Benarkah Kunyah Daun Sirih Bagus untuk Gigi Lansia?

Health | Selasa, 8 Maret 2022 13:27

Reporter : M. A. Adam Ramadhan

Banyak kan, nenek atau kakek kalian yang masih mengunyah daun sirih~

Kita sering banget nih melihat nenek atau kakek di pedesaan yang masih mengunyah daun sirih. Dari zaman dahulu memang, mengunyah daun sirih tak hanya dipercayai bagus untuk kesehatan gigi, melainkan juga kesehatan mulut. Tradisi ini sudah jadi kebiasaan turun-menurun.

Cara makan daun sirih pun tak hanya sekadar daun sirih. Di dalamnya adalah biji pinang ang ditumbuk, dibelah, atau dihancurkan. Bisa juga ditambahkan perasan jeruk, atau tembakau serta rempah. Kemudian daun sirih pun yang membungkusnya.

Namun, apakah benar daun sirih benar-benar bagus untuk gigi lansia?

 

Benarkah Kunyah Daun Sirih Bagus untuk Gigi Lansia?
2 dari total 5 halaman

Ilustrasi Daun Sirih © Diadona

Melansir dari Halodoc, ternyata kepercayaan masyarakat ini benar adanya. Daun sirih dan biji pinang yang dikunyah bisa memproduksi air liur yang mengandung berbagai mineral dan protein.

Air liur tersebut bisa menjaga kesehatan gigi, serta mencegah adanya penyakit gusi. Ditambah lagi, dengan daun sirih dan biji pinang, gigi dan gusi pun jadi bersih dari sisa-sisa makanan.

 

3 dari total 5 halaman

Tak hanya bermanfaat untuk gigi dan mulut, mengunyah daun sirih dan biji pinang juga baik untuk sistem pencernaan. Makanan jadi lembut karena air liur yang dihasilkan. Menelan dan meneruskan ke kerongkongan, usus dan berbagai sisten pencernaan pun jaid lebih udah.

Biji pinang yang ditambahkan pada daun sirih bisa untuk membuat tubuh nambah energi, sebab biji pinang mengandung kandungan psikoaktif yang mirip dengan kafein dan nikotin. Tubuh membuat hormon adrenalin setelah mengunyah daun sirih dan biji pinang sehingga jadi lebih segar, lebih melek dan berenergi.

 

4 dari total 5 halaman

Melansir dari laman Pepsodent, sirih memamng memiliki beberapa manfaat kesehatan untuk gigi dan mulut. Seperti mengurangi bau mulut, bakteri, meredakan sakit gigi, cegah gusi bengkak, dan mencegah adanya karang gigi.

Namun, ternyata mengunyah daun sirih juga ada risiko kanker mulut karena campuran bahan-bahannya yang bersifat karsinogenik. Bisa juga mulut jadi luka. Memang muncul pro kontra sih mengenai mengunyah daun sirih.

 

Join Diadona.id