Bener Gak Sih Wanita yang Sedang Haid Dilarang Makan Timun?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Senin, 6 September 2021 08:27
Bener Gak Sih Wanita yang Sedang Haid Dilarang Makan Timun?
Katanya wanita haid nggak boleh makan timun, nih~

Kesehatan wanita merupakan hal yang begitu penting, terutama bagi mereka yang sedang menstruasi alias haid. Beberapa kabar simpang-siur masih betebaran di luar sana. Misalnya saja, wanita haid itu dilarang makan timun.

Kenapa ya? Benar nggak sih wanita yang lagi 'dapat' itu nggak boleh makan timun?

1 dari 5 halaman

Ilustrasi Wanita dan Timun © Diadona

Kalau kalian sering mendengar kabar tersebut dan mempercayainya, kamu salah. Melansir dari Hello sehat, wanita menstruasi dilarang makan timun itu cuma mitos, guys. Memakan timun dan masalah kesehatan terkait menstruasi wanita itu tidak ada sangkut-pautnya.

2 dari 5 halaman

Dari kabar yang beredar, wanita yang sedang mesntruasi jika makan timun, darahnya bakal tersisa di dinding rahim. Padahal, hal tersebut tidaklah benar. Penyebab sebenarnya hal tersebut bisa terjadi adalah endometrium yang punya jaringan darah.

Timun tidak mempunyai salah apapun terkakit masalah kesehatan wanita yang sedang menstruasi. Yang memengaruhi siklus mensturasi adalah hormon estrogen dan progesteron, seimbang atau tidak? Begitu.

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Acar Timun © Diadona

Justru sebaliknya, nih. Melansir dari Alodokter, timun itu punya banyak manfaat untuk kesehatan. TImun bisa menangkal radikal bebas, mencegah dehidrasi, bisa bantu turunkan berat badan, melancarkan pencernaan, Menjaga kesehatan tulang, bikin kulit sehat serta cantik, juga mencegah pertumbuhan sel kanker

 

4 dari 5 halaman

Jadi, kesimpulannya, timun tidak salah apa-apa dengan masalah kesehatan wanita yang sedang menstruasi, ya. Kalau mau makan timun pas lagi mens, silakan. Justru banyak manfaatnya!

Beri Komentar