Benarkah Daun Sirih Efektif Hentikan Mimisan?

Reporter : Bagus Prakoso
Selasa, 22 Juni 2021 15:45
Benarkah Daun Sirih Efektif Hentikan Mimisan?
Beberapa orang menggunakan daun sirih untuk hentikan pendarahan saat mimisan. Benarkah daun sirih efektif hentikan mimisan?

Mimisan adalah keluarnya darah pada hidung yang diakibatkan karena benturan, alergi, ataupun hal lain. Biasanya, mimisan juga terjadi ketika kadar trombosit menurun.

Pendarahan saat mimisan biasanya dihentikan dengan menyumbat hidung dengan tisu, kapas, atau kain bersih lainnya. Nah, salah satu hal tradisional yang kerap dilakukan untuk mengobati mimisan adalah dengan menyumbatnya dengan daun sirih.

Benarkah daun sirih bisa hentikan pendarahan saat mimisan?

1 dari 3 halaman

Daun Sirih

Daun Sirih © Diadona

Melansir dari Hallo Sehat, beberapa penelitian memang menyebutkan jika daun sirih memiliki kemampuan untuk mengurangi peradangan pada luka shingga membantu luka terbuka menutup lebih cepat.

Melansir dari jurnal Burns & Trauma, peneliti menjelaskan bahwa daun sirih mengandung zat aktif tanin yang bisa mempercepat penyembuhan luka bakar pada tikus.

Namun, untuk mengetahui fungsi zat tanin dalam daun sirih untuk menyembuhkan luka mimisan memang membutuhkan riset lebih lanjut.

Mengobati mimisan dengan daun sirih memang bermanfaat karena kandungan tanin di dalamnya bisa mempercepat respon tubuh untuk mengobati luka. Akibatnya, pendarahan pada hidung bisa akan berhenti dalam waktu yang relatif lebih cepat.

Lalu, melansir dari Jurnal Phyto Journal, disebutkan jika daun sirih juga memengaruhi sistem kekebalan tubuh. Jadi, semakin kuat sistem kekebalan tubuh, makan akan semakin cepat luka ataupun peradangan yang terjadi di dalam tubuh untuk sembuh.

2 dari 3 halaman

Cara Menggunakan Daun Sirih Saat Mimisan

Begini cara menggunakan daun sirih ketika kamu sedang mimisan.

1. Bersihkan daun dengan air mengalir dan sabun.

2. Potong daun bagian daun yang tajam, pastikan tak ada bagian daun yang tajam untuk mengurangi risiko memperparah pendarahan.

3. Gulung daun sirih dan masukkan dalam hidung yang berdarah.

4. Jangan menegakkan kepala saat mimisan. Hal ini bisa menyebabkan darah jatuh ke saluran pernapasan.

5. Saat menempelkan daun sirih pada bagian dalam hidung, usahakan untuk duduk tegak dan condongkan kepala ke depan.

6. Tekan bagian dalam hidung yang mimisan secara perlahan. Jangan terlalu keras, karena hanya akan memperburuk kondisi hidung.

7. Tunggu beberapa saat dan darah akan berkurang secera perlahan. Luka juga di bagian dalam hidung juga perlahan akan tertutup.

3 dari 3 halaman

Jangan Gunakan Daun Sirih Jika Punya Alergi

ilustrasi anak mimisan © Diadona

Daun sirih memang efektif untuk menyembuhkan mimisan. Namun, perlu diperhatikan, tak semua orang bisa menggunakan daun sirih untuk mengobati mimisan. Pasalnya, beberapa orang bisa alergi jika terkena paparan daun sirih.

Untuk itu, coba tempelkan dulu daun sirih pada kulit. Lihat apa yang terjadi. Apakah timbul reaksi alergi seperti kemerahan dan gatal.

Jika terjadi hal ini, maka konsultasikan dulu kepada dokter.

Semoga bermanfaat ya, diazens.

Beri Komentar