Biar Kesehatan Lansia Tetap Terjaga, Ini 4 Makanan yang Seharusnya Dihindari

Health | Senin, 20 Desember 2021 13:27

Reporter : M. A. Adam Ramadhan

Ternyata 4 makanan ini sebaiknya dihindari untuk menjaga kesehatan lansia.

Menjaga pola hidup dan makanan adalah kunci agar tubuh tetap sehat dan bugar. Terutama pada lansia, kedua hal tersebut perlu diperhatikan karena semakin umur bertambah, fungsi tubuh akan semakin berkurang. Melansir dr. Kartika Mayasari dari KlikDokter, setidaknya 4 makanan ini perlu dihindari agar kesehatan lansia tetap terjaga, nih!

 

Biar Kesehatan Lansia Tetap Terjaga, Ini 4 Makanan yang Seharusnya Dihindari
2 dari 6 halaman

Daging Mentah

Ilustrasi Daging MentahIlustrasi Daging Mentah © Shutterstock

Beberapa makanan daging memang lebih sedap disantap dalam keadaan mentah. Namun, hal tersebut sebaiknya dihindari terutama bagi lansia sebab daging mentah kemungkinannya besar memiliki bakteri jahat yang seharusnya mati saat dimasak matang. Bakteri jahat tersebut nantinya malah bisa membuat kesehatan lansia terganggu.

 

3 dari 6 halaman

Tauge

Ilustrasi TaugeIlustrasi Tauge © Shutterstock

Sayuran merupakan makanan yang menyehatkan karena penuh nutrisi, vitamin serta mineral. Namun untuk lansia, ada pengecualian nih, yaitu tauge. Ternyata tauge bisa jadi tempat ideal berkembang biaknya bakteri sumber penyakit. Bakteri seperti Salmonella dan E. coli bisa terperangkap dalam biji toge, yang nantinya malah bisa mengalami penurunan berat badan.

 

4 dari 6 halaman

Makanan Rendah Lemak

Menghindari lemak sudah menjadi hal yang dilakukan banyak orang. Banyak orang yang juga berpikir bahwa lansia perlu menghindari makanan berlemak. Padahal hal ini justru keliru. Terdapat juga banyak makanan yang mengandung lemak sehat, seperti susu dan yoghurt. Lansia pun perlu makanan dan minuman yang mengandung lemak sehat karena punya berbagai manfaat kesehatan.

 

5 dari 6 halaman

Susu yang Tidak Dipasteurisasi

Ilustrasi Susu SegarIlustrasi Susu Segar © Shutterstock

Susu yang tidak dipasteurisasi berarti susu yang belum dilalui proses pemanasan sehingga bakteri dan kuman belum disterilisasi. Meski dipuja karena banyak mengandung mineral, susu yang belum dipasteurisasikan ternyata perlu dihindari oleh lansia, sebab berisiko mengandung banyak bakteri tinggi yang bisa membahayakan kesehatna lansia.

 

Join Diadona.id