Bikin Tambah Selera Makan, Tapi Kalau Batuk Boleh Konsumsi Pedas Gak Sih?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Selasa, 6 Oktober 2020 18:27
Bikin Tambah Selera Makan, Tapi Kalau Batuk Boleh Konsumsi Pedas Gak Sih?
Takutnya bakal nambah parah atau gimana gitu kaan...

Batuk emang udah jadi langganan penyakit banyak orang di setiap harinya. Banyak orang yang menganggap enteng hal ini, tapi ada juga yang menganggap hal tersebut begitu serius. Apalagi untuk orang-orang yang suka bertanya-tanya berbagai kemungkinan tentang penyakit ini.

Salah satunya adalah mereka yang suka banget sama makan pedas. Timbulah pertanyaan, kalau lagi batuk, boleh nggak makan pedas?

 

1 dari 4 halaman

Dr. Sung pun di channel Youtube SB30 Health menjawab hal ini. Menurutnya, boleh atau enggaknya makan pedas padahal lagi sakit batuk tuh tergantung. Soalnya ada orang tanpa pedas malah jadi susah makan.

Dr. Sung © Diadona

" Tergantung. Bagi sobat sehat yang emang suka atau doyan dengan makanan pedas, ketika bantuk, tentu saja selera makan Anda akan turun. Apalagi jika tidak ada rasa pedas," ungkapnya.

 

2 dari 4 halaman

Jadi saran dr. Sung untuk orang yang doyan makan pedas, makanlah sewajarnya saja terutama ketika lagi batuk. Apalagi kalau batuk itu ternyata adalah radang tenggorokan.

" Jadi saran saya bagi Anda yang suka engan makanan pedas adalah makanlah sewajarnya saja. Terutama yang sedang radang tenggorokan, jangan sampai terlalu pedas."

Ketika seseorang makan pedas, bisanya pasangannya adalah minuman es. Betul? Nah kata dr. Sung, jangan sampai berlebihan juga. Kalau bisa, kurangi.

" Apalagi jika Anda minum dengan air es, kalau bisa dikurangi."

 

3 dari 4 halaman

Dr. Sung tidak melarang untuk konsumsi makanan pedas. Hanya saja jangan terlalu banyak. Apalagi jika batuk tersebut karena masalah lambung dan pencernaan seperti GERD (Penyakit Refluks Gastroesofagus).

Dr. Sung © Diadona

" Bagi Anda yang batuk karena masalah dari pencernaan, dari lambung misalnya GERD, itu ketika asam lambungnya naik dan Anda batuk, tentu saja untuk penyakit jenis ini, Anda tidak boleh menkonsumsi makanan pedas terlalu banyak."

Kalau dari penjelasan dr. Sung, meski beliau bilangnya jangan terlalu berlebihan dan dikurangi, pedas kedengarannya tidak baik untuk orang yang sedang batuk. Makanya, akhirnya beliau menyarankan untuk berhenti makan pedas dulu, kalau bisa.

 

Beri Komentar