Bertambahnya Usia Membuat Tubuh Jadi Tak Tahan dengan Makanan Pedas, Kenapa Ya?

Health | Jumat, 4 September 2020 08:25
Bertambahnya Usia Membuat Tubuh Jadi Tak Tahan dengan Makanan Pedas, Kenapa Ya?

Reporter : Mutia Wella Lukitasari

Pernah merasa ketahanan pedas menurun? Ini bisa jadi penyebabnya.

Makanan pedas merupakan salah satu satu rasa yang menjadi favorit banyak orang Indonesia. Ada berbagai sambal dan juga masakan Indonesia yang rasanya seperti lebih lezat jika dipadukan dengan rasa pedas.

Namun, dari semua rasa yang ada, ternyata memasuki usia lanjut membuat lidah kita tak lagi kuat untuk mengonsumsi makanan pedas lho.

Umumnya, ketika kita mengonsumsi makanan pedas, hal ini tak hanya dirasakan area mulut seperti bibir dan lidah. Namun bagian perut juga memiliki sejumlah reseptor yang bisa mengenali capsaicin, bahan kimia pada cabe, paprika, merica, serta sejumlah makanan dengan rasa pedas lainnya.

2 dari 4 halaman

 

Dilansir dari ChannelNewsAsia.com, menurut Dr. Andrew Ong, dari gastroentrologi dan dan hepatologi Singapore General Hospital mengatakan jika adanya reseptor tersebutlah yang jadi penyebab munculnya efek di perut setelah mengonsumsi makanan pedas.

Efeknya bisa menimbulkan rasa panas di area perut, sakit perut hingga diare.

Selain di perut reseptor ini juga ada di area anus yang biasanya menyebabkan rasa panas terbakar ketika buang air besar. Reseptor ini pun juga ada di bagian usus kecil dan usus besar yang bertugas untuk mengeluarkan makanan ini dengan cepat.

 Ilustrasi Makan Makanan PedasIlustrasi Makan Makanan Pedas © shutterstock.com/9nong

3 dari 4 halaman

 

 

Namun memasuki usia paruh baya akan membuat tubuh jadi tak lagi kuat untuk mengonsumsi makanan pedas.

" Sejumlah efek samping dari pengobatan ini bisa mengiritasi saluran pencernaan sehingga pasien lebih sensitif pada makanan pedas," jelas dr. Ong.


Selain itu, umumnya seiring bertambahnya usia membuat seseorang memiliki rasa stress. Hal ini ternyata juga mempengaruhi daya tahan tubuh pada makanan pedas lho,

" Sejumlah efek samping dari pengobatan ini bisa mengiritasi saluran pencernaan sehingga pasien lebih sensitif pada makanan pedas," jelas dr. Ong.

 

4 dari 4 halaman

 


Jika adanya perubahan pada ketahanan tubuh pada makanan pedas, sebaiknya dapat segera mengonsumsi obat antasida untuk dapat menenangkan lambung yang tegang.

Selain itu, hal ini juga dapat terjadi karena tubuh yang terkejut dengan tingkat kepedasan yang di konsumsi. Jadi tenangkan lambung, dan jangan makan-makanan dengan level terlalu pedas yang dapat mengejutkan lambung ya.

Join Diadona.id