Bening Hingga Kecokelatan, Ketahui Kesehatan Tubuhmu dari Warna Urine Ini Deh!

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Selasa, 1 September 2020 08:25
Bening Hingga Kecokelatan, Ketahui Kesehatan Tubuhmu dari Warna Urine Ini Deh!
Warna-warna urine ternyata ada artinya lho.

Air kencing atau urine yang keluar dari tubuh kita merupakan zat-zat sisa hingga beracun yang ada dalam tubuh. Nah setiap buang air kecil, warna dari setiap urine yang kita keluarkan dapat berubah-ubah.

Berwarna bening hingga kecokelatan, warna-warna urine ini dapat menjadi penanda kesehatan tubuh. Sebenarnya warna urine yang normal bervariasi, dilansir dari Lifescript.com, untuk mengetahui penjelasannya simak berikut ini deh!

1 dari 6 halaman

Bening


Jika urine berwarna bening, maka ini menunjukkan jika tubuh dalam kondisi yang sehat. Kebutuhan air yang dibutuhkan telah tercukupi sehingga tubuh terhidrasi.

2 dari 6 halaman

Cokelat Tua

Proses Pembentukan Urine © Diadona


Urine yang berwarna cokelat tua dapat menjadi adanya tanda masalah pada bagian organ hati, ginjal, infeksi saluran kemih dan anemia holitik atau efek samping dari konsumsi obat.

Terdapat beberapa kandungan obat yang dapat membuat warna urine menjadi cokelat tua, misalnya seperti obat antibiotik, antimalaria, hingga obat yang mengandung cascara atau senna.

3 dari 6 halaman

Kuning Pekat


Tubuh memiliki kebutuhan cairannya, nah urine berwarna kuning menandakan tubuh yang dehidrasi. Selain karena kekurangan cairan, hal ini juga dapat terjadi karena tubuh lebih banyak mengeluarkan cairan ketimbang asupannya.

4 dari 6 halaman

Oranye

Wanita Menahan Pipis © Diadona


Warna oranye pada urine dapat disebabkan karena masalah kesehatan pada hati atau saluran empedu. Hal ini dapat diperkuat dengan adanya warna feses yang terlihat pucat atau putih,

Warna oranye sebenarnya juga dapat disebabkan karena tubuh dehidrasi atau juga karena adanya efek samping dari obat pencahar, obat antiradang sulfasalazine, obat ohenazopyridine untuk infeksi saluran kemih, hingga efek dari kemoterapi.

5 dari 6 halaman

Merah Mudah atau Merah


Warna ini umumnya disebabkan karena makanan yang dikonsums, misalnya seperti buah blackberry atau buah naga merah.

Namun kita juga perlu berhati-hati, jika warna urine ini disertai dengan gejala seperti rasa nyeri dan perih, warna tersebut juga dapat disebabkan karena darah. Hal ini bisa menjadi penanda infeksi saluran kemih, penyakit ginjal, tumor atau batu ginjal, kandung kemih hingga gangguan prostat.

6 dari 6 halaman

Hijau atau Biru

Tiba-Tiba Kebelet Pipis Saat Berhubungan Seks, Tahan atau Keluarkan? © Diadona


Jarang terjadi, namun warna urine ini umumnya disebabkan karena adanya pewarna makanan atau efek samping dari obat asma, anti depresan amitriptilin, hingga obat bius propofol.

Nah jika tubuh mengalami perubahan warna pada urine seperti diatas dan juga diiringi dengan gejala lainnya, kamu sebaiknya segera memeriksakan kedokter ya.

Beri Komentar