrasi Wanita Kepedasan © Shutterstock

"Penyebabnya bisa paa saja, seperti makanan yang tidak higenis dan kotoran yang ada di dalam sendiri."

Dr. Dyah Novita Anggraini dari Klikdokter.com pun juga memiliki pendapat yang senada. Berdasarkan dari penjelasannya, makanan pedas bukanlah penyebab usu buntu. Sehingga, kabar yag beredar bahwa makanan bisa menyebabkan usus buntu itu hanyalah mitos.

5 dari 6 halaman

"Usus buntu merupakan kantong di usus besar sisi kanan bawah yang memang tertutup. Jadi, kalau misalnya ada yang membuatnya tersumbat, akan menyebabkan infeksi. Penyebabnya itu bukan karena biji cabai yang kecil kemudian dia berakhir di usus buntu terus menyebabkan penyakit. Itu hanya mitos saja."

Wah, jadi cuma mitos ya guys kalau makanan pedas itu bisa menyebabkan usus buntu. Meski demikian, berlebihan makanan pedads memang bisa menyebakan gangguan pencernaan. Jadi jangan berlebihan, ya!

 

Join Diadona.id