Biasanya Obat Harus Diminum Setelah Makan, Kenapa sih Alasannya?

Reporter : Mila
Senin, 30 Agustus 2021 18:57
Biasanya Obat Harus Diminum Setelah Makan, Kenapa sih Alasannya?
Ada obat yang harus dimimun sesudah makan ataupun sebelum makan.

Minum obat tentunya tidak boleh sembarangan. Selain memerhatikan dosis yang tepat, kamu juga harus mengetahui kapan waktu untuk meminumnya, apakah sebelum atau sesudah makan.

Kenapa sih obat harus diminum sebelum atau sesudah makan? Simak lebih lanjut penjelasan di bawah ya!

1 dari 3 halaman

Kenapa Obat Biasanya Diminum Setelah Makan?

Ilustrasi Minum Obat © Diadona

Obat adalah senyawa kimia yang bekerja dengan cara tertentu untuk meredakan suatu gejala penyakit ataugangguan kesehatan.

Umumnya, minum obat dianjurkan setelah makan. Mengutip NHS UK, hal tersebut ternyata memiliki alasan. Seperti mengoptimalkan penyerapan obat.

Satu faktor paling penting kenapa kamu harus minum obat setelah makan adalah karena untuk mendukung proses penyerapannya. Penyerapan yang dimaksud adalah masuknya kandungan obat ke dalam aliran darah, agar gangguan kesehatan yang dirasakan bisa segera mereda.

2 dari 3 halaman

Kenapa Ada Obat yang Diminum Sebelum Makan?

Selain minum obat setelah makan, ada beberapa obat yang dianjurkan diminum sebelum makan. Hal ini karena obat tersebut akan bekerja lebih optimal jika perutmu masih dalam kondisi kosong. Beberapa faktor yang membuatmu harus minum obat sebelum makan di antaranya:

  • Makanan bisa menghilangkan khasiat obat
    Ada beberapa obat yang mudah hancur atau berinteraksi jika terkontaminasi zat-zat lain seperti makanan, sehingga kinerjanya menjadi tidak optimal. Oleh karena itu, sebaiknya obat-obatan tersebut diminum sebelum makan.
  • Makanan merangsang produksi asam lambung
    Beberapa obat harus diminum sebelum makan agar tidak bereaksi dengan asam lambung. Ketika makanan masuk ke saluran pencernaan, asam lambung akan mengalami peningkatan. Kondisi ini bisa menurunkan kinerja obat, bahkan menghilangkan efeknya.

3 dari 3 halaman

Mengetahui Aturan Minum Obat

Obat yang diperoleh dari rumah sakit, resep dokter, atau fasilitas kesehatan, biasanya menyertakan aturan minum. Sementara kalau kamu membeli obat yang dijual bebas di apotek, perhatikan petunjuk pemakaian yang ada pada kemasan.

Sekali lagi, mengetahui aturan minum sangatlah penting. Karena obat tersebut bisa tidak bekerja optimal kalau salah dalam meminumnya.

Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Beri Komentar