Benarkah Melihat Pemandangan Hijau Bisa Menyembuhkan Mata Minus?

Reporter : Mila I
Senin, 9 Agustus 2021 18:57
Benarkah Melihat Pemandangan Hijau Bisa Menyembuhkan Mata Minus?
Konon katanya lihat yang hijau-hijau bisa menyegarkan mata dan menurunkan minus.

Memiliki mata minus memang membuat sebagian orang merasa kurang nyaman. Bagaimana tidak, agar dapat melihat jelas, seseorang dengan mata minus harus memakai kacamata atau softlens.

Oleh karena itu, banyak orang ingin menyembuhkan mata minusnya. Mungkin orangtua atau bahkan guru di sekolah pernah berkata kepada kita bahwa melihat pemandangan yang hijau di luar sana, misalnya pepohonan atau bukit, punya manfaat yang baik buat mata bahkan bisa menyembuhkan mata minus. Benarkah?

1 dari 4 halaman

Melihat Pemandangan Hijau Menyembuhkan Mata Minus?

Menurut dr. Sylvia V dari SehatQ, sampai saat ini, belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan bahwa melihat pemandangan hijau dapat menyembuhkan mata minus secara total.

Meski begitu, sebenarnya melihat warna-warna tertentu, termasuk warna hijau, bukan hanya 'menyegarkan' mata. Secara psikologis, warna hijau memiliki pengaruh pada mood dan pikiran kita, serta membuat kita merasa lebih tenang.

2 dari 4 halaman

Warna untuk Mood

Melansir Kompas.com, warna diketahui bisa memberikan pengaruh terhadap psikologi dan emosi kita. Ilmu yang menggunakan warna untuk terapi disebut colourology (menggunakan warna untuk penyembuhan). Mata yang kita miliki bisa menangkap 7 juta warna berbeda. Tapi ada beberapa warna utama yang bisa memiliki dampak pada kesehatan dan mood, salah satunya warna hijau.

3 dari 4 halaman

Arti Warna Hijau

Melansir Colour-Affects.co.uk, ada 4 warna utama yang mempengaruhi psikologi kita sehari-hari, yaitu merah, biru, kuning, dan hijau.

Warna hijau memiliki arti keseimbangan danmanfaat positif bagi kita. Misalnya membawa harmoni dalam kehidupan sehari-hari, keseimbangan emosi, penyegaran mata dan pikiran, menenangkan, membuat kita peduli akan lingkungan, keseimbangan pikiran, dan membawa kedamaian.

Saat mata melihat sesuatu yang hijau atau berwarna hijau, mata kita tidak perlu penyesuaian apapun, makanya kita terasa nyaman dan tenang ketika melihatnya.

4 dari 4 halaman

Manfaat Warna Hijau

Para peneliti menemukan pula bahwa warna hijau bisa meningkatkan kemampuan membaca untuk para pelajar. Mereka yang biasa membaca materi tulisan di atas lembaran berwarna hijau transparan akan meningkatkan meningkatkan kecepatan membaca dan pemahaman.

Meski mungkin mata tidak akan jadi lebih sehat setelah melihat warna hijau, setidaknya pikiran jadi lebih tenang.

Semoga informasi ini bermanfaat ya, Diazens!

Beri Komentar