Berenang Pakai Softlens Sebenarnya Boleh atau Tidak sih?

Reporter : Mila I
Sabtu, 18 Juni 2022 07:57
Berenang Pakai Softlens Sebenarnya Boleh atau Tidak sih?
Siapa nih yang sering renang pakai softlens?

Tidak sedikit orang yang malas untuk melepas softlens alias lensa kontaknya saat akan berenang. Bahkan tetap menggunakan softlens sambil berenang.

Tapi, apakah aman kalau berenang pakai softlens? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ya!

1 dari 4 halaman

Bolehkah Berenang Pakai Softlens?

Menurut Food and Drugs Administration (FDA), Amerika Serikat, atau setara dengan BPOM di Indonesia, memakai softlens atau lensa kontak saat berenang ternyata bisa berbahaya bagi mata. Dari yang ringan seperti infeksi, sampai kebutaan bisa terjadi kalau kamu nekat pakai softlens saat berenang.

2 dari 4 halaman

Bahaya Pakai Softlens saat Berenang

Seorang optimetris dari University of Utah Health, Timothy Gibbons, berpendapat bahwa infeksi dan masalah pada mata tersebut bisa terjadi akibat beberapa alasan, seperti:

  • Masih ada bakteri dan patogen
    Walaupun kamu berenang di air yang bersih atau kolam yang mengandung klorin, terdapat bakteri dan patogen yang tidak bisa dibunuh oleh zat kaporit tersebut. Nah, hal inilah yang menjadi alasan utama kenapa kamu tidak boleh memakai softlens atau lensa kontak saat berenang.
  • Rentan penyakit keratitis
    Salah satu bakteri yang bisa membahayakan mata adalah Acanthamoeba. Bakteri ini hidup di air seperti danau, laut, bahkan air keran. Selain itu, bisa menginfeksi kornea ketika menempel di softlens atau lensa kontak. Kondisi ini bisa berujung pada kebutaan yang membutuhkan donor kornea untuk mengatasinya.

  • Infeksi pseudomonas
    Berenang pakai softlens juga bisa menyebabkan kebutaan yang disebabkan oleh patogen pseudomonas. Biasanya, patogen jenis ini hidup di tanah, air, dan tumbuh-tumbuhan. Karena pseudomonas lebih mudah menempel pada softlens atau lensa kontak, sangat disarankan untuk tidak memakainya ketika berenang.

3 dari 4 halaman

Tips Aman Berenang Pakai Softlens

Kalau kamu terpaksa berenang pakai softlens dengan alasan apapun, kamu bisa melakukan beberapa tips ini supaya mata tetap aman:

  • Tetap memakai kacamata renang.
  • Jaga mata tetap kering.
  • Setelah selesai berenang, ganti lensa kontak secepatnya.

Beri Komentar